Keracunan Oksigen : Penyebab, Bahaya, Cara Mengatasi

Oksigen merupakan salah satu hal yang terpenting dalam kehidupan anda. Salah satu dari ciri-ciri makhluk hidup adalah bernafas untuk seseorang akan membutuhkan oksigen untuk bernafas. Bernafas merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia seperti memasukkan suplai Oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh yang bermanfaat untuk mengoptimalkan adanya kinerja kinerja yang terdapat di dalam tubuh anda. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasanya oksigen merupakan unsur yang terpenting yang harus ada di dalam tubuh kita karena oksigen memiliki berbagai manfaat. Adapun manfaat dari oksigen untuk kehidupan kita adalah digunakan untuk bernafas, dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat serta kecerdasan otak. Bermanfaat untuk mencegah kanker mencegah asma serta mencegah berbagai macam penyakit lainnya, bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh mengurangi racun di dalam darah menstabilkan tekanan darah serta bermanfaat untuk memperkuat jantung dan mencegah stress.

Namun Tahukah Anda dari berbagai macam manfaat tersebut ternyata oksigen juga dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan. Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan adalah sebagai berikut.

Faktor penyebab keracunan oksigen

1. Lamanya paparan terhadap oksigen

Seseorang yang biasanya terkena paparan terhadap oksigen terlalu lama akan mengkonsumsi oksigen secara berlebih. Sehingga hal ini menyebabkan seseorang yang terkena paparan terhadap oksigen terlalu lama mengalami keracunan oksigen karena mengkonsumsi oksigen secara berlebihan.

2. Daya serap oksigen pada setiap orang

Setiap orang memiliki daya serap terhadap oksigen berbeda-beda. Bagi mereka yang memiliki daya serap terhadap oksigen terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan oksigen.

3. Tekanan Oksigen yang tidak sesuai

Memberikan tekanan Oksigen yang tidak sesuai juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami keracunan oksigen. Untuk itu jangan sekali-sekali memberikan tekanan oksigen kepada seseorang tanpa pengawasan dari dokter

Selain dari faktor-faktor Penyebab seseorang mengalami keracunan oksigen alangkah lebih baik jika anda juga mengetahui apa saja gejala-gejala yang dapat ditimbulkan dari seseorang yang mengalami keracunan oksigen.

baca juga:

Gejala keracunan oksigen

1. Kejang-kejang

Seseorang yang mengalami keracunan pada oksigen biasanya memiliki gejala-gejala salah satunya seperti kejang-kejang. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab yang telah dijelaskan di atas. Untuk itu bagi Anda yang tidak ingin mengalami kejang-kejang karena keracunan oksigen maka hindarilah berbagai macam penyebab yang dapat menyebabkan atau dapat memicu keracunan oksigen.

2. Tidak sadarkan diri

Selain mengalami kejang-kejang seseorang yang keracunan Oksigen dapat mengalami pingsan atau tidak sadarkan diri atau koma. Perhatikan dalam menggunakan oksigen atau jangan pernah sekali-sekali menggunakan oksigen tanpa dosis dari dokter karena dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan oksigen. 


3. Sesak nafas

Mengalami sesak nafas juga menjadi salah satu gejala yang disebabkan karena seseorang mengalami keracunan oksigen. Sesak nafas terjadi karena adanya Oksigen yang berlebih di dalam tubuh. Hindarilah penggunaan oksigen yang terlalu berlebih agar anda dapat terhindar dari sesak nafas. 

4. Sakit dada

Selain mengalami sesak nafas ternyata sakit dada juga dapat ditimbulkan karena seseorang mengalami keracunan oksigen. Hal ini disebabkan karena sesak nafas yang terus-menerus akan menyebabkan dada terasa sakit sehingga Anda mengalami sakit pada dada.

5. rabun jauh

Selain pernafasan seseorang yang mengalami keracunan pada Oksigen dapat mengalami gejala seperti rabun jauh. Meskipun ada banyak Faktor atau penyebab yang menyebabkan seseorang mengalami rabun jauh namun pada kenyataannya seseorang yang mengalami keracunan oksigen juga dapat terkena rabun jauh.

Itulah beberapa gejala-gejala dari seseorang yang mengalami keracunan oksigen, untuk mengetahui lebih lanjut tentang keracunan oksigen ada baiknya jika anda mengetahui apa saja bahaya bahaya Ketika seseorang mengalami keracunan oksigen.

artikel lainnya:

Bahaya keracunan oksigen

1. Mengalami kejang-kejang

Salah satu bahaya dari seseorang yang mengalami keracunan oksigen adalah mengalami kejang-kejang. Hal ini sudah dijelaskan di gejala-gejala seseorang mengalami kejang-kejang. Jika seorang yang mengalami kejang-kejang karena keracunan oksigen namun tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian. Untuk itu segera atasi lah seseorang yang mengalami keracunan oksigen dengan baik dan benar

2. Tidak sadarkan diri

Selain mengalami kejang-kejang tidak sadarkan diri juga termasuk salah satu bahaya dari seseorang yang mengalami keracunan oksigen. Untuk itu bagi Anda yang sedang menggunakan oksigen atau berinteraksi dengan oksigen usahakan Jangan sendiri. Hal ini dianjurkan agar Ketika anda mengalami keracunan oksigen dan anda tidak sadarkan diri, ada partner anda yang akan menolong Anda dan membawa anda ke rumah sakit dengan segera agar anda mendapatkan penanganan dengan baik.

3. Mengalami sakit dada

Bahaya dari keracunan Oksigen yang tidak segera diatasi adalah mengalami sakit dada. Untuk itu jika anda mengalami kerajaan oksigen alangkah lebih baiknya anda segera mengatasinya dengan cara mengunjungi dokter dan bertanya pada dokter atau mengatasinya dengan berbagai langkah-langkah untuk mengatasi keracunan oksigen. Hal ini dilakukan agar sakit dada yang Anda rasakan segera sembuh. 


4. Mengakibatkan rambun jauh

Tidak hanya mengalami sakit dada ternyata bagi Anda yang mengalami keracunan oksigen namun tidak segera Anda atasi dengan baik dan benar dapat mengakibatkan rabun jauh pada penglihatan anda. Mengalami rabun jauh memang tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda untuk itu segera hindarilah keracunan Oksigen yang dapat menimpa anda.

5. mengalami sesak nafas

Itulah hal-hal yang dapat terjadi ketika anda mengalami keracunan oksigen. Agar anda dapat terhindar dari keracunan oksigen Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ketika anda mengalami keracunan oksigen. Adapun cara mengatasi kerajaan oksigen adalah sebagai berikut

Mengatasi keracunan oksigen

1. Menyesuaikan tekanan pada oksigen

Agar anda dapat mengatasi keracunan Oksigen yang anda alami usahakan untuk menyesuaikan tekanan pada Oksigen yang sedang anda gunakan. Jika anda tidak mengetahuinya maka segera tanyakanlah kepada dokter atau minta Tolonglah kepada seseorang yang lebih mengetahui tentang hal tersebut. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan agar anda tidak mengalami keracunan oksigen.

2. Membatasi paparan berlebih terhadap oksigen

bagi Anda yang sangat peka terhadap oksigen dan mudah mengalami keracunan oksigen ketika berinteraksi dengan oksigen secara berlebihan. Alangkah lebih baiknya Ketika anda membatasi paparan berlebih terhadap oksigen agar anda dapat terhindar dari keracunan Oksigen yang tidak Anda inginkan.

3. Periksakan ke dokter

Namun ketika anda tidak mengetahui apapun tentang oksigen atau bagaimana cara penggunaannya alangkah lebih baiknya jika anda langsung membawa seseorang yang mengalami keracunan oksigen ke dokter. Sebab nantinya dokter akan memberikan solusi atau mengatasi seseorang yang mengalami keracunan oksigen dengan baik dan benar. Sehingga seseorang yang mengalami keracunan Oksigen dapat sembuh dengan segera.

Itulah beberapa hal dari penyebab gejala bahaya serta cara mengatasi ketika seseorang mengalami keracunan oksigen. Semoga dengan adanya artikel gejala penyebab bahaya serta cara mengatasi keracunan Oksigen dapat membantu menambah wawasan anda mengenai oksigen. Selain itu Semoga dengan adanya artikel gejala penyebab bahaya dan cara mengatasi ketika anda mengalami keracunan Oksigen dapat membantu anda dalam pengobatan ketika ada teman Anda atau bahkan Anda sendiri yang mengalami keracunan oksigen.

artikel lainnya:

,
Post Date: Sunday 24th, September 2017 / 15:11 Oleh :
Kategori : Kimia