Dapatkan 20 Khasiat Kembang Semangkuk Bagi Kesehatan Ini !

866

Pernah dengar kembang semangkuk? Tanaman herbal ini memang cukup asing bagi kita, namun sebenarnya sudah cukup banyak orang yang mengandalkan tanaman ini sebagai obat alami berbagai penyakit sekaligus juga menjadi bahan yang menjaga kesehatan tubuh. Sebelum Anda benar-benar mengonsumsi tanaman berkandungan karbohidrat, pentosan, basoran dan protein ini, ketahui dulu apa saja khasiat kembang semangkuk yang bisa Anda peroleh.

  1. Menurunkan Demam

Kembang semangkuk bagian bijinya dapat diramu menjadi obat penurun panas demam. Cukup dengan merendam biji secukupnya di dalam air, lalu airnya bisa diminum sebagai penurun demam secara alami. Namun kalaupun ingin meminumnya sebagai pencegah penyakit dan solusi meningkatkan kesehatan pun tak masalah.

  1. Mengatasi Disentri

Disentri merupakan sebuah kondisi di mana usus terkena infeksi sehingga tubuh mengalami diare yang disertai lendir dan darah. Pada umumnya bahkan penderita disentri bisa mengalami demam, mual, muntah dan kram perut selama beberapa hari hingga 1 minggu. Kembang semangkuk adalah salah satu herbal yang layak dicoba untuk mengobati disentri.

  1. Mengatasi Sariawan

Ketika bibir Anda mulai pecah-pecah dan juga merasa panas dalam, maka itu adalah tanda bahwa Anda terkena gejala sariawan. Untuk meringankannya, maka rupanya kembang semangkuk bisa diandalkan. Jika makan buah untuk sariawan saja belum cukup, Anda bisa coba mengonsumsi kembang semangkuk.

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Kemih

Saat saluran kemih terhambat atau terganggu, penting untuk segera mengatasinya, yakni dengan mengonsumsi air rebusan kembang semangkuk. Manfaatnya sangat besar dalam melancarkan saluran kemih serta membuat air seni terluruhkan secara alami.

  1. Mengatasi Diare

Kalau disentri saja bisa diatasi dengan meminum ramuan kembang semangkuk, otomatis diare yang juga merupakan gejala disentri pun pasti bisa diatasi dengan ampuh. Apabila Anda mudah menjumpai tanaman kembang semangkuk, Anda dapat menggunakannya sebagai obat penghenti diare ketimbang mengandalkan obat kimia.

  1. Menetralisir Racun

Tubuh kita pada dasarnya sangat mudah kemasukan racun di mana racun ini berasal dari berbagai jenis makanan dan minuman yang kita asup setiap hari. Untuk menetralkan atau mendetoksifikasi racun-racun di dalam tubuh, Anda bisa menggunakan kembang semangkuk sebagai herbal penetralisir alami.

  1. Mengatasi Wasir

Wasir atau ambeien atau juga dikenal dengan hemoroid adalah suatu kondisi di mana pembesaran pembuluh darah yang biasanya ada pada area bokong atau di dalamnya. Hal ini membuat kita tak cukup nyaman untuk duduk dan melakukan aktivitas seperti biasanya bukan? Anda bisa gunakan herbal seperti kembang semangkuk untuk direbus dan dikonsumsi sebagai obat wasir.

  1. Mengatasi Perdarahan Rahim

Perdarahan rahim dapat terjadi karena berbagai faktor, di mana salah satunya adalah kanker serviks. Kembang semangkuk adalah jenis tanaman yang bisa pula diandalkan untuk menghentikan perdarahan tersebut, khususnya bagian bijinya yang tak hanya segar ketika dikonsumsi sebagai isi es campur.

  1. Mengatasi Gangguan Kulit

Kembang semangkuk adalah jenis herbal yang juga bisa menjadi obat bagi berbagai macam-macam penyakit kulit. Kulit yang mengalami pengelupasan serta gatal-gatal dapat Anda coba atasi menggunakan kembang semangkuk ini baik sebagai obat luar maupun obat dalam dengan cara meminum air rebusannya.

  1. Meredakan Nyeri Sakit Gigi

Khasiat lain yang bisa diperoleh dari tanaman kembang semangkuk yang kedengaran asing di telinga kita ini adalah mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kondisi sakit gigi. Saat gigi sakit, Anda bisa gunakan herbal ini dengan meminumnya air rebusan dari bijinya untuk mengobati area gigi yang terganggu.

  1. Mengatasi Cacingan

Anda bisa menggunakan kembang semangkuk sebagai obat cacing juga. Jika Anda ingin mengatasi kondisi cacingan secara alami, maka penting untuk mempertimbangkan penggunaan kembang semangkuk ini sebagai obat alami. Bahkan kembang semangkuk aman bagi penderita cacingan yang khususnya anak-anak.

  1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan datang dalam berbagai bentuk, termasuk juga sakit perut, mual dan juga rasa begah. Apapun penyebab dari masalah pencernaan Anda, ada baiknya untuk mencoba menggunakan kembang semangkuk sebagai herbal yang bisa menolong pencernaan menjadi jauh lebih lega.

  1. Mengatasi Sembelit

Apabila Anda mengalami sulit buang air besar alias sembelit, maka salah satu obat pencahar alami yang bisa dipertimbangkan untuk Anda gunakan adalah kembang semangkuk. Agar saluran pencernaan senantiasa baik dan lancar, Anda bisa meminum air rebusan kembang semangkuk secara berkala.

  1. Mengatasi Sakit Mata

Jika Anda mengalami sakit pada mata atau mata terkena iritasi, Anda bisa coba meringankan gejala mengganggu tersebut menggunakan kembang semangkuk. Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar, Anda akan lebih mudah terkena iritasi pada mata akibat debu dan polusi di mana-mana, maka kembang semangkuk bisa menjadi salah satu solusi perawatannya.

  1. Mengatasi Asma

Penyakit asma ditandai dengan sistem pernapasan yang terhambat, salah satunya adalah sesak nafas bukan? Jika Anda adalah salah satu penderitanya, cobalah untuk menggunakan kembang semangkuk sebagai obat untuk melegakan saluran pernapasan.

  1. Mengatasi Gangguan Kesehatan Ginjal

Segala gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal pun diyakini mampu diatasi dengan menggunakan herbal semacam kembang semangkuk. Asal penggunaan kembang semangkuk tepat, tentunya akan memberikan khasiat besar bagi pemulihan ginjal.

  1. Mengatasi Mimisan

Terjadinya perdarahan yang keluarnya dari hidung disebut juga dengan mimisan. Dan rupanya, salah satu khasiat yang ditawarkan oleh kembang semangkuk adalah memberhentikan mimisan. Apapun penyebab mimisan yang dialami, herbal ini boleh menjadi solusi alaminya.

  1. Mengobati Batuk Kering

Biji kembang semangkuk dapat juga digunakan sebagai ramuan obat untuk penderita batuk kering. Yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan biji herbal ini secukupnya, dan merendamnya di dalam air. Tak lupa, tambahkan pula gula sedikit saja dan airnya bisa diminum selanjutnya untuk meredakan batuk kering.

  1. Mengatasi Penyakit Paru-paru

Masalah kesehatan paru-paru sebaiknya Anda perhatikan dengan baik dan ketika penyakit paru-paru menyerang, kembang semangkuk dapat menjadi solusinya. Selain memperlancar saluran pernapasan, sistem pernapasan juga akan dapat terjaga kesehatannya dengan mengonsumsi ramuan herbal ini.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Anda kerap mengalami sakit kepala biasa atau bahkan sakit kepala sebelah atau migrain? Kembang semangkuk lagi-lagi merupakan tanaman yang mampu mengatasinya. Namun dalam meramunya, Anda perlu memecahkan biji kembang semangkuk lebih dulu, rendam dalam air secukupnya. Sama seperti ketika meramunya menjadi obat penurun demam, tunggu kecoklatan dan airnya baru boleh dikonsumsi.

Itulah deretan khasiat kembang semangkuk bagi kesehatan yang rupanya sangat besar dan positif. Walau tampak asing, Anda bisa coba untuk mulai mengenal tanaman super yang bermanfaat bagi tubuh ini serta menggunakannya sebagai solusi pengobatan penyakit apapun.