17 Olahraga Paling Cepat Membakar Lemak di Perut dan Seluruh Tubuh Paling Efektif

Kurang olahraga ditambah pola makan sembarangan akan menjadi faktor penting dalam memicu kenaikan berat badan dan juga obesitas. Olahraga adalah cara tepat untuk membuat metabolisme dalam tubuh menjadi jauh lebih baik dan lancar. Ada banyak keuntungan kesehatan yang bisa didapat ketika metabolisme dalam kondisi normal, jadi supaya Anda mengalami metabolisme yang baik, di bawah ini adalah olahraga-olahraga paling cepat membakar lemak yang bisa dipraktikkan.

  1. Lompat Tali

Bila Anda mencari olahraga yang bisa secara cepat dalam membakar lemak di perut maupun seluruh tubuh, anjuran paling efektif adalah melakukan lompat tali. Kalori paling banyak dibakar dengan melakukan olahraga satu ini di mana pada wanita adalah 750 kalori dan pada pria 850 kalori apabila melakukannya selama sejam.

Caranya: Lompat tali bisa dilakukan 10 menit lamanya karena melakukannya 10 menit ini dianggap setara dengan melakukan jogging 8 menit setiap milnya. Ayunan tali ke belakang pada lompatan 30 kali ulangan lalu beristirahat 30 detik dan dilanjutkan lagi dengan 30 kali ulangan dengan mengayunkan tali ke depan merupakan cara kerja lompat tali ini dalam proses pembakaran kalori.

  1. Berenang

Renang bukan hanya menjadi aktivitas yang disarankan sebagai cara meninggikan badan secara alami, melainkan juga olahraga ini efektif ketika Anda ingin membakar kalori serta lemak secara cepat. Memang tak mengeluarkan banyak keringat saat berenang, hanya saja pada wanita ada sekitar 720 kalori yang terbakar serta pada pria 840 kalori dengan renang dalam waktu sejam.

Caranya: Anda bisa menggunakan gaya punggung, gaya dada, hingga gaya bebas ketika ingin membakar lemak secara efektif dan cepat. Asalkan rutin, para pemula dapat memulainya dengan rendang seminggu 2 kali. Apabila telah terlatih, frekuensi aktivitas ini bisa ditingkatkan sebanyak yang Anda mampu asalkan tetap mewaspadai bahaya olahraga yang berlebihan.

  1. Bersepeda

Aktivitas bersepeda adalah pilihan olahraga lainnya yang bisa dilakukan ketika ingin mendapatkan hasil pembakaran lemak dan kalori paling cepat. Ini karena dalam waktu 1 jam, antara 850-1000 kalori dapat dibakar dengan baik.

Caranya: Dengan bersepeda, timbunan lemak akan dapat dibakar lewat proses oksidasi dan akhirnya pun energi dapat dihasilkan juga. Beban kayunan sepeda pun menjadi salah satu faktor yang menentukan proses pembakaran lemak berikut juga seberapa jauh jarak yang ditempuh sewaktu bersepeda. Bersepeda selama setengah jam mampu membakar jumlah lemak dan kalori yang sama dengan saat berjogging ria 20 menit.

  1. High Intensity Interval Training

HIIT atau High Intensity Interval Training merupakan salah satu olahraga yang juga bisa dilakukan di saat Anda ingin membakar lemak paling efisien dan cepat. Jenis olahraga kardio ini adalah kombinasi antara olahraga berintensitas sedang dan tinggi dalam waktu yang memang telah ditentukan. Latihan ini cocok bagi Anda yang ingin proses pembakaran lemak terjadi secara efektif dan cepat.

Caranya: Lakukan latihan HIIT ini dengan berlari lebih dulu selama 30 detik, lalu lanjutkan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil pun diperbolehkan) selama 90 detik. Tergantung dari tingkat kebugaran tubuh setiap orang, latihan ini bisa diterapkan secara berbeda pada tiap orang. Lebih dianjurkan untuk melakukan latihan HIIT ini di pagi hari dengan perut yang belum terisi apapun alias lakukanlah sebelum Anda beranjak menikmati sarapan.


  1. Aerobik

Aerobik juga merupakan contoh olahraga paling bisa diandalkan saat hendak menurunkan berat badan serta membakar lemak. Anda perlu melakukan aktivitas-aktivitas olahraga yang dinamis melibatkan hampir seluruh anggota tubuh, seperti pingul, kaki perut, leher dan tangan namun juga masih memiliki sisi menyenangkan agar bisa menikmatinya. Aerobik diketahui mampu membakar 680 kalori pada wanita yang bisa terjadi ketika dilakukan selama 1 jam.

Bukan hanya lemak yang dapat dibakar dan berat badan menjadi turun, melainkan aerobik sangat bermanfaat bagi para wanita yang berharap memiliki perut dan bokong kencang. Jika Anda juga ingin mencegah selulit di paha dan bagian tubuh lainnya, maka aerobik inilah pilihan tepat yang bisa dilakukan rutin.

Caranya: Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga aerobik karena ada bahaya olahraga tanpa pemanasan yang wajib dicegah dan diwaspadai. Untuk proses pembakaran lemak super cepat, maka dianjurkan untuk melakukan aerobik 3-4 kali dalam 1 minggu dengan durasi 45 menit per latihan.

  1. Lari

Olahraga super murah dan mudah ini bisa diterapkan oleh siapapun dan bahkan tanpa perlu menggunakan alat. Berlari selama 1 jam secara rutin akan membantu Anda membakar kalori sebanyak 748 kalori sehingga cara ini layak dicoba sebab termasuk aman dan juga efektif asalkan sebelum berlari Anda sudah pemanasan secara cukup.

Caranya: Sebelum mulai berlari, pastikan pemanasan lebih dulu berikut juga melakukan pendinginan. Berlari bisa dilakukan setiap pagi ataupun sore tergantung dari waktu luang Anda, namun memang berlari di pagi hari jauh lebih baik. 3-4 kali dalam seminggu adalah frekuensi yang tepat untuk melakukan olahraga ini bila ingin cepat membakar lemak. Sesudah berlari Anda perlu melakukan pendinginan.

  1. Latihan Beban

Latihan beban adalah contoh olahraga yang bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin membakar lemak super cepat. Bukan hanya lemak yang terbakar, angkat beban seperti latihan menggunakan dumbbell adalah suatu kunci untuk melatih kekuatan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Daripada menggunakan mesin untuk latihan seperti yang kita jumpai di gym, menggunakan dan mengangkat dumbbell jauh lebih dianjurkan karena dipercaya dapat mengaktifkan lebih banyak serat otot.

  1. Latihan dengan Kettlebells

Selain bermanfaat membakar lemak dan kalori di dalam tubuh, kettlebells bisa digunakan ketika Anda ingin latihan membentuk otot. Melakukan latihan dengan kettlebells ini dalam durasi 20 menit akan membantu dalam proses pembakaran kalori yang setara dengan saat kita berlari 6 menit per mil dengan durasi yang sama. Tak ada salahnya untuk pergi ke gym secara sering-sering demi membakar lemak secara efektif dengan cara satu ini; namun tanyakanlah pada ahlinya bila Anda tak mengerti betul bagaimana menggunakannya.

  1. Sepeda Statis

Mungkin Anda bukanlah tipe orang yang memiliki waktu luang cukup untuk bersepeda ke sana kemari untuk berolahraga? Kalau tak punya waktu banyak hanya untuk melakukan olahraga di luar rumah, sepeda statis adalah solusi yang cukup membantu. Sepeda statis adalah contoh latihan atau olahraga yang bisa dipilih di tengah-tengah kesibukan Anda.

Caranya: Sama halnya dengan bersepeda di luar, bersepeda statis juga akan membantu Anda dalam membakar kalori serta lemak super cepat. Sekitar 240-350 kalori bakal terbakar dengan cara ini apabila melakukannya dalam durasi setengah jam alias 30 menit. Lakukan secara rutin supaya lemak cepat terbakar dan berat badan juga menjadi lebih cepat turun.

  1. Kickboxing

Olahraga satu ini tengah banyak diminati, khususnya oleh para selebriti, namun bukan lantas berarti Anda tak bisa mencoba melakukannya juga. Kickboxing tak hanya menjadi olahraga yang bisa melindungi diri dari segala macam kejahatan di luar saat sedang bepergian, karena pada dasarnya kickboxing pun menawarkan proses pembakaran lemak cukup tinggi.

Selain Anda bisa membela diri sendiri dan merasa jadi lebih aman, kickboxing adalah latihan yang paling cepat dan banyak membakar lemak dengan 1 jam latihan bisa terjadi pembakaran 582-864 kalori. Bila Anda suka mengikuti tren dan menyukai hal-hal menantang serta baru, kickboxing jelas bisa dijadikan pilihan.

Rekomendasi Olahraga Lainnya Paling Cepat untuk Pembakaran Lemak

Ada beberapa rekomendasi olahraga-olahraga lainnya yang bisa juga Anda coba lakukan supaya lemak di tubuh cepat terbakar dan luntur dengan baik, yakni:

  • Basket
  • Tenis
  • Voli
  • Paddle canoe
  • Yoga
  • Bowling
  • Menari

Itulah sejumlah olahraga paling cepat membakar lemak di perut maupun seluruh tubuh. Namun, olahraga rutin juga perlu diimbangi dengan melakukan tips diet sehat yang berhubungan dengan pola makan yang tepat. Miliki juga kebiasaan-kebiasaan baik agar bukan hanya lemak yang terbakar dan berat badan menjadi turun, melainkan juga supaya Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit serius.

, ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 07:49 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga