Ini yang Terjadi pada Tubuh, Saat Rutin Olahraga Pagi

498

Olahraga di waktu pagi hari merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan seorang diri atau bersama dengan teman-teman dan anggota keluarga yang lainnya. Anda dapat memperoleh kebahagiaan dengan cara sederhana yaitu hanya menghirup udara segar di waktu pagi hari yang terbebas dari polusi udara.

Manfaat apa lagi yang dapat anda peroleh jika rutin melakukan olahraga di waktu pagi hari ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan penjelasan singkat tentang manfaat luar biasa yang dapat anda peroleh jika rutin berolahraga di waktu pagi hari.

1/Mampu bekerja menjadi lebih bersemangat dan fokus

Erat hubungannya dengan pencapaian rasa bahagia, anda wajib berusaha keras untuk mampu bangun pada waktu pagi hari guna melakukan olahraga. Meskipun hari pertama sangat sulit untuk dilakukan, tetapi jika sudah menjadi kebiasaan maka akan lebih bersemangat dalam melakukannya. Tidak hanya menjadikan hari-hari anda menyenangkan juga bekerja pun merasa lebih siap.

2/Pada waktu malam hari dapat tidur dengan lebih baik

Mampu bangun pagi setiap hari membantu tidur anda pada waktu malam hari menjadi lebih berkualitas. Seperti diketahui bahwa kualitas tidur pada waktu malam hari sangat tergantung dari keteraturan pola hidup anda pada waktu pagi dan siang hari. Tidur nyenyak di malam hari dan bagun pagi tepat waktu perlu penjadwalan yang teratur sehingga menjadikan pola tidur anda di malam hari menjadi lebih sehat.

Riset menjelaskan bahwa orang yang memilih untuk melakukan olahraga di waktu sore hari justru akan kesulitan tidur lelap di waktu malam hari, dibandingkan dengan mereka yang melakukan olahraga pada waktu pagi hari. Dengan tidur yang berkualitas pada waktu malam hari maka hari – hari anda menjadi lebih fokus esok hari.

Beberapa jenis hormon yang berfungsi mengontrol nafsu makan dan metabolisme akan dengan mudah diatur jika pola tidur anda pada waktu malam hari menjadi teratur, maka dari itu atur jadwal tidur anda yang sehat pada waktu malam hari sehingga memberikan efek positif terhadap sistem tubuh menjadi lebih teratur.

3/Dapat membantu menjaga berat badan anda menjadi ideal

Riset terbaru menjelaskan bahwa tubuh anda akan membakar kalori yang menumpuk berlebihan selama anda melakukan olahraga di waktu pagi hari, dimana pembakaran kalori akan berlangsung secara terus – menerus selama beberapa jam usai anda melakukan olahraga. Riset yang lain melanjutkan penelitian terhadap kelompok pria yang melakukan olahraga bersepeda secara rutin dalam seminggu 2 s/d 3 hari selama 45 menit di waktu pagi hari, tubuh mereka akan mampu membakar 190 kalori menumpuk di dalam tubuh selama 14 jam setelah selesai berolahraga asalkan latihan dilakukan dengan rutin.

4/Dapat meningkatkan daya ingat

Olahraga yang dilakukan pada waktu pagi hari terbukti mampu meningkatkan fokus dan ketajaman mental / otak hingga mencapai sepuluh jam pasca latihan. Namun hindari melakukan olahraga setelah jam bekerja seperti pada waktu sore hari karena anda mudah menjadi lelah sehingga tidak menguntungkan terutama menjelang anda akan tidur di waktu malam hari menjadi cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Juga diketahui bahwa olahraga pada waktu pagi hari akan berpengaruh bagus terhadap kondisi otak dan tubuh berada dalam kondisi bagus sepanjang hari anda melakukan kegiatan di luar rumah, apakah itu belajar atau bekerja di kantor.