Raditya Dika Beralih ke Quinoa Sebagai Ganti Nasi Putih, Apakah Lebih Bermanfaat?

72

Komedian sekaligus yang kita kenal sebagai penulis dan sutradara film, Raditya Dika, diketahui kini tengah berupaya menjaga berat badannya melalui gaya hidup sehat. Selain mengaku bahwa ia rajin nge-gym, rupanya pola makan dan asupannya pun ia ubah menjadi lebih sehat. Salah satu cara agar berat badannya terkontrol dengan baik ialah dengan makan quinoa.

Quinoa kita tahu banyak dikonsumsi sebagai ganti nasi putih, begitu juga dengan Raditya Dika yang kini tidak lagi menikmati nasi putih. Beberapa waktu lalu, dirinya mengatakan dalam channel YouTube-nya 18 Juli 2019 lalu bahwa ia sudah tidak makan nasi sehingga quinoa adalah penggantinya di mana quinoa ini diketahui bebas gluten dan menawarkan protein tinggi.

Ia juga tak lupa menyarankan untuk menggunakan quinoa sebagai ganti nasi terutama bagi orang-orang yang ingin memulai gaya hidup sehat. Tak salah kok memilih quinoa selain oatmeal dan nasi merah sebagai pengganti nasi putih, karena di dalamnya mengandung segudang nutrisi seperti:

Dengan kandungan-kandungan baik tersebut, tentu saja quinoa jadi dianggap lebih bermanfaat ketimbang nasi putih. Berikut adalah deretan manfaat mengonsumsi quinoa yang banyak orang belum tahu:

  • Melawan radikal bebas, karena tinggi antioksidan tentu saja quinoa sanggup melawan berbagai macam efek radikal bebas pemicu penyakit kronis. Fosfor dan zat besi adalah jenis mineral di dalam quinoa yang siap mencegah kanker sekaligus menghasilkan energi lebih bagi tubuh.
  • Mengontrol kadar gula darah, karena quinoa merupakan makanan yang mengandung serat tinggi otomatis saluran pencernaan tetap sehat, tidak cepat lapar, dan kadar gula darah akan tetap stabil.
  • Meredakan nyeri otot, karena adanya lysine atau asam amino utama pada quinoa maka masalah sakit pada otot bisa teredakan, khususnya bagi yang sering mengalami usai olahraga intens.
  • Menurunkan risiko kerusakan sel, karena antioksidannya tinggi sehingga dapat diandalkan sebagai pencegah penuaan dini, penyakit apapun, dan bahkan membantu supaya proses penyembuhan lebih cepat.
  • Meningkatkan HDL/kolesterol baik, karena quinoa berkandungan lemak sehat seperti asam lemak omega-3, lemak tak jenuh ganda dan juga lemak tak jenuh tunggal, kadar HDL bisa naik dan LDL yang turun.

Banyak orang kini beralih ke quinoa ketika hendak mengganti nasi putih, ini karena quinoa cepat matang dan sangat bisa dinikmati entah itu sebagai menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Ingin mencoba gaya hidup sehat seperti Raditya Dika? Boleh juga lho ganti nasi dengan quinoa, semoga bermanfaat.