3 Patokan Berat Badan Ideal Wanita Tinggi 160 cm

Wanita biasanya cermat dan sensitif dalam urusan berat badan mereka. Penampilan adalah hal yang penting. Berat badan ideal selalu menjadi fokus utama dalam hidup mereka. Hal ini karena berat badan berhubungan erat dengan kepercayaan diri mereka di depan orang lain. Tak heran jika banyak wanita yang berusaha keras untuk mendapatkan berat badan ideal menggunakan berbagai macam cara. Mulai dari olahraga, diet air putih, hingga minum suplemen yang dipercaya dapat membantu mereka memperoleh berat badan ideal. Jika hal ini sudah dilakukan, maka mengecek kalkulator berat badan ideal akan rutin dilakukan.

Tujuan memperoleh berat badan ideal hendaknya dibarengi dengan tetap mempertimbangkan faktor kesehatan. Karena tentunya berat badan ideal akan susah diperoleh jika ada berbagai macam penyakit yang bersemayam di dalam tubuh. Itulah mengapa sangat disarankan untuk mempunyai berat badan ideal dengan tujuan kesehatan tubuh, bukan hanya faktor penampilan saja. Berat badan yang terlalu kurus atau justru obesitas sangat tidak baik bagi kesehatan.

Berbicara mengenai berat badan ideal, setiap orang akan berbeda antara satu dengan lainnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan ideal, antara lain jenis kelamin, tinggi badan, hingga kadar lemak dalam tubuh. Bahkan akan ada perbedaan untuk berat badan ideal usia 40 tahun dengan rentang usia yang lainnya. Secara khusus untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm akan mempunyai ukuran berat badan ideal yang berbeda dengan wanita yang mempunyai tinggi badan kurang atau lebih dari 160 cm. Berikut adalah pedoman perhitungan berat badan ideal wanita tinggi 160 cm:

1. Patokan umum berat badan ideal wanita tinggi 160 cm

Secara umum, ada patokan mengenai berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 160 cm. Patokan ini sudah diketahui umum oleh masyarakat dan digunakan dalam penentuan keidealan berat badan mereka. Keidealan ini sebenarnya juga berhubungan dengan berapa banyak kalori yang harus dikeluarkan setiap hari. Patokan berat badan ideal tersebut adalah wanita tergolong kurus jika berat badannya antara 51-57 kg, tergolong ideal jika berat badannya antara 56-62 kg, dan tergolong gemuk jika berat badannya antara 61-68 kg.

Berdasarkan patokan tersebut, menjadi patokan seberapa idealkah berat badan seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm. Jika seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm mempunyai berat badan 55 kg maka ia tergolong kurus. Berbeda jika seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm mempunyai berat badan 65 kg maka ia tergolong gemuk. Namun jika Anda adalah wanita dengan tinggi badan 160 cm dan mempunyai berat badan 75 kg maka bisa dikategorikan ke dalam kelompok obesitas.

Kondisi badan yang gemuk atau kurus tentunya dapat diatur dengan pola makan yang sehat dan beberapa cara membentuk tubuh ideal dengan peralatan sederhana. Pemilihan makanan sehat menjadi cara yang aman untuk memperoleh berat badan ideal. Berbagai makanan yang direkomendasikan adalah buah-buahan dan sayuran yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Hati-hatilah dalam memilih berbagai produk yang menjanjikan berat badan ideal dapat waktu yang singkat. Sebaiknya selalu utamakan keamanan dan kesehatan tubuh seiring dengan keinginan memperoleh berat badan ideal.

2. Rumus BMI untuk berat badan ideal wanita tinggi 160 cm

Banyak orang yang menggunakan rumus BMI atai indeks massa tubuh sebagai cara menghitung berat badan ideal, baik pria maupun wanita. Melalui rumus BMI ini dapat ditentukan apakah seseorang tergolong gemuk, kurus, atau ideal. Untuk menentukan keidealan berat badan, terlebih dahulu ditentukan besarnya indeks massa tubuhnya. Berikut adalah perhitungan indeks massa tubuh (BMI) dan kriteria berat badan :

BMI = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Kriteria berat badan berdasarkan BMI:

Nilai BMI < 18,5 = berat badan kurang

Nilai BMI 18,5 – 24,9 = berat badan ideal

Nilai BMI 25,0 – 29,9 = berat badan berlebih

Nilai BMI > 30,0 = obesitas

Selanjutnya, sekarang akan diperiksa berat badan ideal untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm. Berat badan ideal akan tercapai dengan rentang BMI antara 18,5 hingga 24,9. Melalui rentang BMI ini dapat pula ditentukan rentang berat badan ideal wanita tinggi 160 cm (1,6 m).


 BMI = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

⇔ 18,5 = berat badan : (1,6 x 1,6)

⇔ berat badan = 47,36 kg

BMI = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

⇔ 24,9 = berat badan : (1,6 x 1,6)

⇔ berat badan = 63,74 kg

Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm maka berat badan idealnya terletak pada rentang antara 47,36 kg – 63,74 kg.

3. Rumus Broca untuk berat badan ideal wanita tinggi 160 cm

Perhitungan berat badan dapat juga menggunakan rumus Broca atau juga disebut dengan rumus devine. Penamaan rumus ini sesuai dengan penemu rumusnya yaitu Dr. Pierre Paul Broca, dan dipopulerkan oleh Dr. BJ. Devine. Untuk wanita, rumus berat badan ideal yang digunakan adalah:

Berat Badan Ideal = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Selajutnya, berat badan ideal wanita tinggi 160 cm adalah:

Berat Badan Ideal = (160 – 100) – (15% x (160 – 100)) = (60 – (15% x 60) = 60 – 9 = 51 kg.

Jadi, berat badan ideal untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm adalah 51 kg.

Rumus Broca ini secara khusus ditujukan untuk perhitungan berat badan seseorang berdasarkan tinggi badan tanpa memperhitungkan faktor lain yang berpengaruh. Dengan kata lain, rumus ini hanya mengacu pada tinggi badan dan diasumsikan tidak ada pengaruh lain seperti kadar lemak atau ukuran tulang yang mempengaruhi. Secara khusus, rumus ini sebenarnya kurang cocok untuk digunakan menghitung berat badan ideal wanita yang bertubuh pendek.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Berat Badan
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri