Sponsors Link

22 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis Wajib di Ketahui

ads

Penyebab penyakit ginjal bisa beragam, bisa dari pola hidup, kebiasaan, obat, hingga dari penyakit lain yang membawa kerusakan kronis pada ginjal. Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai pembentuk urin, selain itu juga sebagai filter racun dalam tubuh. Apa saja jenis penyakit ginjal yang perlu diketahui :

  1. Gagal ginjal
  2. Batu ginjal

Penyebab sakit ginjal dan gangguan ginjal adalah sebagai berikut ini :

  1. Diabetes

Komplikasi dari penyakit diabetes adalah terganggunya fungsi ginjal. Banyak orang yang menderita diabetes kemudian terkena komplikasi penyakit ginjal. Hal itu dikarenakan insulin yang diproduksi oleh pankreas saat akan dikeluarkan memberatkan kinerja ginjal. Jika hal itu terjadi terus menerus akibatnya adalah ginjal akan menjadi rusak sebab kerja berat setiap hari.

  1. Hipertensi

Tanpa disadari hipertensi memiliki hubungan dengan penyakit ginjal. Hipertensi disebut sebagai penyebab sakit ginjal dikarenakan pembuluh darah menjadi menyempit dikarenakan timbunan lemak yang ada di dalam tubuh.  Tekanan darah tinggi bisa menyebabkann pembuluh darah menyempit sehingga orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi.

  1. Gangguan Auto Imun

Auto imun merupakan kondisi dimana sistem imun di dalam tubuh justru bisa merusak dan menganggu organ tubuh. Kondisi itu berbanding terbalik dengan fungsi imun yang sebenarnya. Imun sebenarnya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit sedangkan orang yang menderita auto imun akan memiliki sistem imun yang justru merusak dan menyerang tubuh. Gangguan auto imun itu adalah sebagai berikut ini :

  • Lupus. Lupus merupakan penyakit langka yang jarang terjadi. Namun penyakit lupus tidak boleh disepelekan sebab lupus tidak bisa diobati. Lupus bisa menyebabkan gangguan ginjal dikarenakan sistem imun akan menyerang ginjal dan membuatnya tidak berfungsi lagi.
  • AIDS / HIV. Orang yang menderita AIDS / HIV tidak memiliki sistem imun sehingga orang yang menderita penyakit tersebut rentan terkena penyakit. Banyak orang yang menjauhi penderita HIV / AIDS karena takut tertular. Anggapan itu adalah anggapan yang salah sebab HIV / AIDS tidak menular jika virus tersebut tidak masuk ke dalam darah manusia. Justru orang yang terkena HIV / AIDS itulah yang takut kepada orang-orang yang menderita penyakit seperti flu, batuk dan lain sebagainya. Penderita HIV/ AIDS akan cepat tertular sebab mereka tidak memiliki sistem imun lagi. Jika sudah tertular penderita HIV / AIDS tidak akan pernah sembuh dari penyakit itu. Penderita HIV/ AIDS juga rentan terkena penyakit gangguan ginjal sebab tidak memiliki sistem imun (Baca : Gejala HIV Aids &  Cara mencegah AIDS).
  1. Penyakit Kronis

Orang yang menderita penyakit kronis seperti hepatitis A dan juga hepatitis B rentan terkena penyakit gangguan ginjal. Virus yang mampu menyerang hati manusia juga bisa menyerang ginjal manusia sehingga bisa menyebabkan komplikasi ginjal.

Sponsors Link

  1. Infeksi

Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat ginjal terinfeksi. Salah satu infeksi yang bisa menyerang ginjal adalah infeksi yang disebabkan oleh leptospira atau bakteri yang melekat pada air seni tikus. Infeksi yang ada di ginjal disebut dengan pielonefritis. Infeksi itu bisa menyebabkan peradangan pada ginjal, sehingga kapsul yang mengelilingi ginjal meregang dan ginjal itu sendiri membengkak. Orang yang terkena infeksi ginjal akan merasakan nyeri yang luar biasa, rasa nyeri itu disertai dengan demam yang tinggi. Obat antibiotik dan suntikan anti peradangan bisa digunakan untuk mengobati infeksi ginjal.

  1. Bagu Ginjal (baca : Bahaya Batu Ginjal)

Salah satu yang menjadi penyebab gangguan ginjal adalah adanya batu ginjal di dalam ginjal. Batu ginjal tersebut adalah hasil adanya pengkristalan urin kemudian berubah menjadi batu. Jika banyak batu ginjal di dalam ginjal, batu tersebut bisa menyumbat saluran kencing sehingga bisa menyebabkan rasa sakit ketika berkemih. Aliran urin di dalam tubuh manusia bisa berhenti karena batu ginjal tersebut.  Jika urin tertahan akibatnya saluran kemih akan membengkak, jika sudah membengkak rasa sakitnya akan begitu terasa.

  1. Saluran Kemih Terinfeksi

Penyebab sakit gangguan ginjal adalah adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi saluran kemih menjadi penyebab sakit ginjal pada wanita. Infeksi pada saluran kemih menyebar ke kandung kemih, setelah kandung kemih terinfeksi, ginjal juga akan terinfeksi.

  1. Ginjal Polikistik

Ginjal polikistik merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh penyakit genetik atau keturunan. Orang yang menderita ginjal polikistik membuat ginjal membesar dan membengkak. Ginjal polikistik pun bisa menimbulkan terjadinya kista di ginjal sehingga menyebabkan penyakit atau gangguan ginjal. Rasa sakit yang disebabkan oleh ginjal polikistik terasa  parah, bahkan pengobatannya harus seumur hidup dengan cara cuci darah atau transplantasi ginjal.

  1. Kanker

Kanker juga menyebabkan terjadinya gangguan ginjal. Tumbuhnya tumor besar di ginjal menjadi penyebab gangguan ginjal. Tumor itu bisa merusak kapsul ginjal sehingga peradangan bisa terjadi. Rasa nyeri yang ditimbulkan akan terasa begitu parah dan begitu sakit.

  1. Saluran Urin Tersumbat
sponsored links

Penyebab gangguan ginjal salah satunya adalah saluran urin yang tersumbat.Pembesaran prostat bisa menyebabkan tersumbatnya saluran urin. Hal ini sering terjadi pada laki-laki. Pengobatan yang dilakukan tergantung dengan penyebab dari penyumbatan tersebut.

  1. Cidera

Ginjal bisa cidera disebabkan terjatuh, terbentur dan masih banyak lagi lainnya. Ginjal yang cidera bisa menyebabkan pendarahan pada ginjal sehingga membuat penyakit pada ginjal. Terbentur dan terjatuh bisa menyebabkan ginjal rusak karena benturan tersebut.

  1. Terjadinya Inflamasi Filter Ginjal

Rusaknya filtrasi pada ginjal bisa menyebabkan peyakit ginjal. Hal itu dikarenakan ginjal tidak bisa melakukan penyaringan terhadap urin dan kotoran pada tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh rusaknya filter ginjal adalah nefritis glomerulus. Filter yang rusak juga menyebabkan peradangan pada ginjal.

  1. Racun

Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa menimbulkan alergi dan kerusakan pada ginjal. Hal itu bisa menyebabkan ginjal terkena penyakit dan mengalami gangguan. Racun ada pada bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Penggunaan Obat-Obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang yang dikonsumsi secara lama bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Obat-obatan itu bisa membebani kinerja ginjal sehingga jika dipaksa kerja keras setiap hari performa ginjal akan semakin menurun. Semakin menurunnya fungsi dan kinerja ginjal bisa menyebabkan gangguan ginjal. Oleh sebab itu menghindari penggunaan obat-obatan terlarang bisa menghindarkan resiko terkena penyakit ginjal.

  1. Konsumsi Obat Tertentu

Mengkonsumsi obat tertentu seperti ibuprofen dan juga naproxen menjadi penyebab gangguan ginjal pada tubuh seseorang. Hal itu bisa menyebabkan kinerja ginjal terganggu karena kinerja ginjal terbebani dengan bahan-bahan pembuatan obat tersebut. Akibatnya gangguan ginjal bisa terjadi jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Cacat Sejak Lahir

Kondisi ginjal yang cacat sejak lahir merupakan penyebab gangguan dan penyakit ginjal. Untuk menyembuhkan penyakit ginjal sejak cacat lahir bisa dengan operasi.

  1. Zat Kimia

Banyak mengkonsumsi zat kimia berbahaya bisa menyebabkan gangguan ginjal. Saat ini banyak sekali zat kimia yang ditemukan pada makanan. Jika dikonsumsi secara terus menerus zat kimia itu bisa mengendap di ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal. Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan sebab dampak nyata akibat mengkonsumsi zat kimia dalam jangka waktu yang lama bisa terkena gagal ginjal (baca :Penyebab gagal ginjal & Zat aditif pada makanan).

  1. Riwayat Operasi Saluran Pencernaan

Orang yang pernah melakukan operasi pada saluran pencernaannya rentan untuk terkena penyakit batu ginjal. Operasi pada saluran pencernaan bisa menyebabkan kinerja saluran pencernaan menjadi terganggu sehingga ada satu atau dua sisa metabolisme dari saluran pencernaan yang masuk ke dalam ginjal. Metabolisme yang belum sempurna dicerna oleh saluran pencernaan bisa menyebabkan kinerja ginjal terganggu.

  1. Obesitas

Obesitas juga menjadi penyebab seseorang terkena gangguan ginjal. Orang yang memiliki obesitas akan rentan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit itu adalah penyakit gangguan ginjal. Obesitas bisa memicu timbulnya diabetes sedangkan diabetes adalah pemicu sakit ginjal. Bahaya Obesitas juga menyebabkan seseorang terkena hipertensi sebab timbunan lemak yang ada di dalam tubuhnya.

  1. Makanan Tertentu

Jenis makanan yang mengandung protein, sodium dan juga tinggi gula menjadi penyebab seseorang terkena batu ginjal (Akibat kelebihan protein). Hal itu dikarenakan zat-zat tersebut sulit diuraikan oleh ginjal dan zat itu akan mengkristal bersamaan dengan urin. Pengkristalan itu membentuk batu ginjal.

  1. Alkohol

Bahaya alkohol bagi kesehatan sudah tidak terhitung lagi dampaknya bagi kesehatan, alkohol juga dapat berdampak kronis pada ginjal hingga mengalami gangguan ginjal kronis.

  1. Narkoba

Bahaya narkoba dalam merusak tubuh hampir berpengaruh bagi semuanya, termasuk salah satunya adalah pada bagian organ ginjal yang dapat merusaknya secara permanen.

Baca Juga : Gejala Penyakit Ginjal

Penyebab sakit ginjal bisa kita hindari sedini mungkin, selain itu juga dapat kita atasi dengan pola hidup yang dapat membantu kita bebas dari berbagai penyakit mematikan di dunia.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 05th, November 2015 / 14:55 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal