Sponsors Link

16 Bahaya Minyak Goreng Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Minyak goreng yang sering kita gunakan bisa berasal dari ragam tanaman, hewan ataupun juga lemak hasil buatan manusia yang diindustrikan. Berikut beberapa contoh daftar minyak goreng paling populer yang bisa kita temui dari seluruh dunia:

ads

Minyak kelapa

  1. Jamak digunakan di daerah Asia Selatan, karena rasa yang mengandung unsur manis sering digunakan untuk produksi ragam kue maupun popcorn.
  2. Bisa juga membantu untuk memenuhi bahan bakar mesin tertentu.
  3. Digunakan pula untuk tambahan bahan baku sabun yang bagus untuk mengatasi kulit kering.
  4. Sangat bagus pula untuk merawat kesehatan rambut dengan memenuhi asupan protein yang menjaganya berkilau jauh dari kerusakan.
  5. Di daerah India bisa membantu penerangan sebelum listrik menyebar luas.
  6. Mampu menjadi pelawan untuk beberapa serangan yang disebabkan oleh jenis hewan kutu.

Minyak kelapa sawit atau biji kelapa sawit

  1. Memiliki ciri khas sedikit kemerahan mirip dengan minyak biji kelapa sawit. Ini karena kandungan beta karoten melimpah di dalamnya.
  2. Sejauh ini Indonesia menjadi penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan Malaysia berada di urutan kedua.
  3. Banyak diunakan untuk ragam jenis masakan dan bisa juga diberdayakan menjadi bahan bakar juga.

Minyak zaitun

  1. Biasa digunakan untuk memasak, bahan kosmetik dan juga bahan obat.
  2. Bagus untuk dimanfaatkan sebagai khasiat yang berguna meningkatkan kualitas psikologis seseorang.
  3. Baik digunakan sebagai bahan pelumas, bahan baku sabun maupun lampu minyak ataupun sebagai bahan bakar mesin tertentu.

Minyak sayur lainnya:

  1. minyak jagung
  2. minyak kacang
  3. minyak mete
  4. minyak alpukat
  5. minyak dedak padi
  6. minyak wijen
  7. minyak biji matahari
  8. minyak kedelai dan seterusnya.

Minyak berasal dari hewani:

  1. Mentega yang dihasilkan dari ragam ternak jinak, layaknya sapi, domba dan seterusnya.
  2. Ekstrak lemak babi dan juga ragam yang lainnya.

Dan sesuai dengan topik maka berikut ini mari kita mulai saja membahas beberapa daftar bahaya yang mungkin menyertai dari aplikasi minyak goreng dalam keseharian kita:

1. Lemak jahat

Kandungan lemak jenuh berlimpah pada minyak goreng jika digunakan secara berlebih dan terlalu sering maka terbukti dapat meningkatkan kadar lemak jahat berbahaya dalam tubuh kita. Lemak jahat tersebut disebut sebagai LDL atau Low Density Lipoprotein. Hindari penggunaan berlebih demi menjga kesehatan tubuh dari ancaman serangan LDL yang berpotensi menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan serangkaian ancaman penyakit mematikan.

Baca juga : Bahaya Lemak di Hati

2. Penyakit jantung

Berhubungan juga dengan kadar LDL atau lemak jahat yang meningkat maka fungsi jantung akan semakin terbebani saat memompa darah melalui pembuluh yang semakin menyempit akibat plak menumpuk. Hal ini sangatlah beresiko bagi kesehatan jantung yang jika diforsir berlebihan terus menerus maka ragam penyakit jantung akan mulai menyertai semisal serangan jantung mendadak.

baca juga : Gejala Jantung Tidak Sehat

Sponsors Link

3. Stroke

Menyerupai dengan serangan jantung, apabila jantung telah kehilangan ritmik normal dalam detakannya maka mau tak mau keseluruhan pembuluh darah pun akan ikut terpengaruh kondisi kesehatannya. Jika dibiarkan dalam kondisi lama maka permasalahan pembuluh darah tegang dan kaku akan memicu penyakit mematikan semacam stroke dan juga menjadi penyebab kelumpuhan jika pembuluh darah utama di otak yang menjadi sasaran tempat pecahnya pembuluh darah tersebut.

baca juga : Obat Herbal Stroke Ringan

4. Tekanan darah tinggi

Menjadi suatu paket saat penyakit kardiovaskular satu mengintai kondisi kesehatan pasien maka serangkaian yang lain juga akan ikut untuk kemudian terdampak. Karena menumpuknya lemak jahat dalam tubuh maka kinerja jantung akan kacau serta pembuluh darah tidak dalam berada kondisi normal. Sebagai akibat maka tekanan darah di sepanjang pembuluh pun akan menjadi tidak stabil dan cenderung dalam angka yang meningkat tinggi dan amatlah berbahaya bagi kondisi pasien itu sendiri.

5. Penyakit pembuluh darah

Sebagai dampak dari serangkaian penyakit kardiovaskular yang ikut mengintai maka kondisi kesehatan pembuluh darah amatlah terhubung dengan permasalahan penggunaan minyak goreng berlebih ini. Secara jangka panjang maka kondisi pembuluh darah akan berubah. Pembuluh akan mulai tertumpuk oleh plak lemak jahat. Hal ini menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang membahayakan. Pembuluh menjadi cenderung lebih tegang, kaku namun juga sangat rapuh dan rentan mengalami pecah maupun kebocoran. Akan sangat berbahaya apabila kondisi pecah pembuluh darah terjadi pada bagian organ vital layaknya otak dan jantung.

Baca juga : Obat Penyempitan Pembuluh Darah

6. Pemerosotan lemak baik

Kandungan lemak trans yang tinggi pada minyak tanah yang beredar di pasaran amatlah berdampak buruk bagi kesehatan manusia utamanya juga dalam menurunkan kadar lemak baik. Lemak baik ini disebut juga sebagai HDL atau High Density Lipoprotein. Fungsi utama dari lemak baik ini yakni sebagai pembersih efektif bagi pembuluh darah. Jadi jika terdapat plak lemak jahat dalam pembuluh darah dan menjadi penyebab sumbatan aliran darah yang berbahaya maka HDl akan memerankan sebagai pembersih yang menghancurkan tumpukan plak lemak tersebut sehingga darah dapat mengalir lancar tanpa tersendat lagi.

baca juga : Kelainan pada Proses Metabolisme Lemak

7. Alergi kacang

Sering disebut juga sebagai anafilaksis. Yakni suatu reaksi tubuh yang tidak dapat menerima rangsangan dari suatu produk dalam kasus minyak goreng ini biasa sangat berpotensi tinggi pada jenis minyak sayur dari kekacangan. Beberapa minyak kacang semisal minyak mete dan seterusnya juga dapat memicu reaksi alergi pada penderita meskipun sudah diolah menjadi ragam produk lain atau bukan dalam bentuk fisik seperti kacang pada umumnya lagi. Hal ini disebabkan lantaran terlebih bagi orang dengan alergi tingkat parah maka kandungan sedikit saja unsur dari zat pemicunya maka sudah cukup untuk merangsang timbulnya reaksi alergi yang tak dapat dihindarkan lagi.

Baca juga : Bahaya Kacang Tanah

8. Alergi susu

Untuk jenis alergi yang kedua ini terutama perlu diwaspadai saat akan menggunakan produk olahan susu. Jika dihubungkan dengan penggunaan minyak goreng maka erat kaitannya produk susu yang dimaksud tersebut dengan hasil olahan mentega. Pada dasarnya mentega diolah dari bahan lemak susu dari peternakan binatang jinak layaknya sapi, domba dan seterusnya. Jadi harus dipastikan untuk ekstra waspada bagi seseorang dengan keluhan alergi susu dalam pemakaian olahan mentega.

Baca juga : Bahaya Minum Teh Campur Susu

9. Isu halal

Lebih lanjut mengenai isu halal erat kaitannya utamanya dengan para Muslim di seluruh dunia. Jika dihubungkan utamanya dengan ragam minyak goreng yang berasal dari hewani maka jenis olahan lemak babi pastilah sebagai suatu produk yang harus sebisa mungkin dihindari. Pemakaiannya di Indonesia mungkin tidak begitu populer namun jika anda bepergian ke luar negri utamanya yang bernuansa kental dengan ketidakidentikan budaya Islam maka anda baiknya lebih waspada lagi untuk memperhatikan kemungkinan satu ini saat mencari kudapan santap anda.

Baca juga : Kebiasaan Baik Orang Arab

10. Racun karsinogen

Berbicara lagi perihal minyak sayur utamanya yang berasal dari ragam biji kacang yang bisa menimbulkan alergi. Maka ternyata dalam minyak kacang ini berpotensi ditemukan racun dari jamur aflatoksin yang memberi sederetan ancaman bahaya pada tubuh. Mulai dari potensi untuk menjadi zat karsinogen alias pemicu kanker maka ancaman gangguan pertumbuhan pada anak pun bisa menjadi ancaman terdampak jangka panjang bagi kondisi kesehatan tubuh kita.

Baca juga : Cara Mengatasi Keracunan Makanan

ads

11. Obesitas

Kandungan sarat lemak dalam minyak goreng amat tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan. Bagi efek kesehatan hal ini tak luput pula dalam menyumbang lebih banyak potensi dalam menimbulkan masalah kelebihan berat badan ataupun obesitas. Minyak goreng yang ikut terkonsumsi tersebut akan semakin menambah jumlah tumpukan lemak dalam tubuh dan berat badan yang semakin meningkat pun tak dapat lagi bisa terelakkan.

baca juga : Penyebab Obesitas pada Anak

12. Isu lingkungan

Mari sedikit menilik lebih awal daripada sebelum minyak goreng tersebut tersaji dalam meja dapur kita. Pembuatan minyak tersebut biasa dihasilkan pula oleh produksi dari ladang tanaman yang teramat luas semisal pada produksi minyak kelapa sawit yang paling populer di Indonesia negara kita ini. Sejak dahulu isu lingkungan semisal kebakaran hutan untuk pembukaan ladang kelapa sawit memanglah sangat rentan terjadi. Memang semua demi proses produksi mendulang rupiah namun tak sedikit pula hal yang harus dikorbankan. Banyak spesien orangutan mengalami ancaman kepunahan akibat tempat ataupun rumah yang biasa mereka tinggali haruslah digundul dan difungsikan sebagai rumah produksi minyak raksasa. Hendaklah kita pula mulai merenungkan dan tidak melulu menutup mata dari fakta semacam ini.

baca juga : Bahaya Kantong Plastik

13. Radang tenggorokan

Pengguanan minyak goreng erat kaitannya dengan ancaman peradangan lantaran kandungan lemak jenuh omega 6 di dalamnya yang teramat berlimpah. Salah satunya yakni dimulai dengan gejala radang tenggorokan atau rasa tak nyaman yang kemungkinan dapat ditimbulkan setelah konsumsi minyak goreng apalagi yang tidak aman. Semisal minyak goreng bekas yang telah parah teroksidasi dan juga higienitas yang tak begitu dipikirkan kala memutuskan untuk mengkonsumsi kudapan kaya kandungan minyak tersebut.

baca juga : Obat Infeksi Tenggorokan

14. Batuk dan asma

Selain memicu radang tenggorokan konsumsi minyak goreng juga dapat memicu masalah kesehatan saluran napas lainnya. Semisal munculnya keluhan batuk dan juga bisa menyebabkan timbulnya sesak napas ataupun asma. Konsumsi minyak goreng secara tidak bijak memang akan menimbulkan serentetan serangan sakit dikarenakan kandungan minyak tersebut juga memiliki zat pengacau yang dapat memicu ketidakstabilan sel terkecil yang menjadi penyusun tubuh kita dan berpengaruh langsung terhadap rangkaian kondisi kesehatan sistem tubuh kita.

baca juga : Tanda-tanda Asma

15. Iritasi usus

Selain menyebabkan sasaran radang tenggorokan maka saluran cerna pun tak dapat luput dari ancaman bahaya konsumsi minyak goreng berlebih ini. Penggunaan minyak goreng tak bijak dapat menyebabkan serangkaian iritasi yang menyerang langsung pada saluran usus kita dan sangat mungkin menimbulkan serangkaian masalah semisal sakit perut yang mendera.

baca juga : Gejala Infeksi Usus

16. Diabetes dan rematik

Konsumsi minyak goreng juga meningkatkan resiko peradangan sel. Biasanya disebabkan lantaran jomplangnya kadar lemak jenuh omega 3 dan omega 6 dalam tubuh kita. Beberapa penyakit semisal manifestasi diabetes tipe dua ataupun rematik akan menjadi semakin parah dengan seiring penggunaan minyak goreng yang tak terkontrol. Jadi sangatlah dianjurkan bagi kita untuk ekstra hati-hati dalam memakai minyak goreng terlebih jika telah memiliki riwayat penyakit utamanya yang terhubung dengan kondisi peradangan. Jika memang ingin lebih sehat ada baiknya anda beralih pada makanan kukus yang pastinya jauh lebih tak beresiko bagi kesehatan anda dalam jangka panjang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 02:34 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya