Sponsors Link

10 Bahaya Makan Telur Setiap Hari Bagi Tubuh

ads

Telur adalah salah satu jenis makanan super yang menjadi sumber protein tinggi bagi anak anak dan orang dewasa. Telur dapat diolah menjadi berbagai menu masakan yang berbeda diantaranya dapat dijadikan sebagai gulai telur, semur telur, dadar telur dan lain-lain. Dimana tidak ada satupun cara mengolah yang dapat mengurangi citarasanya yang selalu lezat. Menu masakan dari bahan dasar telur banyak dijumpai di berbagai kedai makanan dan para penjual keliling, Misalnya siomay dan ketupat sayur .

Kandungan gizi yang ada pada telur adalah :

  • Kolin, Protein
  • Vitamin A, Vitamin B
  • Vitamin C, Lemak
  • Fosfor, Karbohidrat
  • Zat besi dan Kalsium

Resiko bahaya makan telur setiap hari adalah sebagai berikut :

1. Kolesterol

Mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan atau setiap hari dapat memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Bagi orang orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat beresiko terserang stroke ringan. Kolesterol dalam telur dapat menyumbat aliran darah dan memblokir klelancaran oksigen dalam darah untuk mengalir pada jaringan pembuluh darah.

2. Tumbuh Bisul

Telur mengandung lemak cukup tinggi yang jika dikonsumsi lebih dari 3 butir setiap hari maka akan mengacaukan kadar minyak alami yang stabil ada pada lapisan kulit terdalam sehingga dapat menyebabkan munculnya bisul bisul kecil.

3. Tersedak

Mengkonsumsi kuning telur tanpa dibarengi dengan asupan nasi dapat membuat tersedak karena kuning telur sangat minim mengandung air. Dan bersifat padat ketika masuk dalam tenggorokan.

4. Hipertensi

Seseorang yang memiliki penyakit hipertensi sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi telur, Karena kandungan lemaknya mampu menyumbat pembuluh darah dan memicu peningkatan tekanan darah. (Bca juga : makanan untuk darah tinggi)

5. Asam urat

Bagi penderita asam urat sebaiknya hindari telur karena lemak dan zat fosfor dapat mengganggu kestabilan jumlah asam urat yang ada di persendian. Lemak pada telur mampu meningkatkan jumlah asam urat.

Sponsors Link

6. Mual

Mengkonsumsi telur terlalu banyak tanpa diimbangi makan sayuran dan buah dapat menyebabkan perut mual. Kandungan gas yang ada pada telur dapat menimbulkan iritasi pada lambung. (Baca juga : sering mual setelah makan)

7. Bobot tubuh mudah naik

Seseorang yang makan telur lebih dari 3 butir setiap hari dapat mempercepat penambahan bobot tubuhnya. Karbohidrat dan lemak yang ada di dalamnya dapat memicu penumpukan lemak didalam tubuh dan memperlambat metabolisme tubuh. (Baca juga : penyebab obesitas)

8. Kadar gula dalam darah meningkat

Telur memiliki kadar gula sendiri yang jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, dapat memicu penumpukan kadar gula dalam darah. Penderita gejala diabetes sebaiknya tidak makan telur secara berlebihan.

9. Mengganggu hormon pria dan wanita

Kandungan lemak dan kolesterol yang ada didalam telur dapat mengganggu kestabilan hormon pria dan wanita. Kondisi ini mengganggu kesuburan.

10. Timbul Jerawat

Bukan hanya akan tumbuh bisul jika makan telur terlalu banyak, namun jerawat akan muncul bahkan pada seseorang yang memiliki jenis wajah kering. Lemak dan kolesterol dalam telur berpotensi menyumbat pori pori kulit dan meningkatkan debit minyak yang ada di permukaan kulit wajah sehingga memicu kulit wajah mudah menyerap debu dan radikal bebas yang dipancarkan oleh sinar matahari.

Solusi Terbaik Mengkonsumsi Telur

Bnyak orang yang mengkonsumsi telur hanya berfokus pada kenikamtannya saja tanpa memperhitungkan bahaya yang mungkin dihasilkan dari telur itu sendiri. Telur lebih banyak dikenal sebagau makanan rakyat yang mudah ditemukan dan mengandung gizi, Namun sedikit yang mengetahui bahwa telur juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Solusi terbaik agar tubuh tetap sehat mengkonsumsi telur, Diantaranya:

Sponsors Link
  • Telur yang matang

Bnayak orang beranggapan jika makan telur menytah adalah sehat. Telur yang mentah disinyalir mengandung banyak bakteri dan parasit yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Jika ingin makan telur rebus maka rebuslah hingga benar benar matang. Telur yang matang direbus tetap akan memiliki kandungan gizi yang utuh dan lebih amn untuk dikonsumsi.

  • 3 butir

Mengonsumsi telur disarankan tidak melebihi 3 butir perharinya karena hal tersebut untuk pencegahan peningkatan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya makan telur yang ideal adalaah saatu butir satu hari.

  • Telur yang utuh

Maakn telur jangan hanya potihnya atau kuningnya saja. Makaanlah semuanya agar tubu dapart merasakan manfaat proteinnya yang tinggi bagi kesehatan. Jika hanya menyukai kuningnya saja maka aklan mempercepat penumpukan kolesterol dalam tubuh. Putih telur banayak mengandung protein yang dapaat menetralisir kadar kolesterol dalam kuning telur.

  • Telur ditambahankan bahan makanan lain

Untuk meningkatkan kualitas gizi pada telur bisa ditambahkan dengan makanan lain yang lebih banyak mengandung vitamin D atau Omega 3. Telur yang digabungkan dengan makanan lain yang mengandung Omega 3 dapat menetralisir kadar kolesterol yang ada pada telur.

  • Minyak zaitun atau minyak jagung

Menggoreng dadar atau telur ceplok agar tetap sehat dan tidak meningkatkan kadar kolesterol dan lemaknya, Sebaiknya gorenglah telur dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak jagung yang terbebas dari lemak jenuh. Telur sudah mengandung kolesterol dan lemak, Maka jangan ditambah lagi kadarnya dengan minyak yang mengandung lemak jenuh .

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 24th, June 2016 / 03:45 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya