Sponsors Link

10 Bahaya Makan Cilok Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Cilok adalah makanan ringan yang berbentuk seperti bakso yang mudah ditemukan diberbagai sekolahan atau pedagang kaki lima pinggir jalan. Banyak pedagang cilok nakal yang memperdagangkn ciloknya dengan penambahan bahan bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi.

ads

Bahan dasar untuk pembuatan cilok

1. Formalin
Bahaya makan cilok biasanya karena ada penambahan formalin didalamnya yang tujuannya agar jika dagangan cilok tidak banyak yang laku ketika dijual, Pedagang dapat menjualnya kembali dihari hari berikutnya. Formalin dapat mengganggu kesehatan organ internal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.Cilok yang menggunakan formalin cenderung dijauhi lalat atau serngga lainnya. Untuk membuktikan cilok memakai formalin atau tidak anda bisa melihat apakah cikol dikerubungi lalat atau tidak , Jika tidak maka cilok tersebut mengandung formalin.
Baca juga : bahaya Formalin pada makanan

2. Bahan pewarna
Bahaya makan Cilok dapat juga dikarenakan didalam pembutannya memakai bahan pewarna buatan yang biasanya digunakan untuk mewarnai pakaian. Cilok yang mengandung zat pewarna buatan akan senantiasa terlihat bersih dan cemelang. Kondisi ini berguna untuk menarik perhatian para pelanggan termasuk anak anak agar segera membelinya dan mengkonsumsinya.

3. Saus buatan sendiri
Pedagang cilok kerab membuat sausnya dengan bahan bahan yaang sudah tidak terpakai dan tanpa dicuci terlebih dahulu. Saus dapat diolah dengan menggunakan cabe kering, Tomat busuk. Ubi jalar, Jagung bekas dan sebagainya. Bahan bahan tersebut lebih sering dalam keadaan yang telah membusuk lalu mereka manfaatkan kembali menjadi saus yang berwarna orange cerah, Dimana warna yang didapat adalah dari warna buatan. Bahaya makan cilok yang sering menimpa anak anak berupa perut mual dan terserang diare adalah karena pemakaian sausnya yang tidak steril.

4. Ikan
Bahaya makan cilok bisa juga dikarenakan pemakaian bahan dasar Ikan yang dipakai kebanyakan adalah jenis ikan yang sudah tidak bagus lagi atau telah jadi bangkai , Namun ketika dipakainya formalin dan borak makan aroma tidak sedapnya akan hilang.

5. Borak
Pemakaian borak pada cilok lebih kepada tujuan untuk kekenyalan cilok, Cilok yang tersa kenayl lebih disukai anak anak karena memiliki sensasi yang mengenyal ketika sedang dikunyah. Bahaya makan cilok paling sering diakibatkan karena adanya bahan borak didalam pembuatan cilok itu sendiri yaitu berupa keracunan, Muntah, Mual atau kepala pusing.
Baca juga : bahaya Borak pada makanan

Resiko
Ada 10 bahaya makan cilok yang perlu anda ketahui :

1.Kegemukan
Bahaya makan cilok paling sering disebabkan karena cilok memiliki kandungan lemak yang relatif tinggi dan karbohidrat yang tinggi pula. Jika seorang anak gemar mengkonsumsi cilok setiapa hari maka akan menyebabkan kenaikan berat badan dan memicu kegemukan.

2. Diare

Sponsors Link


Pembuatan saus yang tidsak steril dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan berupa diare atau buang air besar terlalu sering. Saus yang dibuat sendiri relatif menggunakan bahan bahan bekas yang tak terpakai dan telah terkontiminasi dengan bakteri atau kjotoran lain misalnya cabe bekas. tomat busuk dan lain lain. Bahaya makan cilok paling sering diakibatkan karena pemakaian bahan yang tidak berkualitas.
Baca juga : obat diare tradisional

3. Lemak trans relatif tinggi
Jumlah lemak trans dalam cilok sangat tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh. Terlalu banyak penumoukan kolesterol dapat menyebabkan seseorang terserang stroke ringan.
Baca juga : makanan yang mengandung lemak trans

4. Kanker
Semua bahan yang ada dalam pembuatan cilok dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker. Sel kanker akan secara bertahap membentuk pada jaringan tubuh.

5. Mual mual
Mengkonsumsi terlalu banyak cilok dapat menyebabkan prut merasa tertekan, Asam lambung mewningkar dan mengiritasi dinding lambung sehingga menyebabkan seseorang terserang mual mual.

6.Muntah
Semua bahan dasar pembuatan cilok dapat menyebabkan muntah muntah karena iritasi lambung. Seseorang yang mempunyai iritasi lambung yang baru sembuh sebaiknya hindari cilok yang dapat menyewbabakn muntah muntah.

7. Kepala pusing
Semua bahan dasar pembuatan cilok dapat menyumbat aliran darah seputar kepala termasuk lemak jenuhnya. Ketika lemak mengendap dalam aliran darah maka akan terjadi pelebaran sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

8. Mengganggu kesehatan janin
Ibu hamil dilarang makan cilok kecuali jika membuatnya sendiri dengan bahan bahan yang sesuai dengan stanar kesehatan, Sehingga cilok memiliki nutrisi baik bagi perkembangan janin. Cilok yang mengandung bahan bahan tidak berkualitas mampu merusak organ tubuh bayi tang baru saja terbentuk dan dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Sponsors Link

9. Gangguan ginjal
Formalin, Borak dan zat pewarna buatan jika bergabung didalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan maka dapat menyebabkan kerusakn ginjal secara bertahap. Fungsi ginjal akan mengalami kemunduran termasuk ketidakmampuannya dalam mengendalikan cairan tubuh.
Baca juga : gejala penyakit ginjal

10.Keracunan
Daging ikan busuk yang digunakan dalam pembuatan cilok cenderung dapat menyebabkan keracunan pada anak anak. Ikan tersebut telah terkontiminasi dengan berbagai macam kuman dan bakteri. Saus buatan pedagangpun ikut menjadi bagian yang paling berbahaya yang menjadi faktor pemicu terjadinya keracunan. Keracunan dapat diawali dengan mual, Muntah, Pingsan dan mulut mengeluarkan busa. Tak heran jika bahaya makan cilok paling sering dialami anak anak dan orang dewasa adalah berupa keracunan.
Baca juga : cara mengatasi keracunan makanan

Mawas diri itu penting

Berhati hatilah ketika memilih jajanan untuk putra putri termasuk makanan cilok yang sudah banyak beredar di masyarakat dengan tampilan yang segar dan beraroma khas ikan.Tetapi masih ada pedagang cilok yang memperdagangkan ciloknya dengan menggunakan bahan dasar ikan yang masih bagus dan tanpa campuran formalin, Borak atau pewarna buatan yang berbahaya.

Disarankan selalu mawas diri dan teliti sebelum benar benar memutuskan untuk membeli jajanan cilok. Cilok yang terasa kenyal dengan warna yang cemelang menggoda sertab dijauhi lalat, Cenderung tidak baik untuk anda pilih sebagai makanan ringan , Karena mengandung borak atau formalin dan pewarna buatan. Atau untuk menjaga agar anda tidak tertipu, Cobalah berikan cilok yang anda beli pada seekor kucing, Jika kucing tidak mau menyantapnya maka sudah bisa dipastikan bahwa cilok yang anda beli mengandung formalin. Keadaan yang mawas diri setidaknya dapat mencegah bahaya makan cilok sebelum anda benar benar mengkonsumsinya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 19th, July 2016 / 03:18 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya