Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja di Siang Hari

Sponsors Link

Ketika sedang bekerja, ada banyak godaan khususnya di siang hari, yaitu kebiasaan mengantuk. Sebagian orang pasti setuju dengan hal ini, apalagi kalau pekerjaan cukup menumpuk dan Anda pun merasa lelah. Ditambah lagi, pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan di kantor, akhirnya harus dibawa pulang dan dikerjakan di rumah sampai malam alias begadang.

ads

Esoknya rasa kantuk pun menjadi musuh terbesar selama bekerja. Hal ini akan bertambah parah ketika Anda sudah makan siang di mana rata-rata orang yang merasa kenyang akan merasa ngantuk yang luar biasa. Rasa ngantuk terus-menerus selama berhari-hari tentunya tak baik untuk kesehatan maupun performa Anda, jadi apa cara menghilangkan ngantuk saat bekerja?

(Baca juga: penyebab sering mengantuk – bahaya akibat tidur larut malam bagi kesehatan)

1. Bercanda

Entah Anda bekerja di kantor atau di rumah, bila mengantuk dan pekerjaan masih cukup banyak, maka jangan ragu untuk meluangkan waktu hanya untuk bersenda gurau dengan teman sekerja atau anggota keluarga di rumah. Ini bukan hanya teori bahwa tertawa mampu menjadikan tubuh jauh lebih segar.

Tertawa adalah salah satu cara yang baik untuk membuat tubuh bergerak dan mengusir rasa ngantuk secara efektif. Mengobrol dan bergurau dengan teman baik akan membuat Anda kembali bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa rasa ngantuk.

2. Menonton Video Lucu

Apabila tak bisa bercanda, Anda bisa mencoba cara lainnya untuk mengembalikan kesegaran dan semangat dalam bekerja. Menonton video lucu adalah ide yang sangat cemerlang di mana Anda bisa menemukannya dengan sangat mudah di Internet. Tentunya, hal ini akan lebih baik kalau Anda melakukannya pada jam istirahat dan bukannya di tengah-tengah jam kerja. Tertawalah karena video lucu juga mampu menambah semangat juga.

3. Menari

Ketika sedang bekerja dan rasa ngantuk muncul secara berlebihan, siapkan headphone dan dengarkan lagu yang menjadi kesukaan Anda. Lagu dengan irama cepat adalah yang paling pas untuk menambah semangat dan mencegah rasa ngantuk semakin parah. Pilih lagu yang benar-benar bisa membuat mata Anda melek dan kembali fokus dalam bekerja.

Menarilah sepuasnya saat mendengarkan lagu tersebut paling tidak 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memang, teman-teman atau rekan kerja Anda pasti akan menertawai karena Anda dianggap aneh dan lucu, tapi tak masalah. Pasca mendengarkan lagu favorit ditambah dengan sedikit tarian, dijamin Anda akan terhindar dari rasa ngantuk dan siap bekerja lagi.

(Baca juga: makanan penyebab kantuk)

4. Ngemil

Tak masalah untuk menghindari ngantuk dengan mengemil di saat bekerja asalkan tidak terlalu banyak. Mengemil sedikit saja akan membantu Anda terjaga senantiasa dan tetap bersemangat walau pekerjaan menumpuk. Hanya saja, jauhi makanan yang berat atau bahkan cemilan yang memiliki rasa manis. Cemilan pedas adalah yang paling oke untuk membuat mata melek.

5. Mencuci Muka

Kalau murid sekolah yang ketahuan oleh gurunya tengah mengantuk, pasti gurunya akan meminta sang murid untuk mencuci muka dulu di kamar mandi. Anda juga bisa melakukan hal yang sama ketika sedang bekerja. Rasa ngantuk pun akan hilang seketika Anda mencuci muka karena mata pun bakal kembali segar dan melek.

6. Mendinginkan Kepala

Ngantuk setelah makan pagi dan siang memang adalah hal yang normal, namun hal ini juga cukup mengganggu apabila Anda sedang bekerja di mana pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Dinginkanlah kepala Anda sejenak dengan cara mencipratkan sedikit air dingin ke muka atau menggunakan air es/potongan es batu untuk diletakkan ke area dahi.

(Baca juga: ngantuk saat olahraga)

7. Minum Air Dingin

Cara lain super ampuh untuk membuat Anda segar dan tidak ngantuk saat bekerja adalah dengan meminum air dingin. Anda perlu menyadarkan diri Anda sendiri dan untuk itulah, air super dingin yang sudah dicampur dengan lemon bakal sangat efektif.

sponsored links

Namun pastikan bahwa Anda tidak menambahkan pemanis tambahan seperti gula. Semakin Anda menikmati air dingin tersebut, Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa dan rasa ngantuk pun otomatis menjadi hilang. Minumlah sedikit-sedikit dan berkali-kali supaya efeknya bisa dirasakan secara maksimal.

8. Mengolah Otak

Untuk cara lainnya yang cukup ampuh membuat mata melek adalah dengan memancing otak supaya bekerja lebih. Tahukah Anda bahwa mengisi teka-teki silang atau TTS adalah ide yang bagus. Jika Anda suka main games, Sudoku juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau, bersaing adu cepat dengan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan juga sangat menyenangkan dan otomatis membuat Anda tidak ngantuk lagi.

9. Jalan-jalan ke Luar

Apabila Anda bekerja di sebuah ruangan dengan AC ditambah juga cahaya lampu terang dan fokus di depan layar komputer selama beberapa jam, ini tentunya akan membuat mata cenderung ingin dilengketkan. Carilah kesegaran untuk menghilangkan ngantuk dengan berjalan-jalan ke luar selama 15 menit.

Udara segar sangat penting bagi pekerja yang tengah mengantuk atau super bosan, maka tak ada salahnya untuk mengambil waktu sebentar saja untuk ke luar ruangan. Sekadar melihat pemandangan baru akan memicu tubuh Anda menjadi jauh lebih segar berikut juga mata Anda. Sekembalinya bekerja, Anda akan tambah bersemangat dan tidak ngantuk lagi.

(Baca juga: ciri-ciri kurang tidur yang cukup – bahaya tidak tidur di malam hari)

10. Membersihkan Meja Anda

Rasa lelah dan ngantuk akan makin menjadi-jadi saat pekerjaan menumpuk dan meja kelihatan berantakan. Tak hanya semakin ngantuk, jelas Anda juga bakal semakin malas untuk menyelesaikan pekerjaan yang menunggu. Oleh karena itu, rapikan dan bersihkan meja kerja Anda supaya dapat merasakan kesegaran dari meja yang teratur dan tertata dengan baik.

11. Mengenakan Tata Rias Segar

Khusus bagi para wanita, jika Anda mengantuk selama bekerja, silakan untuk membasahi wajah lebih dulu. Lanjutkan dengan mengeringkan wajah menggunakan handuk kecil atau tisu biasa. Apabila membawa toner serta moisturizer, gunakan keduanya dengan mengaplikasikan ke wajah. Oles bedak tipis-tipis ke wajah dan kenakan lip gloss, ini akan membuat wajah kelihatan segar.

12. Minum Teh Hijau

Anda mungkin cukup khawatir juga saat ngantuk melanda di tengah-tengah pekerjaan yang begitu banyak. Saat kantuk muncul setelah makan siang, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi teh hijau supaya menyegarkan kembali pikiran Anda. Karena mengandung antioksidan tinggi, jelas teh hijau pilihan yang lebih baik dan sehat daripada kopi dan kafein.

(Baca juga: efek kekurangan air putih bagi tubuh)

13. Belanja Online

Mengantuk saat sedang bekerja tandanya Anda membutuhkan waktu untuk sedikit intermezo. Mungkin Anda bisa mulai memikirkan membeli hadiah untuk orang terdekat dengan mengunjungi situs-situs toko online untuk berbelanja. Tak hanya para wanita saja yang kini gemar berbelanja online, para pria mungkin juga bisa menggunakan cara ini demi menghilangkan ngantuk.

14. Menggunakan Wewangian

Jika Anda kebetulan selalu membawa parfum atau lotion, maka ini akan sangat membantu ketika Anda dilanda rasa kantuk. Lotion atau parfum dengan aroma yang tidak menyengat adalah yang terbaik karena aroma menyegarkan jauh lebih baik. Oles saja lotion atau parfum tersebut pada pergelangan tangan; jangan pakai aroma lavender karena hanya akan membuat Anda lebih ngantuk. Mengoles di area hidung juga bisa karena efeknya juga jadi lebih terasa.

15. Mengubah Posisi

Penyebab sering mengantuk dan lemas saat bekerja kemungkinan besar adalah posisi tubuh yang duduk dan tidak berubah-ubah. Jadi bila Anda menyadarinya, segeralah mengganti posisi dengan duduk tegak seraya kaki disilangkan. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa ngantuk yang cukup mengganggu.

(Baca juga: efek samping bekam)

Sponsors Link

16. Peregangan

Melakukan peregangan juga adalah ide yang bagus dan hal ini masih ada kaitannya dengan posisi duduk yang terlalu lama tanpa berubah-ubah. Berdirilah sebentar saja dan lakukan peregangan tubuh, baik itu dengan memutar kepala, menarik tangan, maupun meregangkan otot kaki. Kembalilah bekerja setelah sekitar 5-10 menit Anda melakukan peregangan tersebut.

17. Memompa Adrenalin

Bila tadi sudah dianjurkan untuk menonton video yang lucu-lucu dan menyebabkan Anda tertawa, ada alternatif lain yang juga cukup jitu. Hilangkan kantuk dnegan menonton sejumlah trailer film horor atau action. Dijamin rasa ngantuk saat bekerja bakal hilang hanya dalam beberapa menit sesudah menonton trailer-trailer film semacam itu karena adrenalin Anda telah terpompa.

18. Berolahraga

Rekan kerja mungkin akan menganggap Anda aneh bila melakukan olahraga, apalagi di dalam ruangan kantor. Namun olahraga ringan seperti dengan melakukan jumping jack, yoga atau lompat tali sejenak sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda yang tadinya loyo dan gampang ngantuk.

Tak perlu lama-lama untuk melakukan olahraga tersebut karena yang Anda butuhkan hanyalah menggenjot detak jantung supaya denyutnya lebih cepat. Dengan demikian, oksigen yang dikirim ke seluruh tubuh bakal lebih banyak juga. Namun jangan berlebihan, ini malah akan membuat Anda super lelah dan tambah mengantuk.

(Baca juga: kebiasaan baik sebelum tidur malam)

19. Menarik Napas

Ngantuk saat bekerja kerap ditandai dengan seringnya Anda menguap. Sedangkan menurut beberapa penelitian, menguap adalah tanda bahwa otak tidak memperoleh oksigen yang cukup. Untuk menghilangkan kantuk, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam. Selama 5 detik, tahanlah dan selama 5 detik jugalah Anda bisa menghembuskannya. Lakukan beberapa kali sampai tidak ngantuk lagi dan mata menjadi segar.

20. Tidur Cukup

Penyebab utama dari rasa ngantuk sewaktu bekerja jelas adalah kurangnya istirahat dan kualitas tidur. Maka usahakan setiap malam Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sempurna, yakni 8 jam. Tidurlah lebih awal dan jangan biasakan begadang supaya keesokannya selama di tempat kerja Anda tak mudah mengantuk.

(Baca juga: bahaya tidur pagi sebelum jam 11.00 – akibat kurang tidur malam)

Mudah bukan cara-cara menghilangkan ngantuk saat bekerja tersebut? Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa dari ide di atas agar tidak mendapat masalah dalam pekerjaan dikarenakan sering mengantuk.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 17:59 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk