Sponsors Link
     Sponsors Link

20 Kebiasaan Baik Orang Malaysia Wajib Kita Contoh

ads

Kebiasaan baik orang Malaysia merupakan gaya hidup yang memiliki nilai kesopanan sesuai kaidah islam sehingga timbul rasa aman dan nyaman.
Malaysia merupakan negara tetangga yang berjalan pada aturan pemerintahan yang berbentuk kerajaan yang mayoritas beragama islam dan sangat mematuhi aturan yang diberlakukan dinegara tersebut sehingga mereka dapat hidup berdampingan dengan kedisiplinan dan rasa hormat yang tinggi dengan orang lain yang berbeda kultur.

Gaya hidup dan kebiasaan
20 Kebiasaan baik orang Malaysia yang dapat dijadikan suri tauladan

1.Murah senyum
Kebiasaan baik orang malaysia dimulai dengan senyuman ramahnya walaupun kepada orang yang belum dikenal sekalipun. Mereka tidak peduli dengan status dan agama orang lain. Mereka menganggap semua yang berada didalam negaranya entah itu warga asli atau pendatang sama sama sebagai saudara.

2. Menyapa hangat
Orang Malaysia selalu menyapa dengan lemah lembut pada warga asli ataupun orang asing yang berkunjung ke negaranya. Menyapa hangat dengan logat melayu Apa kabar atau How are you dengan bahasa inggris.

3. Memberi salam
Dengan sesama muslim orang orang malaysia selalu mengucapkan Assalamualikum jika berpapasan dijalan pada yang telah atau tyang belum dikenalnya. Mereka menganggap sesama umat muslim walaupun berbeda kultur atau negara sekalipun adalah saudara seperjuangan.

4. Tidak suka berteriak
Orang orang Malaysia tidak suka berteriak teriak ditengah publik karena bagi mereka berteriak adalah sesuatu yang tidak sopan dan dapat mengganggu orang lain. Bicara perlahan dengan santun merupakan kebiasaan baik orang Malaysia hingga saat ini.

5. Tidak suka bergosip
Oarang Malaysia senang berkumpul dan bergaul dengan siappun karena tidak memandang kultur atau agama seseorang. Mereka mengutamakan kebersamaan dan kerukunan diantara perbedaan. Walaupun berkumpul bersama namun mereka tidak suka bergosip membicarakan tentang orang lain.

6. Menunjuk dengan jempol bukan telunjuk
Ketika seorang pendatang atau turis meminta pertolongan maka orang orang Malaysia akan senang hati membantu dengan bahasa yang santun dan ketika menunjukan sesuatu mereka selalu memakai jempol karena dengan menggunakan telunjuk dianggap kurang sopan.

7.Tidak menyukai minuman beralkohol
Orang orang Malaysia tidak suka minuman beralkohol. Mereka menyadari bahawa minuman alkohol diharamkan oleh islam karena dapat mengganggu kesehatan dan ketenangan orang lain, Jika ada segelintir orang yang mengkonsumsi alkohol biasanya tidak akan sampai mabuk.

Sponsors Link

Mereka akan minum seperlunya saja. Mereka sadar betul bahawa alkohol berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh mereka.
Baca juga :pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia

8. Wanita tidak keluar malam
Wanita Malaysia sangat menghormati dirinya sendiri dan keluarga, maka dari itu mereka yang belum atau sudah memilki suami tidak mau keluyuran keluar malam diatas pukul 21 malam. Adab keluar rumah terlalu malam dianggap sangat tidak sopan dan dapat menimbulakn berbagai fitnah serta memicu terjadinya kejahatan.

9. Tidak membuang sampah sembarangan
Orang oarang Malaysia sangat mencintai negara mereka dan tidak rela jika melihat negaranya kotor dengan berbagai sampah. Mereka sadar akan kebersihan, Kerapihan dan keindahan. Sejak usia dini waraga negara Malaysia sudah diberi pengertian dan pemahaman yang benar tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

10.Disiplin berlalu lintas
Oraang Malaysia sangat menghormati pengguna jalan dan aparat kepolisian dengan cara mematuhi segala peraturan lalu lintas dan tidak saling dahulu mendahului dijalan raya. Jika terjadi kemacetan mereka lebih bisa bersabar dan menunggu tanpa ada perasaan kesal, Jenuh atau mengeluh.

11.Tidak merokok sembarangan
Orang Malaysia aselalu merokok pada tempatnya yaitu tempat tempat yang sudah dipersiapkan oleh negara sebagai fasilitas untuk orang orang yang merokok. Kondisi tersebut agar udara tetap dalam kondisi bersih. Aturan yang diberlakuakn negara selalu tidak dilanggar karewna mereka menyadari jika asap rokok berbahaya bagi orang lain dan anak anak kecil.
Baca juga : bahaya Merokok bagi remaja

12.Tidak meludah sembarang tempat

sponsored links

Orang Malaysia tidak meludah sembarangan termasuk dijalan atau taman kota yang minim orang berjalan sekalipun. Mereka menyadari jika meludah disembarang tempat adalah perbuatan yang tidak sopan, Merusak lingkungan dan dapat menjadi media penularan penyakit pada orang lain .

13. Menghormati ibadah agama lain
Orang orang muslim di Malaysia sangat bertoleransi dengan agama lain. Mereka membiarkan agama lain untuk menunaikan ibadahnya masing masing dan tidak pernah melarang ibadah orang lain selama apa yang dilakukanya tersebut tidak merugikan pihak manapun.

14. Berpakaian sopan
Kebiasaan baik orang malaysia adalah menyukai tampilan yang sederhana, Sopan dan tgidak mengumbar aurat. Selain berpakaian diisesuaikan dengan kaidah islam , Cara berpakaian mereka lebih kepada untuk berjalan diatas jalan kesantunan dan menjaga kehormatan diri dan keluarga. Berpakaiaan sopan merupakan contoh yang mudah dari kebiasaan baik orang Malaysia sehari hari. Tahukan anda bahwa 70 persen kepribadian seseorang bisa terbaca dari cara seseorang berpakaian?

15. Menjauhi segala bentuk narkoba
Narkoba atau apapun jenisnya diharamkan untuk berad diMalaysia. Mereka tidak menyukai narkoba untuk hal hal yang tidak baik .Mereka memahami benar bahwa narkotika hanya boleh digunakan untuk prosedur dokter dalam program bedah operasi dan bukan untuk hura hura. Narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan tidak penting untuk dikembangkan didunia manapun kecuali dunia kedokteran.
Baca juga :cara menghindari narkoba dan dampak negatifnya

16. Buka alas kaki jika bertamu
Kebiasaan baik orang Malaysia yang sama seperti Indonesia adalah ketika bertamu dirumah orang lain, Maka kita harus membuka alas kaki. Memakai alas kaki kedalam rumah saudara sendiripun tetap tidak diperbolehkan, Karena dianggap tidak sopan.

17. Terbiasa dengan budaya antri
Kebiasaan baik orang Malaysia yanag patut ditiru adalah budayan antri. Dalam hal apapun sudah biasa bagi orang orang Malaysia untuk sabar antri. Mereka tidak menyukai hal hal yang dipaksakan harus yang paling pertama, Namun mereka menghargai orang orang yang sudah lebih dahulu antri dibanding anda. Mereka sadar jika menunggu adalah hal yang membosankan dan memerlukan kesabaran dan hati yang besar, Maka dari itu mereka tidak akan menikung antri orang lain.

18. Demonstrasi selalu ramah
Jika ada perusahaan atau instansi lain yang ingin melakauakn demonstrasi maka mereka akan melakukannya dengan damai dan santun tanpa harus ada kekerasan, Lempar batu atau teriakan menghujat seseorang. Mereka sangat menghargai perasaan orang lain dan lebih menyukai demonstrasi yang terorganisir dengan baik . Karena cara seperti itulah apapun yang akan dicapai dapat sukses dengan lancar karena diimbangi dengan pola pikir yang tenang dan kepala dingin.

19. Anak usia dini diajarkan mengaji
DiMalaysia orang muslim sudah memperkenalkan alqur’an pada anak anak usia dini. Mereka sadar diusia itulah mereka akan mudah mencerna dan memahami apa yang ada didalam alqu’an. Mereka lebih mudah bisa belajar huruf arab dan berlatih mengaji secara bertahap tetapi teratur sehingga ketika remaja mereka sudah pandai dan fasih dalam mengaji.

20. Mayoritas mampu berbahasa inggris
Hampir seluruh warga Malaysia dapat berbahasa inggris. Mereka mau belajar dan bersemanagat ingin bisa berbahasa inggris, Karena mereka sadar bahasa inggris adalaah bahasa internasional yang akan dibutuhkan diberbagai lembaga pekerjaan, Pergaulan, bisnis , Pendidikan dan baik untuk kemajuan negara itu sendiri dimata dunia. Kebiasaan baik orang Malaysia adalah semangat dan mau belajar bahasa inggris.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 08th, July 2016 / 13:39 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik