7 Penyebab Air Mata Keluar Sendiri Perlu Dikenali dan Diwaspadai

249

Menangis adalah hal yang wajar sebagai bentuk ekspresi rasa sedih, cemas, senang, terharu, hingga marah. Namun bagaimana kalau air mata suka keluar dengan sendirinya? Mata kerap berair padahal tidak sedang merasakan perasaan tertentu yang membuat air mata seharusnya keluar. Ini dia deretan kemungkinan penyebab air mata keluar sendiri yang bisa diperhatikan.

  1. Mencegah Mata Kering

Air mata keluar sendiri dan terjadi terus-menerus dapat terjadi karena sebenarnya ini adalah cara mata untuk memberi perlindungan bagi dirinya dari debu atau pengaruh lingkungan yang buruk. Agar debu tak kemudian masuk ke mata dan menyebabkan iritasi, maka air mata dapat keluar ketika kondisi lingkungan sedang buruk.

Air mata yang keluar biasanya mampu memberi proteksi pada mata dari kekeringan yang menjaga supaya kelembaban mata tetap pada tingkat yang baik. Jikapun ada debu yang telanjur masuk, air mata inilah yang akan mengeluarkannya. Ada kemungkinan faktor daerah tempat tinggal atau aktivitas tertentu memicu air mata sering keluar karena polusi.

  1. Alergi

Mungkin tanpa disadari, diri kita memiliki suatu jenis alergi yang kemudian membuat air mata sering keluar sendiri disertai dengan kemerahan di bagian putihnya. Jika begini, produksi air mata pun meningkat; maka coba ingat-ingat kembali apakah diri kita terlalu banyak kontak dengan alergen seperti serbuk bunga, bulu hewan hingga debu.

  1. Gangguan Tidur

Jika seringkali kita mengalami yang namanya sleep apnea, maka sebenarnya tak hanya mendengkur saja akibatnya. Mata pun dapat terbuka sewaktu kita tertidur sehingga mata jadi mudah berair. Waktu tidur yang kurang seperti insomnia pun harus diwaspadai sebagai salah satu penyebab air mata sering keluar karena mata kurang istirahat.

  1. Efek Makeup

Para wanita yang mengenakan makeup setiap hari, ada kalanya mungkin lupa atau malas untuk membersihkan riasan wajah. Ingat bahwa eyeliner, maskara dan eyeshadow yang secara tak sengaja masuk ke dalam mata mampu membuat mata berair yang kerap disertai dengan rasa gatal. Kalaupun sudah dibersihkan, ada kemungkinan masih ada sisa riasan mata karena pada bagian bulu mata biasanya agak sulit.

  1. Mata Lelah

Selain mata kurang istirahat karena gangguan tidur, bisa jadi mata lelah yang disebabkan oleh seringnya bermain ponsel dan juga menatap layar komputer terlalu lama. Air mata jadi mudah keluar dengan sendirinya di kala mata butuh istirahat. Pastikan bila mata tertuju pada layar komputer atau ponsel selama 20 menit, istirahatlah 20 detik dengan mengalihkan pandangan ke benda atau suatu hal yang jauh.

  1. Sumbatan di Saluran Air Mata

Fungsi utama dari saluran air mata adalah sebagai penyalur air mata menuju permukaan mata, namun selalu ada kondisi tak terduga, semacam saluran air mata yang tersumbat. Bila sumbatan ini terjadi, air mata bisa jadi menimbun yang kemudian menjadi alasan dibalik seringnya air mata kita keluar sendiri.

  1. Penyakit Tertentu

Gejala flu dapat menjadi alasan kenapa akhir-akhir ini air mata sering keluar sendiri lho. Gangguan di kelopak mata, masalah di bagian kornea, infeksi mata, kondisi pertumbuhan bulu mata ke arah dalam, Bell’s Palsy, serta disfungsi kelenjar minyak merupakan contoh beberapa gangguan kesehatan mata yang juga dapat menyebabkan air mata keluar sendiri.

Ketika penyebab air mata keluar sendiri adalah mata yang terlalu lelah, beristirahatlah agar mata merasa rileks. Saat mata kering, pastikan tetesi dengan obat mata agar kelembabannya terjaga dengan baik. Namun bila penyebabnya adalah salah satu dari gangguan tidur, alergi hingga penyakit mata lainnya, segera ke dokter dan konsultasikan hal ini khususnya kalau air mata keluar terus-terusan disertai beberapa gejala lain yang mungkin membuat tak nyaman.