6 Fakta Seputar Kesehatan Mata yang Penting Diketahui

263

Sebagai organ yang penting untuk melihat, mata harus selalu dijaga kesehatannya. Namun hingga sekarang banyak sekali fakta dan mitos mengenai mata yang beredar di masyarakat, baik yang bisa dibuktikan kebenarannya maupun tidak. Mata memang organ yang unik, dan sangat sensitif sehingga perlu dijaga dengan baik. Nah, berikut ini terdapat beberapa fakta seputar kesehatan mata yang penting untuk kita ketahui agar lebih peduli dengan kondisi mata yang kita miliki.

1. Pemandangan Hijau Jadikan Mata Lebih Rileks

Jika Anda merasa mata sedang dalam kondisi lelah atau tegang, cobalah untuk beristirahat sejenak dan mengalihkan padangan mata pada pemandangan yang hijau. Cara ini akan sangat membantu merilekskan otot mata yang tegang dan menjernihkan padangan mata. Selain itu, mengalihkan fokus pada titik terjauh jika bisa membantu melonggarkan ketegangan pada saraf mata yang sedang lelah.

2. Keuntungan Bola Mata Berwarna Gelap

Orang Indonesia mungkin sangat iri melihat mata orang barat yang berwarna hijau, biru atau coklat. Namun, bola mata berwarna hitam yang kita miliki jauh lebih menguntungkan karena kaya akan pigmen yang melindungi mata dari sinar UV. Justru yang berwarna cerah akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan pada mata.

3. Makanan yang Baik untuk Mata

Wortel memang menjadi salah satu makanan yang paling mudah diingat jika kita berbicara soal nutrisi yang dibutuhkan mata. Namun tentu saja tidak hanya wortel yang dapat diandalkan untuk menutrisi mata dengan baik. Setiap buah dan sayur yang berwarna merah sejatinya sangat baik untuk mata karena kaya vitamin A dan antioksidan serta berbagai mineral yang dibutuhkan mata. Buah untuk kesehatan mata juga sebaiknya mengandung siasantin dan glutein sehingga saraf mata lebih terlindungi.

4. Membaca di Tempat Gelap Tidak Merusak Mata

Di masyarakat  hingga saat ini, mitos mengenai rusaknya mata karena sering membaca di tempat yang gelap masih saja terus dipercaya. Padahal, membaca atau menonton di tempat yang gelap tidak akan merusak mata baik saraf maupun jaringannya. Hanya saja, mata menjadi sangat lelah dan tegang karena terlalu dipaksa untuk pokus meski suasana gelap.

5. Kacamata Tidak Menyebabkan Plus dan Minus Bertambah

Banyak orang yang enggan menggunakan kacamata karena takut minus atau plus yang dialaminya semakin bertambah. Padahal, alat bantu seperti kacamata tersebut tidak akan membuat minus berambah. Bertambahnya minus atau plus yang dialami seseorang dikarenakan jarak antara lensa dengan retina yang bertambah panjang seiring bertambahnya usia.

6. Mata Minus Dapat Disembuhkan

Nah, hampir semua orang percaya kalau mata minus tidak dapat disembuhkan dan setiap tahunnya akan bertambah parah. Padahal, jika cepat diketahui maka gangguan pada mata bisa disembuhkan. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan mata dan rutin memeriksakannya ke dokter untuk memantau kondisi mata.

Nah, itulah fakta tentang kesehatan mata yang seharusnya kita pahami lebih dalam agar bisa mempertahankan kesehatan pada organ mata. Jika mata sehat, tentu aktivitas akan berjalan lancar dan padangan dapat lebih fokus pada suatu objek.