Wanita Awas! 6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Yang Tidak Diduga

250

Menstruasi menjadi bagian yang sangat khas dari hidup wanita. Menstruasi menjadi tanda dewasa yang biasanya muncul saat berusia 10 sampai 12 tahun. Sejak saat itu menstruasi harus datang setiap bulan jika tidak terjadi kehamilan. Namun terkadang menstruasi menjadi sangat acak dan tidak teratur. Tentu ini hal yang sangat ditunggu oleh wanita dan merasa khawatir jika menstruasi tidak normal. Masalah yang sangat umum adalah menstruasi terkadang datang dan tidak.

Jika begitu, dibawah ini akan dijelaskan mengenai penyebab menstruasi tidak teratur yang tidak diduga.

  1. Efek Olahraga dan Diet

Beberapa cara menurunkan berat badan adalah melakukan olahraga dan diet yang ketat. Tetapi jika Anda melakukan dua hal ini secara berlebihan maka akan membuat hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Tekanan yang berlebihan pada tubuh juga akan mengurangi nutrisi. Akhirnya menstruasi jadi tidak teratur.

  1. Efek Kontrasepsi

Jika sudah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi maka menstruasi tidak teratur bisa karena efek kontrasepsi. Hal ini terjadi karena beberapa alat mengacak sistem hormon yang berusaha untuk mencegah kehamilan. Beberapa alat yang bisa menyebabkan efek samping ini seperti pil KB, suntik KB dan spiral. Jika begitu maka konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

  1. Dampak Stres

Wanita dewasa dan pelajar juga sangat rentan dengan stres. Stres bisa menyebabkan hormon mengacau dan tidak seimbang. Akhirnya ini juga akan memberi efek pada tubuh dimana indung telur tidak memproduksi sel telur yang semestinya. Rahim juga kehilangan kemampuan untuk membuat lapisan darah dan akhirnya menstruasi akan sering terlewat.

  1. Penyakit PCOS

Remaja dan wanita dewasa juga sangat rentan dengan penyakit Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS. Penyakit ini terjadi ketika sistem hormon androgen meningkat dan berlebihan sehingga memicu menstruasi tidak teratur. Dampak serius dari penyakit ini bisa menyebabkan kemandulan, diabetes dan gangguan jantung. Penyakit bisa diobati dengan obat dokter secara teratur dan perubahan gaya hidup yang sehat.

  1. Efek Usia

Semakin tua usia wanita maka tingkat kesuburan akan semakin menurun. Hal ini juga yang akan menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Terlebih untuk wanita yang sudah masuk usia pra menopause maka biasanya menstruasi jadi tidak teratur.

  1. Kondisi Kesehatan

Berbagai jenis penyakit ternyata juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Misalnya saja seperti gangguan tiroid, diabetes, penyakit menular seksual, endometriosis dan gangguan makan akut. Masalah kesehatan ini harus dirawat dengan baik sampai tuntas agar tidak terkena penyakit yang lebih serius seperti kanker rahim.

Itulah semua penyebab menstruasi tidak teratur yang tidak diduga. Biasanya wanita menganggap ini gangguan yang normal sehingga sering diremehkan. Tapi ternyata sangat berbahaya karena menyebabkan penyakit yang lain.