Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 10 Penyebab Tulang Pipi Menonjol Penting Untuk Diketahui

10 Penyebab Tulang Pipi Menonjol Penting Untuk Diketahui

by Erlita

Saat ini, penampilan merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang. Penampilan yang bagus menghasilkan kepercayaan diri yang tinggi. Oleh karena itu, tempat-tempat jenis-jenis operasi bedah atau operasi plastik banyak menjadi alternatif perbaikan bentuk tubuh dan wajah. Salah satu yang banyak diperbaiki, khususnya oleh wanita adalah tulang pipi yang menonjol. Orang menganggap, penampilan yang cantik dan tampan adalah wajah lurus tanpa tulang pipi yang terlihat seperti yang ditampilkan banyak artis Korea.

Nah, sebelum memastikan untuk melakukan perbaikan terhadap tulang pipi sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu penyebab tulang pipi menonjol, seperti di bawah ini.

  1. Anatomis Tulang Sejak Lahir

Setiap orang secara genetis mempunyai bentuk tubuh berbeda sesuai struktur tulang yang membangun tubuhnya. Struktur pulang ini ada turun temurun. Perubahan dapat saja terjadi, namun tergantung dengan pasangan genetisnya. Bisa perubahan drastis, ada juga yang hanya berubah sedikit.

Begitu pula dengan tulang pipi. Struktur tulang pipi dipengaruhi oleh struktur tualang secara genetis. Di mana memang tulang pipi wajah orang asia nampak lebih menonjol. Tulang pipi yang mmebuat jika memadang wajah dari arah samping seperti tidak simetris. Tulang pipi berbeda jika seorang mempunyai keturunan Eropa atau Afrika di garis keturunannya.

  1. Ada Riwayat Patah Tulang Pipi

Penyembuhan patah tulang atau faktur menyebabkan pertumbuhan tulang berbeda dari seharusnya. Hal ini dapat terjadi pada tulang pipi. Jika seseorang punya riwayat atau pernah patah tulang pipi, maka pertumbuhan tulang pipi sesudahnya ada kemungkinan berubah. Apalagi jika patah tulang pipi hanya sebelah. Ada kemungkinan tulang pipi yang satu lebih menonjol dibandingkan yang lain. Patah tulang pipi dapat terjadi karena benturan yang cukup keras pada pipi, misalnya karena kecelakaan mobil atau terjatuh.

  1. Ukuran Otot Tulang Pipi

Ukuran otot tulang pipi mempengaruhi besar kecilnya. Dan ini juga berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang mempunyai tulang atau otot besar dan ada yang kecil. Semua tentunya sesuai manfaatnya masing-masing.

  1. Keaktifan Tulang Pipi

Keaktifan tulang pipi berkaitan dengan pertumbuhan otot. Pernahkah memperhatikan, orang yang lumpuh kaki lama kelamaan kakinya akan terlihat kecil? Pada organ tubuh yang tidak digunakan, otot di sekitarnya akan mengecil. Demikian pula tulang pipi. Bagian tulang pipi yang jarang digerakkan akan mengecil, sementara yang lainnya akan besar. Kaitan dengan gerakan tulang pipi adalah gerakan mengunyah. Dalam kondisi tertentu, misalnya gigi graham satu sisi sakit atau tulang pipi sakit, maka gerakan mengunyah akan dilakukan geraham sisi lainnya.

  1. Komposisi dan Distribusi Lemak di Pipi

Penyebab tulang pipi menonjol selanjutnya adalah komposisi dan distribusi lemak di pipi. Tulang pipi bisa saja kecil. Namun jika distribusi lemak pipi banyak alias pipi tembem, maka akan terlihat menonjol. Ini seringkali bermasalah dibandingkan tulang pipi menonjol pada orang yang dengan postur tubuh biasa atau langsing.

Tulang pipi yang menonjol akibat kegemukan atau distribusi lemak pada tulang pipi yang berlebihan dapat diatasi dengan diet sehat. diet mengurangi berat badan tubuh. Meskipun tidak akan cepat reaksi dari diet pada tulang pipi, hal ini lebih efektif dibandingkan melakukan operasi plastik dengan segala resikonya. Beberapa orang ada yang terlihat tembem di pipinya karena sedikit saja kelebihan berat badan akan langsung didistribusikan ke pipi.  Orang yang memiliki gejala obesitas, otomatis pipinya tembem dan tulang pipi lebih terlihat lebih besar.

  1. Riwayat Luka Tulang Pipi

Luka dapat menyebabkan benjolan. Jika luka cukup serius , meskipun sudah sembuh dapat menimbulkan bekas yang tidak mudah hilang. Apalagi jika luka dialami ketika orang sudah dewasa. Luka pada orang dewasa tidak secepat penyembuhan pada anak kecil.

  1. Kurus

Orang yang kurus, tulang pipinya akan nampak menonjol. Atau dapat dikatakan, pipi akan terlihat cekung dibandingkan tulang pipi atas. Jika orang kurus ditambah dengan kelelahan, di mana energi yang dikeluarkan tidak sama degan energi yang masuk, kantung mata terlihat membesar. Tulang pipi akan semakin nampak menonjol.

  1. Anemia Kronis

Gejala anemia kronis yang tidak bisa diobati seperti thalassemia dan sickle cell anemia akan membuat tubuh tidak dapat menyerap makanan dengan optimal. Selanjutnya tubuh akan merasa selalu letih, lelah, dan lesu. Gejala selanjutnya akan tampak pada wajah. Sama dengan orang di mana asupannya tidak seimbang dengan pengeluaran, tulang pipi akan nampak menonjol. Orang yang menderita penyakit ini, harus mendapatkan tranfusi darah secara teratur. Thalassemia termasuk penyakit genetis yang tidak dapat disembuhkan.

  1. Akromegali

Akromegali adalah penyakit atau kondisi di mana hormon pertumbuhan karena suatu hal menyebabkan pertumbuhan tulang secara berlebihan. Semua tulang tubuh lebih besar daripada ukuran normal. Termasuk di dalamnya tulang pipi. Penyakit ini jarang sekali terjadi pada seseorang, namun menjadi salah satu penyebab tulang pipi menonjol.

  1. Faktor Usia

Pernah memperhatikan orang yang kita sebut kakek dan nenek? Tulang pipinya akan nampak lebih menonjol. Semakin tua usia seseorang maka kulit yang menutupi tulang akan semakin mengendur dan kehilangan elastisitasnya. Lemak di bawah kulit juga semakin sedikit. Kondisi demikian menyebabkan tulang pipi menonjol. Dan ini merupakan proses yang harus dijalan seseorang dalam fase kehidupannya. Sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari.

Ada berbagai penyebab tulang pipi menonjol. Umumnya, jika tulang pipi menonjol merupakan penyakit yang harus diobati seperti patah tulang atau luka, maka pengobatan bisa dikonsultasikan dengan dokter. Begitu pula dengan kondisi penyakit anemia kronis atau akromegali. Selain penyakit tersebut, rasanya sudah kewajiban manusia menerima segala anugerah bentuk wajah yang diberikan Tuhan. Kecantikan tidak selalu dinilai berdasarkan fisik semata. seseorang akan nampak lebih cantik, jika kecantikan dipadukan dengan cantik dari dalam atau istilahnya inner beauty.

Namun, jika ingin tetap melakukan perbaikan pada bentuk wajah, maka itu adalah pilihan dengan segala resikonya. Pastikan bahwa untuk melakukan operasi plastik, sudah berkonsultasi pada dokter yang ahli dan dilakukan di rumah sakit dengan peralatan atau teknologi modern yang lengkap. Ini diperlukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi di setiap operasi.

Demikianlah sekilas informasi tentang penyebab tulang pipi menonjol yang kiranya bermanfaat dan membuat Anda lebih waspada terhadap kondisi ini.

You may also like