Home Featured Waspadai 5 Penyakit Ini Yang Sering Menyerang Orang Tua

Waspadai 5 Penyakit Ini Yang Sering Menyerang Orang Tua

by Putri Yohani Masnun

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak penurunan fungsi tubuh, termasuk ikut melemahnya sistem imunitas tubuh. Berbagai organ tubuh tidak lagi berfungsi dengan optimal, proses metabolisme berjalan dengan lambat dan dan berbagai kondisi lainnya menyebabkan tubuh orang yang sudah berusia lanjut menjadi lemah.

Menurunnya kekuatan dan daya tahan tubuh tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatannya, dan dalam kondisi seperti ini berbagai penyakit bisa saja muncul. Meski juga dapat menyerang orang yang masih muda, beberapa penyakit berikut ini lebih sering menyerang orang tua sehingga perlu untuk diwaspadai.

  1. Cedera Fisik

Semakin tua, otot tubuh akan semakin kendur. Sendi dan tulang pun mengalami masalah hingga menyebabkan terjadinya ciri-ciri osteoporosis dan osteoarthritis. Kondisi ini akan membuat orang tua rentan mengalami cedera fisik, baik itu karena patah tulang atau terjatuh saat beraktivitas. Hal ini akan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk, karena itu kesehatan tulang harus selalu terjaga.

2. Penyakit Kronis yang Berbahaya

Berbagai penyakit degeneratif banyak sekali muncul pada orang yang telah berusia lanjut, seperti penyakit jantung, stroke, bahaya diabetes hingga penyakit kanker yang sangat mematikan. Penyakit tersebut sangat berbahaya, bahkan menjadi penyebab terbesar kasus kematian di berbagai negara. Biasanya penyakit kronis muncul dikarenakan pola makan yang tidak terkontrol saat masih muda sehingga beresiko mengalami obesitas.

3. Gangguan Asupan Nutrisi

Para lansia umumnya mengalami gangguan metabolisme mulai dari yang ringan hingga berat. Kesulitan mengunyah makanan dan penurunan fungsi organ pencernaan dalam mencerna dan menyerap nutrisi, menyebabkan orang tua kerap mengalami gangguan asupan nutrisi. Tidak heran bila mereka semakin lemah dan akhirnya mudah jatuh sakit karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Mengalami Depresi

Ada banyak hal yang dapat membuat orang tua merasa tertekan dan stres, hingga akhirnya mengalami depresi yang cukup berat. Beban pikiran yang dipendam terlalu lama akan menyebabkan emosi tidak terkontrol, mudah marah dan tersinggung, sakit kepala hingga tak jarang beberapa di antaranya memilih untuk mengakhiri hidup. Untuk menghindari hal ini, dukungan dari keluarga dekat sangat dibutuhkan.

5. Penyakit Demensia

Demensia menjadi penyakit yang kerap dialami lansia yang menderita gangguan kesehatan kognitif. Seperti yang kita tahu kemampuan kognitif berkaitan erat dengan daya pikir dan daya ingat. Karena itu orang tua yang mengalami demensia akan mengalami gangguan ingatan dan diperlukan terapi demensia untuk mengurangi gejalanya. Kondisi ini tentu dapat menghalangi aktivitas dan secara tidak langsung juga dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Penyakit di atas memang dapat membahayakan hidup para lansia, namun bukan berarti tidak dapat dicegah. Sebaiknya saat masih berusia muda, terapkanlah pola hidup yang sehat dan melakukan medical check up secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan tubuh. Jadi penyakit tersebut sebisa mungkin dapat dihindari di masa tua.

You may also like