Home Featured 5 Penyakit yang Menyebabkan Keringat Berlebihan, Harus Waspada!

5 Penyakit yang Menyebabkan Keringat Berlebihan, Harus Waspada!

by Tri Astuti

Ketika Anda berolahraga maka tubuh Anda akan mengeluarkan keringat. Ketika cuaca sedang panas maka tubuh Anda juga akan mengeluarkan keringat. Keringat menjadi salah satu hasil sekresi tubuh yang keluar lewat kelenjar keringat. Tapi munculnya keringat berlebih juga menjadi indikasi penyakit yang cukup serius.

Masalahnya mungkin Anda kurang peka terhadap kondisi tubuh sehingga perlu mencari tahu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyebabkan keringat berlebihan.

  1. Penyakit Hyperhidrosis

Jika Anda mengalami keringat di telapak tangan dan kaki secara berlebihan maka Anda harus curiga. Kondisi ini mungkin bisa disebabkan karena hiperhidrosis. Penyakit ini akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat yang banyak meskipun tubuh tidak sedang aktif dan cuaca tidak panas. Penyakit ini biasanya diatasi dengan pemberian resep antiperspirant baik itu berbentuk krim atau gel. Tapi jika tidak berkurang maka perawatan dokter sangat diperlukan.

  1. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab keringat berlebihan. Manusia memiliki dua jenis kelenjar keringat yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin terletak pada pangkal paha dan ketiak. Kelenjar ini akan menghasilkan cairan putih seperti susu dan berbau ketika bertemu dengan bakteri dan kotoran. Kelenjar ini ternyata berhubungan dengan kondisi emosi. Sehingga semakin Anda stres maka keringat akan semakin berbau.

  1. Kadar Gula Darah Rendah

Salah satu kondisi yang menyebabkan keringat keluar secara berlebihan adalah karena kadar gula darah tubuh Anda terlalu rendah. Ini kondisi yang terjadi ketika kadar gula darah kurang dari 70 miligram per desiliter. Biasanya masalah ini berhubungan dengan tingkat stres dan pelepasan hormon adrenalin yang terlalu banyak. Ciri ciri gula darah rendah yang lain seperti mual, sakit kepala, mudah emosi, detak jantung sangat cepat, lemah dan pingsan.

  1. Kadar Elektrolit yang Rendah

Ketika dalam tubuh Anda memiliki kadar elektrolit yang rendah maka bisa menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan. Kondisi ini terjadi ketika natrium dalam tubuh tidak seimbang. Kondisi yang perlu diperhatikan seperti kram otot dan tidak nyaman. Karena itu penting untuk mengganti kadar natrium yang terlalu rendah dengan cairan elektrolit. Cara lain adalah dengan mengonsumsi kacang, cairan elektrolit, dan konsumsi makanan asin.

  1. Dehidrasi

Ternyata ketika tubuh mengalami dehidrasi maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Bahkan Anda bisa merasa harus berganti baju lebih sering. Salah satu cara untuk memastikan jika tubuh sedang dehidrasi adalah dari warna air kencing. Jika urin berwarna pucat bercampur gelap maka segera minum air mineral. Kondisi ini juga harus diperhatikan, termasuk ketika sedang berolahraga.

Itulah semua penyakit yang menyebabkan keringat berlebihan. Ternyata keringat tidak selalu menunjukkan kondisi tubuh yang sehat. Anda harus waspada dengan gejala yang lain sehingga segera bisa mengatasi kondisi penyakit tersebut.

You may also like