10 Bahaya Tangan Kebas yang Penting Anda Ketahui

724

Kebas atau yang kebanyakan orang menyebutnya dengan nama kesemutan ini merupakan salah satu kondisi dimana tubuh merasakan sesuatu yang menggelitik atau seperti ditusuk-tusuk kecil. Hampir kebanyakan orang mengalami hal demikian. Sebab hal ini oleh beberapa orang dianggap menjadi sesuatu hal yang lumrah, biasa dan sering dialami. Namun tidak semua orang mengetahui bahaya yang diakibatkan bebarengan dengan gejala kebas di dalam tubuh. Sebab kehadiran kebas di dalam tubuh bisa menjadi petanda akan adanya sebuah gejala/penyakit yang ada dalam tubuh. Gejala kebas umumnya terjadi di beberapa bagian tubuh, yang paling sering adalah di bagian tangan. Untuk penting rasanya Anda mengetahui beberapa bahaya tangan yang mengalami kebas. Berikut dalam artikel ini akan dibahas sepuluh bahaya tangan kebas.

  1. Dimungkinkan terjadinya Cidera Syaraf

Bahaya pertama yang perlu Anda waspadai ketika tangan mengalami pegas adalah kemungkinan terjadinya cidera pada saraf. Sebab kehadiran kebas atau kesemutan ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada saraf yang mengalami cidera. Umumnya orang yang mengalami gejala ini akan merasakan pegas yang sangat luar biasa, sampai-sampai tangan mati rasa. Selain itu dibarengi dengan rasa panas, serta warna kulit akan berubah warna menjadi kemerahan, bahkan ada juga yang berupa menjadi warna biru.

  1. Munculnya Penyakit Rematik

Bahaya selanjutnya yang dapat muncul akibat tangan kebas adalah adanya penyakit rematik yang terjadi di bagi tubuh. Sebab rematik bisa membuat gejala kebas ini di bagian tubuh, yakni kanan. Jika gejala ini sembuh biasanya rasa kebas pun juga akan berangsur sembuh.

  1. Retak Tulang

Bahaya selanjutnya yang muncul ketika tangan mengalami kebas adalah retak tulang. Sebab tulang ini akan membuat beberapa organ tubuh di bagian itu akan mengalami gangguan. Sehingga peredaran darah yang menjurus ke bagian tangan akan terganggu. Sehingga tubuh akan mengalami kesemutan. Bahaya ini akan terasa kesemutan yang sangat luar biasa, bahkan tangan akan terasa seakan mati rasa. Selain itu juga akan dibarengi dengan rasa sakit yang luar biasa. Baca juga penyembuhan patah tulang.

  1. Strok Ringan

Bahaya selanjutnya yang ditimbulkan ketika tangan mengalami kebas adalah strok ringan. Hal ini disebabkan di bagian tangan mengalami penyumbatan darah sehingga mengganggu saraf di bagian tangan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebab akan mengakibatkan sesuatu yang fatal pada diri Anda. Kemungkinan buruknya bisa mengakibatkan tangan tidak dapat bergerak.

  1. Cidera Pada Tangan

Bahaya selanjutnya yang dimunculkan adalah adanya cidera pada tangan. Hal ini yang perlu dicurigai ketika tangan sering mengalami kesemutan yang tidak biasanya, artinya dibarengi dengan rasa sakit, dan nyeri yang sangat luar biasa. Selain itu warna kulit yang mengalami kesemutan akan berubah warna menjadi kemerah-merahan atau bahkan biru ke hitam-hitaman. Hal ini sebagai tanda adanya cidera di bagian tangan. Baca juga cara mencegah tulang keropos.

  1. Diabetes

Bahaya selanjutnya yang dimunculkan ketika tangan mengalami pegas adalah diabetes. Sebab pegas yang muncul pada tangan ini bisa diakibatkan adanya kerusakan pada bagian pembuluh darah, sehingga aliran darah dan gerakan saraf menjadi terganggu. Makan gejala kebas pun akan dialami oleh seseorang. Bahaya ini tentu sangat menakutkan. Untuk itu antisipasi cepat penting dibutuhkan agar tidak berangsur berdampak buruk bagi kesehatan. Baca juga jenis-jenis diabetes

  1. Syndrom Raynaud

Bahaya selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui ketika tangan mengalami kebas adalah syndrome raynad. Sindrom ini merupakan salah satu sindrom yang mengerikan. Sebab berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahaya yang dimunculkan akibat tangan kebas yang satu ini tentu penting untuk dipahami agar tidak berangsur dan berdampak lebih buruk bagi kesehatan.

  1. Terjadnya Mal Nutrisi

Salah satu bahaya tangan pegas adalah terjadinya mal nutrisi. Mal nutrisi ini diakibatkan oleh kekurangan gizi. Untuk itu gejala demikian dapat memicu resiko terjadinya pegas pada bagian tangan. Untuk itu bahaya ini tidak kalah dipelajari agar tidak berdampak lebih buruk bagi tubuh. Untuk itu makan makanan yang bernutrisi secara teratur bisa menjadi salah satu cara mengantisipasinya agar rasa pegas di bagian tangan dapat bida sembuh.

  1. Gejala Arthritis

Bahaya selanjutnya yang dimunculkan akibat tangan pegas adalah adanya gejala arthritis. Di mana darah mengalami pengkapuran. Sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar, sehingga bisa kebas bisa menjadi salah satu tanda akan gejala ini. Hal ini juga perlu diantisipasi sebab gejala arthiritis bisa berdampak memunculkan penyakit yang lainnya.  Baca juga cara menjaga kesehatan peredaran darah

  1. Kerusakan Saraf

Bahaya selanjutnya yang dimuculkan akibat tangan mengalami pegas yakni kemungkinan terjadinya kerusakan saraf. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi, cidera atau akibat keseringan mengkonsumsi alkohol. Bahaya ini penting untuk diantisipasi agar tidak berdampak lebih membahayakan bagi tubuh. Jika sampai berangsur bisa-bisa tangan tidak bisa lagi bergerak, sebab peredaran darah terganggu.