Home Featured Benarkah Penyebab Tipes karena Kecapean? Ini Jawabannya

Benarkah Penyebab Tipes karena Kecapean? Ini Jawabannya

by Putri Yohani Masnun

Penyakit tipes banyak ditemukan di negara berkembang termasuk Indonesia, dan kerap dikaitkan dengan kecapean atau terlalu banyak aktvitas. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut. Saat makanan atau minuman yang terkontaminasi dikonsumsi, maka bakteri akan masuk ke usus dan berkembang biak dengan cepat. Keberadaan bakteri penyakit tipes menyebabkan sistem pencernaan terganggu dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa faktor resiko yang memicu seseorang terkena penyakit tipes biasanya dikarenakan sanitasi yang buruk, mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, tidak cuci tangan setelah buang air besar dan terpapar feses yang terdapat bakteri S. typhi. Tipes biasanya ditandai dengan gejala demam tifoid seperti:

Benarkah Penyebab Tipes karena Kecapean?

Umumnya memang orang-orang terserang penyakit tipes setelah melakukan aktivitas yang berat dan terlalu padat hingga kelelahan. Karena itu, masyarakat menganggap penyakit ini muncul dikarenakan seseorang kecapean. Padahal, sebenarnya penyakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang saluran pencernaan. Orang yang mengalami penyakit tipes dalam kondisi lelah sebenarnya dikarenakan daya tahan tubuhnya yang menurun.

Seperti yang kita tahu, dalam keadaan kecapean, tubuh akan merasa sangat lelah hingga sistem imunitas tubuh melemah. Kondisi ini menyebabkan bakteri S. typhi yang memang sudah masuk ke dalam tubuh lebih mudah menginfeksi saluran pencernaan. Berbeda halnya jika daya tahan tubuh sedang baik, bakteri tidak dapat berkembang karena sistem kekebalan tubuh akan langsung melawan bakteri tersebut hingga mati. Itulah mengapa saat kecapean kita mudah terserang penyakit tipes. Bukan karena kecapean yang dialami, melainkan karena daya tahan tubuh yang menurun menyebabkan bakteri lebih mudah berkembang biak.

Selain karena kecapean, ada beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang mungkin tanpa kita sadari dilakukan secara rutin, dan kebiasaan tersebut dapat memicu munculnya penyakit tipes. Kebiasaan tersebut antara lain:

  • suka jajan sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan sekitar tempat berjualan
  • sering menggunakan toilet umum atau toilet yang kotor
  • mengkonsumsi air minum yang kotor
  • tidak memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Meski penyakit tipes sering muncul di masyarakatdan sudah dianggap penyakit biasa, bukan berarti kita bisa mengabaikan penyakit ini. Penyakit tipes yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan kompilkasi, seperti kebocoran usus dan pendarahan internal. Jika bakteri masuk ke dalam aliran darah, maka fungsi organ tubuh lainnya juga dapat terganggu. Kondisi ini tentu dapat membahayakan nyawa penderitanya Jika salah satu atau semua gejala penyakit tipes muncul, segeralah pergi ke rumah sakit agar ditangani dengan cepat dan bisa segera sembuh.

You may also like