Minyak Peppermint Sehat Untuk Rambut, Intip 5 Manfaatnya

85

Belum banyak yang tahu kalau minyak esensial seperti minyak peppermint kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A dan mineral-mineral lainnya yang tak hanya baik untuk kulit tapi juga sehat bagi rambut. Untuk kesehatan rambut, berikut ini adalah sederet manfaat minyak peppermint yang perlu diketahui.

  1. Meningkatkan Kelembaban Rambut

Untuk yang memiliki masalah rambut rentan rusak dan sangat kering, cobalah lembabkan dan lembutkan dengan minyak peppermint. Kabar baiknya, minyak ini juga berfungsi mengunci kelembaban sehingga tak akan cepat hilang atau luntur di mana rambut lebih lembab jelas akan membuatnya tampak sehat.

  • Minyak peppermint beberapa tetes dapat dicampurkan bersama dengan carrier oil (minyak pelarut) agar minyak esensial peppermint bisa larut.
  • Minyak pelarut bisa apa saja, seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak alpukat, minyak biji anggur, minyak jojoba, minyak bunga matahari atau minyak wijen.
  • Setelah tercampur dengan rata, terapkan pada seluruh rambut, gunakan shower cap setelahnya.
  • Usai kurang lebih 30 menit, barulah bilas bersih rambut menggunakan air biasa atau mengeramasinya.
  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Kita tahu betul bahwa mentol di dalam minyak peppermint di mana kandungan ini cukup tinggi yang siap merevitalisasi rambut. Selain itu, minyak ini juga memberikan aroma menyegarkan yang ternyata malah sangat kuat bagi kutu-kutu di kulit kepala dan rambut.

  • Sebagai penghilang kutu rambut yang membandel, segera oleskan secukupnya minyak peppermint setiap sebelum tidur pada kulit kepala maupun rambut.
  • Gunakan shower cap atau apapun yang bisa membantu menutup kepala semalaman.
  • Barulah keesokan paginya Anda bisa cuci rambut sampai bersih; lakukan rutin sampai kutu benar-benar hilang demi mencegah bahaya kutu rambut.
  1. Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Iritasi

Ketika bukan lagi hanya rambut yang tampak kering dan kusam, tapi juga kulit kepala, segera atasi menggunakan minyak esensial peppermint. Jika kulit kepala rentan kering dan bahkan memicu iritasi, cegah dan tangani menggunakan kombinasi minyak peppermint dengan campuran minyak lainnya (carrier oil apapun seperti yang telah disebutkan sebelumnya).

  • Campurkan minyak peppermint secukupnya dengan carrier oil apapun yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda; namun akan lebih baik kalau dicampur dengan minyak zaitun atau minyak almond.
  • Setelah campuran ini rata, terapkan pada kulit kepala secara menyeluruh, tunggu 30 menit lamanya.
  • Pakai air biasa untuk membilas bersih kulit kepala yang Anda rawat dengan minyak peppermint.
  • Tak hanya rambut yang akan jadi lembab, kulit kepala pun dapat terhindar dari kekeringan dan iritasi, apalagi kalau menggunakan cara ini secara teratur.
  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok apalagi terlalu banyak tiap kali menyisir rambut jelas saja bikin makin stres bukan? Namun dengan minyak peppermint sebenarnya bisa diatasi dengan alami dan mudah; caranya cukup oles minyak peppermint secara merata pada kulit kepala sebagai cara melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Jika melakukan cara ini rutin, tentu pertumbuhan rambut akan jauh lebih baik.

  1. Memperkuat Akar Rambut

Selain mampu membantu menumbuhkan rambut yang sempat rontok, pertumbuhan rambut baru jelas akan jauh lebih kuat dari sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki akar rambut rapuh, mengoleskan minyak peppermint yang telah dicampurkan bersama minyak kelapa secara rutin pada kulit kepala akan memperkuat akar rambut dan menjadi pencegah kerontokan rambut lebih lanjut.

Demi mencegah bahaya rambut rontok berlebihan, rambut dan kulit kepala kering, serta kutu rambut, pertimbangkan pemakaian minyak peppermint. Kombinasikan dengan carrier oil yang tentunya memiliki manfaat sama besarnya untuk rambut agar mampu menjaga kesehatan rambut dengan baik.