Inilah 5 Tips Hilangkan Ketombe di Kepala Secara Alami

40

Ketombe adalah salah satu permasalahan rambut yang sering membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan ketombe bisa membuat anda selalu merasa gatal. Ketombe memang harus dapat dijauhkan dari kulit kepala agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan adanya rasa gatal yang ditimbulkan ketombe. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan bahan-bahan alami, seperti berikut :

1. Sampo + minyak pohon teh

Salah satu cara menghilangkan ketombe di kepala adalah dengan menggunakan sampo yang ditambahkan minyak pohon teh, karena minyak pohon teh atau teatree oil memiliki kandungan yang mampu membasmi bakteri dan jamur. Cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu tinggal tambahkan minyak pohon teh sedikit saja ke shampo dan bilaskan ke bagian rambut saat mandi.

2. Minyak kelapa

Ketombe di rambut juga dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak kelapa dan minyak kelapa yang digunakan adalah minyak yang masih baru atau masih dalam kemasan, jangan gunakan minyak kelapa bekas yang sudah berwarna kegelapan. Kandungan minyak kelapa dipercaya dapat menghilangkan berbagai macam mikroba dan berbagai macam jamur. Cara penggunaannya dilakukan sebelum mandi dan pijatkan minyak kelapa keseluruh bagian kepala secara merata. Diamkan sampai satu jam, kemudian bersihkan dengan menggunakan sampo dan bilasnya rambut sampai bersih seperti biasanya.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang snagat populer di Indonesia dan telah sejak lama menjadi salah satu minyak yang laris di pasaran. Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan gangguan ketombe pada rambut dan cara penggunaannya juga sangatlah mudah, karena tinggal balurkan minyak ke bagian kepala saja. Sisir rapih rambut seperti biasanya dan untuk menggunakan minyak ini janganlah terlalu banyak.

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu tanaman yang memiliki kegunaan untuk menghilangkan ketombe. Tanaman ini mengandung sebuah zat yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu tinggal balurkan gel lidah buayanya ke seluruh bagian kepala, lalu esok harinya bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Putih telur + jeruk nipis

Putih telur mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan jeruk nipis mengandung vitamin c yang bisa melindungi kulit kepala dari berbagai serangan bakteri. Cara penggunaannya sangatlah mudah, karena langsung saja campurkan putih telur dengan sari jeruk nipis dan aduklah sampai merata, serta balurkan keseluruh bagian kepala. Setelah dibiarkan selama kurang lebih 30 menit, bersihkanlah kembali rambut seperti biasanya.

Sekian ulasan ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.