Home Featured Inilah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Inilah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

by Putri Yohani Masnun

Organ pencernaan termasuk salah satu organ penting dalam tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, namun sayangnya organ satu ini juga sangat mudah mengalami berbagai gangguan kesehatan. Untuk mendapatkan asupan nutrisi yang optimal dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan organ pencernaan. Tentunya hal ini lebih baik dilakukan sebagai tindakan preventive sebelum masalah muncul dan menyebabkan fungsi organ tersebut terganggu. Berikut ini ada 5 cara mudah yang bisa dilakukan siapa saja untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

1. Mengkonsumsi Makanan yang Bersih dan Sehat

Makanan yang kita konsumsi sebaiknya tidak hanya sehat, namun juga terjamin kebersihannya baik dari kontaminasi bakteri maupun senyawa kimia dari pestisida. Biasakan untuk mencuci bahan makanan hingga benar-benar bersih, bila perlu rendam beberapa waktu agar kandungan pestisida larut ke dalam air. Selain itu, konsumsi serat juga sangat diperlukan agar proses pencernaan dapat berjalan lancar.

2. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih sangat membantu dalam menetralkan kadar pH yang asam dalam lambung juga tingkat keasaman tubuh. Jika kondisi lambung terlalu asam, makanan justru tidak dapat tercerna dengan baik, bahkan lambung dapat teriritasi hingga menyebabkan perih. Sebaiknya, cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, minimal dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih. Cairan tubuh yang terpenuhi dengan baik akan mendukung proses pencernaan sehingga makanan lebih tercerna dengan sempurna.

3. Menghindari Rokok dan Alkohol

Mengkonsumsi rokok dan alkohol bukanlah kebiasaan hidup yang sehat, justru dengan kebiasaan tersebut berbagai penyakit dapat muncul. Jika ingin mempertahankan kesehatan pencernaan, sebaiknya hindari kedua benda tersebut. Kandungan racun dari rokok dan alkohol dapat meningkatkan kadar asam pada lambung, juga menyebabkan peradangan hingga kanker pada lambung dan usus.

4. Berusaha untuk Tidak Stres

Ternyata, masalah pada organ pencernaan tidak melulu disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, namun juga bisa dikarenakan stres yang berkepanjangan. Saat stres, kadar asam lambung akan jauh meningkat, dan fungsinya akan menurun. Karena itu, sebisa mungkin jauhi stres dan jaga hati serta pikiran agar hidup selalu tenang. Jika perasaan bahagia, maka kesehatan pencernaan pun lebih terjamin.

5. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang mengandung enzim untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik, maka jumlah bakteri baik dalam usus akan meningkat. Sebaliknya, jumlah bakteri busuk yang dapat mengganggu pencernaan dapat ditekan sehingga organ pencernaan menjadi sehat. Kita bisa mendapatkan probiotik dari kimchi, miso, yoghurt dan sereal.

Bagaimana, sangat mudah bukan menjaga kesehatan organ pencernaan? Cara di atas dapat dilakukan siapa saja dan kapan saja. Semakin rutin untuk diaplikasikan maka pencernaan kita akan semakin sehat dan tentunya akan lebih optimal dalam mencerna makanan.

You may also like