25 Cara Mengatasi Sakit Leher Paling Jitu dan Alami

Rasa sakit yang timbul pada leher bisa menjadi penyebab sakit kepala, pembengkakan pada leher, hingga kesulitan menelan atau disfagia. Ada beragam pemicu mengapa leher bisa menjadi sakit atau bahkan kaku dan tegang. Namun bagi Anda yang mengalami hal ini, ada pula beragam cara mengatasi sakit leher ampuh tanpa efek samping layak dicoba.

  1. Latihan Yoga

Tekanan atau rasa sakit di leher bisa dikarenakan stres dan bila memang penyebab dari sakit leher Anda adalah stres, berikut adalah beberapa gerakan atau pose Yoga yang bisa dipraktikkan supaya rasa sakit cepat hilang.

  • Balasana – Gerakan Yoga satu ini dapat dilakukan dengan tujuan meregangkan bagian leher sekaligus punggung Anda.
  • Uttana Shishosana – Gerakan atau pose Yoga ini mampu meregangkan tulang belakang Anda sekaligus memperlancar peredaran darah pada bagian kepala dan leher.
  • Marjariasana – Gerakan yang juga disebut dengan pose kucing ini mampu meregangkan bagian tulang belakang sekaligus otot-otot punggung sehingga rasa sakit di leher akan berkurang.
  • Savasana – Latihan Yoga pada gerakan ini bukan hanya akan merilekskan tubuh, melainkan juga pikiran Anda sambil meredakan stres secara alami.
  • Bharadvajasana – Ketegangan yang menyebabkan rasa sakit di leher dapat teredakan melalui gerakan atau pose Yoga ini. Tak hanya itu, kekakuan pada otot bahu pun mampu berkurang karenanya.
  1. Kompres Dingin

Kompres bagian leher dengan es batu adalah cara yang bisa digunakan oleh Anda secara rutin. Segala bentuk peradangan dan rasa sakit pada leher akan hilang dengan suhu dingin dari kompres ini.

Caranya: Sediakan beberapa es batu yang telah dihancurkan, masukkan ke dalam sebuah kantong plastik, lalu bungkuslah menggunakan kain/handuk tipis. Kompreskan ke leher selama 15 menit dan ulangi perawatan 3 jam sekali dalam waktu 24 jam pertama untuk hasil maksimal.

  1. Menggunakan Cabai Rawit

Capsaicin adalah kandungan di dalam cabai rawit yang menawarkan sifat anti radang dan analgesik pada tubuh penderita sakit leher sehingga akan membantu meredakan rasa sakitnya secara alami.

Caranya: Campurkanlah sesendok teh bubuk cabai bersama dengan minyak zaitun hangat sebanyak 2 sendok makan. Hasil ramuannnya bisa diterapkan langsung ke bagian leher yang sakit sambil memberi sedikit pijatan; ulangi perawatan sehari 2 kali sampai benar-benar sembuh.

  1. Memakai Jahe

Rempah jahe mampu menghilangkan rasa sakit di leher Anda secara alami karena kandungan sifat anti-inflamasinya sehingga juga membantu peningkatan aliran darah pada leher.

Caranya: Rebuslah beberapa irisan jahe segar ke dalam 2 cangkir air selama 10 menit yang bila sudah mendidih bisa diangkat dan Anda saring. Tambahkan madu sesuai selera dan teh jahe pun siap dikonsumsi. Sehari Anda hanya dianjurkan mengonsumsi hingga 3 cangkir teh jahe saja dan dalam beberapa hari pun rasa sakit leher akan mereda; jangan terlalu berlebihan karena efek samping jahe perlu diwaspadai.

  1. Menggunakan Kunyit

Kurkumin di dalam kunyit sudah terkenal sangat berkhasiat dalam membantu meredakan peradangan dan rasa sakit, jadi tak ada salahnya mencoba menggunakannya.

Caranya: Sediakan lebih dulu segelas susu yang kemudian bisa ditambah dengan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh. Panaskan susu yang sudah dicampur dengan bubuk kunyit selama 5 menit di atas api kecil. Angkatlah kemudian dan tambahkan madu secukupnya; ramuan siap dikonsumsi ketika sudah mulai hangat atau dingin. Sehari 2 kali adalah perawatan yang dianjurkan untuk menyembuhkan sakit leher secara total.

  1. Hidroterapi

Dalam terapi mengatasi sakit leher ini, Anda perlu mengguyur bagian leher yang sakit dengan air hangat selama 4 menit (shower hangat). Lalu, bergantilah dengan shower dingin atau mengguyur menggunakan air dingin selama 1 menit. Pengulangan bisa dilakukan sesering mungkin namun sesuaikan dengan kebutuhan leher Anda.

  1. Memakai Minyak Lavender

Terapi pijat menggunakan minyak lavender adalah ide cemerlang bagi penderita sakit leher. Setiap sehabis mandi, Anda bisa menggosok sambil memijatkan minyak lavender pada area leher dan juga bahu jika ingin dengan arah melingkar. Lakukanlah 10 menit lamanya dan perawatan bisa diulangi sesering yang Anda butuhkan.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Sebagai sumber antiradang dan antioksidan tinggi, cuka apel bisa Anda gunakan sebagai obat sakit leher alami nan ampuh.

Caranya: Pada air mandi hangat Anda yang sudah siap bisa ditambahkan 2 cangkir cuka apel. Rendamlah tubuh Anda hingga leher di sana selama 15 menit dan lakukan sehari sekali setiap hari sampai sakit pada leher menghilang.

  1. Memakai Garam Epsom

Sama dengan penggunaan cuka apel tadi, tambahkanlah 1-2 cangkir garam Epsom pada air mandi Anda yang dalam kondisi hangat. Rendamkan tubuh Anda di sana hingga ke bagian leher kurang lebih 15 menit. Lakukanlah setiap hari perawatan ini sampai sakit pada leher hilang; selain itu, ini adalah cara mengatasi stres alami yang juga efektif untuk dicoba.

  1. Olahraga Leher

Untuk meredakan rasa sakit di leher, cobalah melatih bagian leher dengan sedikit olahraga yang mudah dipraktikkan. Berikut adalah langkah tepat bagi Anda yang ingin mencoba melakukannya:

  • Maju dan mundurkan kepala Anda dalam beberapa waktu, lalu lanjutkan dengan gerakkan kepala dari satu ke sisi yang lain.
  • Lanjutkan dengan memutar kepala secara perlahan sepenuhnya ke arah kiri, lalu ke arah kanan secara bergantian.
  • 20 kali pengulangan sangat dirasa cukup untuk melakukan latihan ini dan lakukanlah beberapa jam sekali supaya leher tak lagi tegang dan kaku.

Cara Lain dalam Mengatasi Sakit Leher

Selain dari cara-cara yang sudah dianjurkan di atas, masih ada beberapa langkah lain yang layak dicoba untuk mengatasi sakit leher Anda, yaitu:

  • Akupuntur
  • Berenang
  • Memijat bagian leher.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.
  • Menghindari stres yang mengakibatkan ketegangan leher.
  • Melatih postur tubuh yang baik dan benar demi keseimbangan tulang belakang dan kepala.
  • Menghindari rokok/kegiatan merokok karena hal ini menghambat pemulihan leher.
  • Tidur di atas kasur yang cukup empuk.
  • Berbaring tanpa menggunakan bantal.

Demikianlah sejumlah cara mengatasi sakit leher ampuh yang dapat Anda pertimbangkan maupun coba satu per satu supaya sakit leher cepat membaik dan tubuh kembali bugar.