18 Tips Cara Mengatasi Amandel Luka Paling Ampuh

Amandel luka atau dalam dunia kedokteran disebut sebagai dengan radang amandel adalah suatu kondisi yang terjadi pada seseorang mengalami peradangan pada bagian amandel atau tonsil. Luka pada amandel biasanya ditunjukkan dengan adanya nanah yang muncul pada amndel dan mengakibatkan pembengkakan.

Penyakit amandel luka bisa terjadi pada semua orang namun paling sering terjadi pada anak-anak. Seseorang dapat mengetahui apakah dirinya mengalami amandel luka atu tidak ialah dengan melakukan pendiagnosisan kepada dokter. Gejala yangdapat dialami pada seseorang yang mengalami amandel luka ialah seperti : pembengkakan kelenjar getah bening, adanya bintik-bintik nanah pada sekitar amandel, demam dll. Untuk menghindari kondisi amandel luka semakin parah maka amandel luka tersebut harus segera diobati, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati amandel luka adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Amandel Luka

1. Pemberian Obat dari Dokter

Jika anda mengalami amandel luka maka anda lebih baik untuk memeriksakan diri pada dokter, disana anda dapat diperiksa oleh dokter untuk melihat kondisi amandel luka anda dan dokter akan memberikan obat kepada anda. Perlu diketahui bahwa tidak ada obat khusus yang digunakan untuk menangani penyakit amandel ini bisanya obat yang diberikan oleh dokter digunakan untuk meringankan gejala, obat tersebut seperti parasetamol dan ibuprofen, atau antibiotic untuk menhilangkan bakteri yang ada.

2. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab dari adanya amandel luka ini juga dikarenakan oleh aktifitas seseorang yang terlalu menyebabkan kelelahan sehingga daya tubuh menjadi lemah dan mungkin saja terkena bakteri atau virus sehingga mengakibatkan amandelnya mengalami peradangan atau luka.

3. Minum air putih yang cukup

Air putih merupakan air yang netral dari berbagai kandungan buruk sehingga bisa menjaga dari berbagai kandungan buruk yang mungkin saja kandungan tersebut membuat seseorang yang sakitsemakin parah keadannya. Maka dari itu untuk meredakan amandel luka minum air putih secara cukup sangat disarankan. Konsumsi air putih yang cukup mampu membantu penyembuhan radang tenggorokan. Namun sebaliknya bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi air putih juga tidak baik.

4. Mengkonsumsi Daun Benalu

Cara ini merupakan cara yang mudah dilakukan tanpa harus melakukan operasi, ternyata mengkonsumi daun benalu secara rutin bisa membantu penyebuha radang amandel, cara pengkonsumsiannya adalah dengan mencampurkannya pada air hangat atau direbus kemudian meminum air rebusan tersebut. 

5. Jeruk Nipis

Seperti yang kita tahu bahwa jeruk nipis merupakan bahan alami yang berkhasiat dan biasa digunakan sebagai obat tak terkecuali amandel luka. Caranya ialah dengan meminum secara rutin air jeruk nipis, bisa juga ditambahkan madu supaya lebih sedikit manis. Ketahuilah pula bahaya jeruk nipis untuk penderita maag, meskipun buah ini bermanfaat namun ternyata juga memiliki bahaya.

6. Memakan Bayam

Untuk anda penderita amandel luka anda bisa mengloah bayam menjadi obat alami anda caranya adalah dengan merebus bayam, anda bisa mengolahnya menjadi masakan atau memakannya begitu saja setelah direbus.

7. Meminum madu

Memperbanyak mengkonsumsi madu bisa digunakan sebagai obat amandel luka, namun sebaiknya yang dikonsumsi adalah madu murni dimana madu tersebut belum terkena campuran apapun sehingga pengobatan yang dilakukanpun akan berjalan secara optimal.

8. Mengkonsumi Daun Waru

Cara pemanfaatan daun waru sebagai obat amandel luka ialah dengan merebus daun waru tersbeut kemudian menyaringnya dan air tersebut digunakan untuk berkumur ataupun bisa juga langsung diminum. Untuk hasil yang maksimal harus dilakukan secara rutin. 

9. Mengunyah Bawang Putih

Walaupun bau dari bau bawang putoh kurang sedap namun anda bisa mneggunakannya sebagai obat amdel luka hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa khusus dan antioksidan yang tinggi untuk membunuh bakteri dan kuman pada amandel.

10. Mengkonsumsi minuman prebiotik

Mengkoumsi prboitik ini seperti yougurt alami, sebaiknya anda lebih mneggunakan pada yang alami saja karena untuk mencegah perangan yang malah bisa semakin parah.

11. Air Garam

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Air garam ini bisa digunkan sebagai obat kumur. Air garam yang digunakan untuk berkumur bisa membantu menggurangi peradangan, membunuh bakteri dan virus dan memberikan efek menenangkan pada amandel.

12. Kayu Manis

Adanya sifat anti mikroba pada kayu mnais bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain pada amandel. Dengan mengkonsumsi kayu mnais bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan.

13. Kunyit

Seperti yang kita tahu bahwa kunyit merupkan jenis tanaman yang sangat bermanfaat salah satunya juga untuk mengobati peradanga atau amandel luka. Kunyit ini bisa anda olah sebagai ramuan anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti susu, bubuk the dan lada hitam.

14. Menghindari makan gorengan

Gorengan merupakan makanan yang sangat mengandung banyak minyak untuk mengoptimalkan penyembuhan amandel luka anda harus menjauhi dari gorengan.

15. Minum Jus Jambu Biji

Jambu biji ini uga bisa anda manfaatkan sebagai obat radang amandel atau amandel luka cara penggunaanya ialah dengan membuat menjadi jus dan obat kumur. Jambu biji merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C super tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi radang karena mengandung kandungan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi radang. Kerja vitamin C pada penyembuhan radang lebih pada pemberian anti inflamasi.

16. Obat Ramuan Kulit Manggis

Untuk merubahnya mnejadi obat amandel luka anda bisa merebus kulit manggis dan mecampurkan minyak mint kemudian digunakan untuk kumur secara rutin. Khasiat kulit manggis sangat efektif seperti khasiat jambu biji untuk meredakan luka amandel. Khasiat kulit manggis ini didukung karena banyaknya kandungan vitamin E pada manggis sehingga mampu meredakan amandel. 

17. Obat Ramuan Mengkudu

Meskipun terdapat bahaya buah mengkudu untuk manusia. Namun ketahuilah pula bahwasannya buah mengkudu itu tidak salamanya berbahaya. Hal ini tergantung bagaimana mengolah dan mengonsumsinya. Buah mengkudu justru dapat digunakan untuk mengatasi amandel. Cara penggunaanya ialah dengan memarut buah mengkudu menyaringnya kemudian ditambahkan air hangat dan madu dan diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

18. Operasi

Operasi merupakan jalan terakhir untuk menyembuhkan amandel luka. Dalam operasi ini amandel anda akan diangkat oleh dokter.

Demikian adalah beberapa cara mengobati amandel luka ataupun radang amandel. Semoga cara-cara tersebut bisa membantu anda untuk mengobatai amandel luka. Selamat Mencoba.