Ungkapan Lady Gaga Soal Kesehatan Mental Saat Grammy Awards 2019

98

Lagi dan lagi, Lady Gaga menorehkan prestasi di kancah permusikan dunia. Tak cukup satu, artis wanita yang baru-baru ini bermain peran dalam film A Star Is Born bersama Bradley Cooper berhasil mendapatkan tiga piala sekaligus dalam acara Grammy Award 2019 semalam.

Lagu dari fim yang sama, Shallow, berhasil memenangkan penghagaan dari kategori Best Pop Duo Group Performance dan Best Song Written for Visual Media. Tak hanya itu, Lady Gaga sendiri  juga berhasil memperoleh penghargaan di kategori Best Pop Solo Performance. Sebelum menyudahi pidato atad penghargaannya, Lady Gaga menangis dan mengungkapkan isu mengenai kesehatan mental.

Ia mengungkapkan bahwa film A Star Is Born berbicara mengenai isu kesehatan mental dan ia sendiri bangga bisa menjadi bagian dari film tersebut. Isu kesehatan mental sendiri kini tengah ramai diperbincangkan masyarakat dan disangkut pautkan dengan kehidupan seorang artis.

Dikutip dari People, wanita bernama asli Steffani Joanne ini mengungkapkan, “jika aku tak lagi memiliki kesempatan untuk berkata tentang ini: aku hanya ingin menyampaikan rasa bangga menjadi bagian dari film yang membahas soal isu kesehatan mental. Ini sangat penting. Dan banyak artis-artis yang menghadapi hal yang sama. Kita harus saling membantu, saling menolong”.

“Jadi jika kamu melihat seseorang yang mengalaminya, jangan memalingkan muka. Dan jika kamu tengah mengalaminya, walau memang berat, cobalah temukan keberanian dalam dirimu untuk terus berjuang dan beritahukan kepada seseorang. Bicarakan apa yang ada dalam pikiranmu kepada mereka. Aku cinta kalian. Terima kasih untuk piala Grammys-nya”, lanjut Lady Gaga di waktu yang sama.

Dalam pidatonya, Lady Gaga juga menyampaikan betapa kerasnya bekerja sebagai musisi dimana keramaian diluar sana tidak pernah memberi perhatian serius tentang itu. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui kemewahan gaya hidup artis tanpa mengetahui apa yang terjadi di belakang layar. Namun tim dalam filmnya selalu mendukung dan saling menguatkan, terutama Bradley Cooper yang semalam tak dapat hadir.

Kesehatan mental yang baik merupakan kondisi ketika batin seseorang berada pada kondisi tenang dan tenteram sehingga kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan produktif dan dapat menghargai orang lain di sekitar kita.

Beragam penyebab dapat memicu stres yang berujung pada terganggunya kesehatan mental. Sebenarnya, stres merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia, sisanya adalah bagaimana kita menyikapi dan mengeliminasi stres yang timbul. Jika timbul gejala cemas atau depresi yang tidak tertangani kurang lebih dua minggu lamanya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Penanganan kecemasan dan depresi akan disesuaikan dengan tingkat keparahan dan keluhan yang dialami penderita. Bentuk terapi yang diberikan sendiri bisa hanya berupa terapi konsultasi, terapi menggunakan pengobatan, atau kombinasi keduanya. Jangan sekali-kali mencoba mengonsumsi obat-obatan anti depresan tanpa sepengetahuan dokter Anda.