Home Featured Suka Karaoke, Ternyata Ini Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan Jiwa

Suka Karaoke, Ternyata Ini Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan Jiwa

by Tri Astuti

Apakah Anda suka pergi ke tempat karaoke? Saat ini banyak orang yang mulai pergi ke karaoke setelah lelah bekerja seharian penuh. Ini menjadi aktifitas yang menyenangkan. Tidak perlu perduli dengan suara bagus atau tidak, yang penting bernyanyi dan mengeluarkan semua rasa gelisah. Ternyata karaoke sendiri juga memiliki manfaat, terutama untuk kesehatan mental. Berikut kami berikan bukti manfaat bernyanyi untuk kesehatan jiwa.

  1. Membuat Perasaan Lega

Bernyanyi bersama teman-teman ternyata memiliki efek yang sangat baik untuk perasaan Anda. Anda bisa mengatasi depresi dengan bernyanyi sepuas hati. Anggapan ini bukan hanya data perkiraan saja tapi juga sudah dibuktikan dengan penelitian. Para peneliti mengungkap bahwa bernyanyi bersama bisa meningkatkan suasana hati, membuat perasaan lebih gembira dan meningkatkan kemampuan untuk membuka diri. Termasuk untuk orang-orang yang memiliki tipe introvert sehingga cenderung rentan stres dan depresi ketika ada masalah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bernyanyi ternyata juga memberi efek santai dan menurunkan ketegangan pikiran. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung termasuk jika sudah menderita gejala depresi. Seperti hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Gothenburg, Swedia, bahwa bernyanyi menjaga detak jantung normal dan memiliki efek seperti relaksasi.

Bahkan ada bukti jika bernyanyi dengan mengikuti irama alat musik membuat detak jantung memiliki irama yang normal. Namun tidak disarankan untuk orang yang sudah pernah mengalami serangan jantung. Meskipun masih diijinkan untuk jenis musik dengan tempo yang rendah tidak menggunakan ketukan tinggi.

  1. Membuat Bahagia

Ternyata bernyanyi juga bisa membuat tubuh menghasilkan hormon oksitosin yang lebih banyak. Hormon ini berpengaruh dengan perasaan bahagia. Karena itu banyak orang yang sedang jatuh cinta menyukai lagu-lagu yang memang bisa membuat hati lebih bahagia. Nah hormon inilah yang membuat perasaan lebih santai. Bahkan hormon ini sangat penting untuk orang yang sedang mengalami masalah gangguan kecemasan, seperti pada ciri-ciri depresi ringan.

  1. Membuat Pikiran Bersih

Seorang ahli terapis dari Amerika Serikat, Omari, mengatakan bahwa bernyanyi bisa membuat pikiran menjadi lebih bersih. Bernyanyi bisa membuang semua perasaan buruk, prasangka buruk dan tekanan pikiran. Penelitiannya bahkan dibuktikan pada orang-orang yang senang bernyanyi sambil mengendarai mobil. Karena itu jika Anda tidak memiliki banyak waktu maka disarankan untuk memutar lagu di perjalanan.

Wah ternyata ada juga ya manfaat bernyanyi untuk kesehatan jiwa. Jadi mulai sekarang Anda bisa mengobati stres dan banyak pikiran dengan bernyanyi. Tapi sebaiknya memilih lagu yang memang Anda sukai dan tidak membuat hati tambah sedih ya…

You may also like