Kenali Baby Blues, Kondisi yang Bikin Wanita di Sukabumi Bacok Suami

138

Seorang wanita berasal dari Sukabumi bernama Aminah (43) membacok suaminya dengan kapak.Bukan karena mengidap gangguan kejiwaan, tim medis RSUD Sekarwangi Sukabumi usai memeriksanya menjelaskan bahwa ibu tiga anak tersebut baru saja melahirkan anak ketiganya dan tengah menderita baby blues atau sindrom pasca melahirkan.

Aminah mengalami depresi karena baru dua bulan lalu melahirkan anaknya yang ketiga menurut keterangan Humas RSUD tersebut, Ramdansyah pada Senin (15/7). Baby blues sendiri merupakan suatu kondisi yang dapat disembuhkan, hanya saja wanita baru melahirkan dengan kondisi mental yang belum stabil bisa saja cukup memicu depresi ketika mendengar kalimat tertentu.

Menurut Ramdansyah, sesuatu yang bisa picu gejala baby blues antara lain seperti tetangga yang berkomentar kenapa anak masih kecil tapi malah sudah punya anak lagi. Atau faktor kelelahan pun dapat juga menjadi salah satu pemicu paling utama dari gejala depresi. Bahkan lainnya lagi namun juga cukup sering jadi alasan seorang istri makin depresi adalah ajakan suami berhubungan badan seperti yang dari pihak kepolisian utarakan juga.

Walau tak setiap wanita yang baru saja melahirkan mengalami baby blues, kasus ini sendiri cukup umum dan bahkan dengan persentase cukup besar, yaitu 50-80 persen. Hormon yang berubah menjadi penyebab baby blues; apalagi usai persalinan yang melelahkan belum hormon yang memroduksi ASI dan ASI akan keluar.

Sisi emosional wanita jelas bisa terpengaruh dengan peningkatan hormon produksi ASI diikuti penurunan hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan. Tanggung jawab merawat bayi, menyadari bahwa kehadiran bayi bisa membawa perubahan pada hidup sang ibu, belum lagi tanggung jawab yang lainnya dapat memicu rasa kerepotan untuk menjadikan semuanya bisa tetap seimbang.

Baby blues tidak bertahan lama biasanya, namun pada beberapa wanita sejumlah gejala ini bisa terjadi bahkan ketika sudah lebih dari dua minggu.

  • Mudah panik
  • Kecemasan berlebih
  • Sedih terus-menerus
  • Kurang perhatian terhadap bayi
  • Menangis tak terkendali
  • Susah tidur

Konsultasikanlah dengan dokter apabila seorang ibu baru melahirkan dengan gejala tersebut dan merasa bahwa hal itu sudah cukup mengganggu berkepanjangan. Bahkan dengan durasi yang cukup lama, ada kalanya yang tadinya dugaan baby blues kemudian dapat merujuk pada kondisi postpartum depression. Tanyakan pada dokter tentang hal ini, pastikan, dan atasi dengan tepat.

Sementara itu, suami Aminah yang bernama Maman mengalami lima luka akibat bacokan sang istri. Mendapat sampai 20 jahitan, Maman tengah berada dalam masa pemulihan dan memperoleh perawatan di RSUD Sekarwangi; kepolisian pun sudah mengajaknya berkomunikasi.