5 Cara Mengatasi Depresi Menjelang Pernikahan yang Terbukti Ampuh

101

Merasa stres dan tertekan menjelang pernikahan memang sering terjadi, dan wajar dialami bagi setiap pasangan yang akan memiliki pendamping hidup selamanya. Hal ini dikarenakan banyak sekali persiapan yang perlu dilakukan untuk acara pernikahan itu sendiri, yang terkadang juga mau tak mau juga dicampuri pihak keluarga dan menimbulkan ketidakcocokan.

Namun jangan sampai stres yang muncul menjadi sebuah depresi yang dapat mengubah kualitas hidup dan hubungan dengan pasangan apalagi dengan keluarga. Karena itu, cara-cara berikut ini dapat diterapkan agar dapat mengatasi depresi menjelang pernikahan.

1. Memanjakan Diri ke Salon atau Spa

Wanita butuh waktu untuk sekedar memanjakan diri dan bersantai untuk melepaskan semua penat. Agar tidak pusing dan tertekan dengan persiapan pernikahan yang begitu banyak, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk pergi ke salon atau spa, agar dapat merilekskan diri dan sejenak melupakan semua kebutuhan pernikahan. Setelah tubuh dan pikiran tenang, tentu Anda akan lebih bersemangat dan santai dalam menghadapi momen-momen menjelang pernikahan.

2. Kumpul Bersama Sahabat

Untuk menghindari sindrom pra nikah dan juga depresi, Anda juga bisa meluangkan waktu satu hari untuk berkumpul dengan sahabat. Diskusikan akan agenda yang ingin dilakukan bersama, misalnya jalan ke mall, nonton ke bioskop atau sekedar kumpul di kamar dan menceritakan banyak hal. Cara ini cukup efektif untuk membuat suasana hati lebih tenang sehingga calon mempelai lebih siap menghadapi hari pernikahannya.

3. Berolahraga

Kesehatan hati dan pikiran juga ditentukan dengan kondisi fisik, karena itu ketika stres atau depresi melanda, cobalah untuk rutin melakukan olahraga. Lebih baik lagi jika olahraga dilakukan rutin setiap pagi, agar tubuh selalu sehat. Udara yang bersih dan segar di pagi hari dapat menciptakan pikiran yang tenang sekaligus meningkatkan mood.

4. Diskusikan dengan Pasangan dan Keluarga

Apapun masalahnya, kita perlu membicarakannya baik pada pasangan maupun anggota keluarga lainnya agar dapat menemukan jalan terbaik atas perbedaan pendapat. Hal yang wajar memang jika setiap orang ingin acara pernikahan berlangsung dengan lancar, namun terkadang terjadi perselisihan karena pikiran yang tak sejalan. Karena itu, berbagi pendapat dan berdiskusi dapat menjadi jalan untuk menemukan solusi.

5. Pilih Makanan yang Tepat

Menjelang pernikahan, usahakanlah untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat, termasuk buah dan sayur. Jika depresi tengah dirasakan, dark chocolate bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi agar kondisi mood dapat meningkat. Selain itu, hindari junkfood yang justru membuat mood memburuk dan memicu banyak penyakit yang dapat menghambat persiapan pernikahan.

Nah, itulah cara mengatasi depresi menjelang pernikahan yang dapat dilakukan setiap pasangan. Menjaga komunikasi dengan baik sangat diperlukan agar situasi tidak bertambah buruk. Ditambah lagi, perbanyak berdoa agar semua dapat berjalan lancar dan semua orang ikut merasakan bahagia.