Kenapa Hidung Mampet Padahal Tidak Pilek ? Begini Masalahnya !

763

Hidung mampet tapi tidak pilek dapat dijadikan indikasi awal bahwa kondisi rongga hidung sedang mengalami gangguan dimana penyebabnya disebabkan karena faktor internal dan eksternal.

Penyebab

1. Neoplasma Jinak

Adanya gumpalan lemak menyerupai daging lunak yang ada dalam rongga hidung tapi bersifat jinak misalnya munculnya ciri ciri polip di hidung atau masalah lain, Diantaranya:

  • Tumor
  • Nasofaring
  • Angiofibrosa
  • Hemangioma. Papiloma  dan lain lain  dimana beberapa keluhan kesehatan tersebut dapat menghalangi masuknya udara kedalam rongga hidung seiring berjalannya waktu terjadilah masalah kenapa hidung mampet padahal tidak pilek.

2. Neoplasma ganas

Neoplasma ganas adalah ungkapan medis sebuah gangguan pernafasan melalui rongga hidung akibat:

  • jaringan dalam rongga hidung ditumbuhi gumpalan lemak atau daging tumbuh yang bersifat ganas atau kanker.
  • Akibat adanya masalah karsinoma nasofaring, Limpoma, Sarcoma, Adeno karsinoma dan kasus squamous cell carcinoma.

Neoplasma ganas merupakan salah satu penyebab kenapa hidung mampet padahal tidak pilek yang sering terjadi pada penderita kanker hidung atau kanker yang menyerang rongga hidung bagian dalam.

3. Hipotiroid

Gejala hipotiroid yang wajib diwaspadai adalah munculnya kasus hidung mampet. Hipotoroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid kehilangan kemampuannya untuk menproduksi hormon tiroid secara lancar sehingga dapat mempengaruhi kelancaran fungsi saraf dan pembuluh darah disekitarnya hingga melebar menuju sistem pernafasan dan menghalangi kelancaran jalan nafas menuju rongga hidung. Tak heran jika hipotiroid bisa menjadi penyebab kenapa hidung mampet padahal tidak pilek.

4. Obesitas

Gejala obesitas yang wajib diwaspadai terserang  adalah munculnya kesulitan bernafas hingga tubuh mudah kelelahan dimana kondisi itu dapat mempengaruhi sistem pernafasan. Obesitas  dapat menjadi pemicu munculnya keluhan kenapa hidung mampet padahal tidak pilek. Obesitas menyebabkan lemak menumpuk pada beberapa bagian tubuh termasuk pada jaringan rongga hidung atau bahkan organ paru paru sehingga dapat menghalangi udara untuk masuk dengan lancar.

5. Kehamilan

Penyebab kenapa hidung mampet padahal tidak pilek yang paling sering menyerang wanita adalah saat sedang masa kehamilan. Disaat hamil maka perubahan hormon tubuh akan mengalami perubahan sehingga mempengaruhi kinerja sistem pernafasan, Misalnya hidung mendadak jadi tersumbat tetapi tidak terdapat lendir didalamnya.

6. Masuknya benda asing

Masuknya benda asing berupa debu debu yang didalamnya terdapat partikel halus berbahaya hasil dari pergerakan polusi udara yang mengandung radikal bebas tanpa sadar dapat mudah masuk melalui rongga hidung ketika seseorang sedang bernafas. Partikel halus tersebut dapat melekat dan tertahan dalam rongga hidung sehingga menghalkangi udara yang masuk yang pada akhirnya mebyebabkan hidung tersumbat.

7. Trauma

Bagian hidung yang terkena benturan atau hantaman akan meninggalkan memar karena cedera. Trauma panjang akibat benturan yang menimbulkan luka luka tersebut akan mengalami perkembangan dengan munculnya gumpalan kotoran bekas pendarahan yang telah mengering atau tetap masih dalam komdisi meradang akibat pembengkakan yang akhirnya cepat atau lambat menyebabkan jalan nafas terhambat dan hidung terasa mampet.

8. TBC paru paru

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang berkaitan dengan kerusakan jaringan paru paru yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan. Kenali dan pelajarilah bagaimana awal dari ciri ciri tbc paru paru  agar segera dapat diobati lebih dini, karena tbc paru paru dapat menyebabkan jalan nafas didalam rongga hidung tersumbat dan menyebabkan sesak nafas atau nafas menjadi pendek. Tak heran jika penyakit TBC adalah penyebab kenapa hidung mampet padahal tidak pilek. ciri ciri TBC paru paru

9. Infeksi

Didalam rongga hidung atau bagian paru paru dapat mudah mengalami pelebaran luka akibat perkembangan infeksi saat terjadi kerusakan jaringan, Tak sedikit yang menimbulkan pendarahan tanpa disadari siopenderita. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh penyakit spilis, Tertular virus HIV atau karena masalah vestibulitis hidung.

Cara Mengatasi

1.Cara umum

Cara umum adalah metode mudah dengan terapi air hangat yang bisa dilakukan kapan saja dirumah tanpa penggunaan obat kimia atau medis yang tujuannya untuk mengatasi masalah kenapa hidung mampet padahal tidak pilek.

  • Hirup uap hangat – Menghirup perlahan dan dalam uap dari air panas yang sebelumnya telah dimasukan dalaam baskom lebar. Cara ini dapat meredakan dan melegakan pernafasan yang sempat tersumbat.
  • Basuh wajah – Membasuh wajah beberapakali dengan air hangat bermanfaat untuk melegakan pernafasan dan meredakan hidung mampet.
  • Mandi air hangat – Mandi dengan air hangat yang sebelumnya telah ditambahkan dengan air rebusan daun sirih dan beberapa batang sereh mampu memnperlancar aliran darah diseluruh tubuh, melegakan rongga hidung dan mengatasi kenapa hidung mampet padahal tidak pilek.
  • Air putih hangat dan istirahat – Minum air putih hangat secara berkala dan istirahat yang cukup dapat membantiu sistem pernafasan semakin baik dan menyembuhkan masalah hidung tersumbat.

2.Cara dengan obat

Cara dengan obat adalah mengkonsumsi obat obatan tertentu atas dasar resep atau tanpa resep dokter yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kenapa hidung mampet padahal tidak pilek. 

  • Obat pereda rasa sakit – Untuk mengatasi kenapa hidung mampet padahal tidak pilek adalah dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat yang mengandung paracetamol tetapi harus sesuai resep dokter untuk menghindari keracunan paracetamol. Penggunaan paracetamol yang tepat sesuai dengan kondisi medis  mampu melegakan hidung tersumbat sehingga pernafasan lancar kembali.
  • Antihistamin – Obat jenis antihistamin dapat megobati hidung mampet padahal tidak pilek yang muncul akibat alergi atau Kemasukan benda asing.
  • Antibiotik  – jenis  jenis antibiotik dan manfaatnya wajib  anda ketahui agar masalah hidung mampet dapat segera diatasi  Dimana penggunaanya harus disesuaikan dengan kondisi hidung, Misalnya kenapa hidung mampet padahal tidak pilek tidak sama dengan masalah pilek yang terus menerus mengeluarkan cairan. Antibiotik dapat  digunakan dalam bentuk oral (minum) untuk mengatasi infeksi yang mungkin terjadi dalam rongga hidung atau bahkan pada bagian paru paru.
  • Dekongeston –  Menggunakan obat jenis dekongeston oral atau dalam bentuk nasal dekongeston (disemprotkan kedalam rongga hidung) yang tujuannya untuk melegakan pernafasan dan mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.