10 Pantangan Orang Penyakit Liver

Pantangan penyakit liver merupakan larangan yang sudah disesuaikan aturan dokter dan ahli gizi yang bertujuan mempercepat proses penyembuhan jaringan hati.
Penyakit liver adalah salah satu penyakit mematikan yang tidak mudah untuk disembuhkan ketika telah masuk dalam stadium empat, Untuk itu jagalah hati anda agar tetap sehat.

Penyebab

Faktor pemicu munculnya gangguan pada liver (hati) :

  • Mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang atau berlebihan
  • Kecanduan minuman beralkohol dan minuman mengandung soda
  • Makanan yang telah terkontiminasi dengan bahan pengawet berlebihan
  • Akibat reaksi kimia hasil dari pembusukan makanan yang telah kadaluarsa atau pembusukan makanan yang telah basi
  • Karena adanya sumbatan pada saluran empedu dan mengalami proses infeksi pada kantung empedu
  • Karena mengkonsumsi makanan yang rendah protein terus menerus
  • Kurangnya asupan makanan yang mengandung karbohidrat komplek, Misalnya nasi merah, Gandum utuh dan sebagainya.

Fungsi liver
Kinerja liver sangat menentukan kesehatan jaringan tubuh lain, Jika liver anda rusak maka akan bermunculan penyakit lain

1.Menetralisir sekaligus menyaring lalu mengeluarkan segala bentuk racun yang ada didalam tubuh melalui kantung empedu lalu dilanjutkan keproses pembuangan melalui keringat dan urin.

2. Dapat menghasilkan enzim enzim serta hormon penting tubuh dalam jumlah yang normal atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang bersangkutan.

3. Meningkatkan kemampuan antioksidan pada makanan menjadi lebih efesien dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Sehingga antioksidan dapat cepat disebarkan keseluruh tubuh.

4. Dalam keadaan liver sehat maka mampu mempercepat penyembuhan penyakit termasuk pada orang orang yang sedang menjalani program pemulihan penyakit pasca operasi.

5. Memperlancar metabolisme tubuh agar tetap stabil sehingga berat badan tetap bisa dipertahankan pada kondisi yang ideal tanpa harus melakuakan program diet yang berlebihan.

6. Mampu menyimpan berbagai macam mineral serta jenis vitamin untuk cadangan nutrisi ketika tubuh membutuhkannya termasuk ketika seseorang dalam keadaan tidak fit atau sedang sakit.

7. Dapat membantu kelancaran sistem pencernaan dalam pengolahan makanan yang telah dikonsumsi dan mamapu meningkatkan kinerja pencermanaan dalam proses penyebaran zat nutrisi pada seluruh tubuh.

8. Memiliki kemampuan memproduksi protein ketika tubuh kekurangan zat protein dalam kondisi yang kronis serta memiliki kemampuan memecah zat protein hasil dari makanan agar cepat terserap tubuh


Cara penularan penyakit liver
Proses penyebaran penyakit liver yang perlu diwaspadai

• Memakai barang barang yang dipakai oleh seseorang yang telah terinfeksi virus hepatitis jenis B dan C misanya gelas, Piring, Sikat gigi, Handuk, Sarung bantal dan lain lain. Memakai barang yang dipakai penderita hepatitis merupakan pantangan penyakit liver.

• Penggunaan bor gigi yang tidak steril pada klinik gigi sehingga mempermudah masuknya virus hepatitis melalui gigi yang berlubang atau sedang ditambal. Pastikan bor yang digunakan masih baru dan tersegel dengan baik sebelum digunakan.

• Memakai jarum tato, Jaruk tusuk telinga, Pisau cukur secara bergantian yang ternyarta telah terinfeksi virus hepatiti. Perlu diketahui bahwa Pemakaian yang disinyalir hanya satu kali pada seseorang tetap beresiko besar tertular hepatitis, Termasuk pula penggunakan jarum suntik yang tidak steril dan telah tercemar lewat udara oleh virus hepatitisv B dan C melalui percikan bersin penderita hepatitis.

• Karena telah melakukan hubungan seksual bersama seseorang yang terkena virus hepatitis walaupun dinyatakan penyakitnya belum parah dan masih besar kemungkinan bisa disembuhkan dengan cepat.

Pantangan penyakit liver
Ada pantangan tertentu yang beresiko dapat mempersulit kesembuhan penyakit liver jika dilanggar oleh penderitanya

1.Makanan berlemak tinggi
Kurangi atau bahkan jauhi makan apapun yang mengandung lemak berlebih misalnya jeroana,Jenis makanan junkfood, Santan, Susu full cream dan makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak trans atau minyak yang telah dipakai berulang kali. Pantangan penyakit liver yang cukup sulit dijauhi oleh penggemar makanan gurih berlemak adalah jeroan dan jenis junkfood.

Baca juga : bahaya lemak dihati

2. Makanan yang diawetkan
Sebaiknya agar liver cepat disembuhkan jauhi segala bentuk makanan yang dikemas dalam kaleng atau botol misalnya saus, Sambal, Cornet, Sarden dan sebagainya. Makanan yang diawetkan masuk sebagai daftar sebagai salah satu pantangan penyakit liver.

3. Makanan yang mengandung gas
Sedapat mungkin tidak mengkonsumsi apapun makanan yang mengandung gas karena dapat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan asam lambung yang bisa mengganggu kesehatan jaringan hati. Misalnya Mentimun, Ubi jalar, Nangka , Kembang kol dan lain lain.

4. Rempah makanan bersifat panas
Sementara tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki citarasa dan aroma yang menyengata dan bersifat panas karena dapat melukai dinding hatii dan lambung secara bersamaan bagi penderita liver, Misalnya minuman jehe, Bumbu merica, Cuka, Cabai atau jenis bawang putih, Merah dan bombay.

5. Minuman beralkohol dan bersoda
Pantangan penyakit liver yang sangat berbahya adalah alkohol dan minuman bersoda. Alkohol dan minuman bersoda cepat sekali menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan yang kemudian akan merambat menuju hati, Makan hindari minuman beralkohol dan soda.

6. Makanan laut
Makanan laut kaya akan gizi bagi kesehatan tubuh namun cenderung mempunyai kadar merkuri yang cukup tinggi. kondisi tersebut tidak baik bagi penderita liver atau gejala liver karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah menuju liver. Makanan laut adalah salah satu pantangan penyakit liver.

7. Merokok
Pantangan penyakit liver yang sering diabaikan oleh para penderita liver yang pecandu rokok adalah tetap merokok. Asap rokok yang mengandung bahan beracun sangat mudah masuk pada jaringan tubuh dan menyebabkan infeksi serta penyumbatan aliran darah yang berisi oksigen. Racun dalam rokok mampu merusak jaringan hati jika dalam kadar yang tinggi dan telah berlangsung bertahun tahun. Untuk hati yang lebih sehat hendaknya berhentilan merokok sejak dini.

baca juga : Bahaya merokok

8. Stres ringan atau berat
Suasana hati yang tidak menentu dan didukung dengan kondisi emosional yang labil salah satu pantangan penyakit liver karena stres dapat mempengaruhi metabolisme tbuh yang jika terus menerus terjadi maka jaringan hati akan mengalami depresi dan kehilangan kelancaranya dalam mengendalikan racun dalam tubuh dengan cepat.

Baca juga : Cara mengatasi stres

9. Makanan yang dipanggang dan dibakar
Makanan yang dipanggang dan dibakar merupakan pantangan penyakit liver karena jenis olahan tersebut memungkinkan makanan disinggahi partikel beracun yang dihasilkan dari arang yang dipakai yang telah mengalami perpecahan sehingga butiran halus arang terserap dan melekat pada makanan yang sedang dipanggang dan beresiko menjadi radikal bebas buruk atau dari debu yang tidak sengaja masuk ketika proses pemanggangan sedang berlangsung. Pemanggangan dan pembakaran lebih cepat mengikat radikal bebas termasuk debu dan asap lain dari udara untuk masuk bercampur pada daging yang sedang dipanggang. Agar hati lebih sehat sebaiknya mengkonsumsi makan yang dikukus atau direbus.

10. Kurang minum air putih
Pantangan penyakit liver yang paling utama adalah jika tubuh kurang asupan cairan yag jika terus menerus terjadi maka dapat merusak fungsi hati karena jaringan hati dapat bekerja dengan baik ketika cairan dalaam tubu dalam kondisi memadai. Air putih dapat melumasi liver dan mempercepat proses penyaringan racun dalam tubuh agar segera dikeluarkan lewat saluran empedu menuju kelenjar kerin gat dan saluran pembuangan air seni.

Baca juga : Bahaya akibat kurang minum air putih

Solusi terbaik
Tips mudah cara menghindari munculnya gangguan pada liver

1. Perbaiki pola makan
Pola makan yang sehat adalah makanan yang berstandar empat sehat lima sempurna yang mampu menyehatkan liver tua maupun muda walaupun tubuh tanpa dibantu asupan suplemen sekalipun.

2. Hindari obat obatan
Obata obtana pereda rasa nyeri atau jenis narkoba sama berbahayanya jika dikonsumsi dalam jangka panjang karena zat kimia yang ada didalamnya bersifat mengiritasi, Meracuni dan melubangi organ internal tubuh termasuk jaringan liver.

3. Hindari minuman beralkohol dan soda
Minuman alkohol dan soda mempunyai sifat yang panas dan mampu melemahkan kekancaran aliran darah dan merusak dinding pembuluh arteri jaringan tubuh termasuk liver.

4. Jauhi rokok
Bahan yang ada didalam rokok mampu mengotori liver dan menyumbat pembuluh darah disekitarnya sehingga hati tidak mampu lagi mengoreksi racun untuk segera dikeluarkan dari tubuh dan melemahkan kemampuannya dalam menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

5. Olahraga teratur
Aapapun bentuk olahraga jika dilakukan secara teratur dapat melancarkan aliran darah dan arteri disemua jaringan tubuh termasuk hati. Hati akan selalu dalam kondisi terbaiknya dan terhindar dari kerusakan karena gerakan olahraga mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam darah sehingga hati mudah untuk mengontrol racun dalam tubuh.

6. Hindari stres
Stres ringan atau berat paad penderita liver atau yang menderita gejala liver dan stres berlangsung berkepanjangan dapat mempengaruhi kondisi liver secara bertahap. Liver akan mengalami depresi dan kekurangan asupan darah berisi oksigen yang akhirnya memperlambat kinerjanya, Sehingga liver mengalami kerusakan.

7. Minum air putih
Liver tidak bekerja sendiri dalam mengatur dan mengendalikan racun, Memperbaiki metabolisme, Mempercepat penyembuhan penyakit atau mengatur protein dalam tubuh, Namun hati dibantu oleh pasokan air yang cukup didalam tubuh agar kinerja hati maksimal dan tidak mengalami erosi atau kerusakan.

8. Mengkonsumsi herbal untuk kesehatan liver
Jika mungkin penderita liver bisa mengkonsumsi obat herbl yang diformulasikan untuk pengobatan liver ringan atau kronis jika memang andaa tidak mau menggunakan obat medis sebagai media penyembuhan. Banyak klinik herbal terpercaya yang bisa anda kunjungi namun sebelumnya anda harus berkonsultasi terlebih dahulu terlepas cocok atau tidaknya tubuh anda dengan pengobatan herbal, Karena tidak semua orang cocok dengan cara pengobatan tradisional.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 11th, September 2016 / 16:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan Hati