Home Featured Mantap, 5 Permainan Seru Ini dapat Mengasah Otak Anak

Mantap, 5 Permainan Seru Ini dapat Mengasah Otak Anak

by Lia Yuliana

Semua orang tua tentunya pingin memiliki anak-anak yang tumbuh cerdas dan memiliki kepandaian yang lebih baik. Tahukah Anda, bahwa ternyata, untuk mendapatkan anak-anak yang yang cerdas dan pandai selain dengan memenuhi asupan makanan sehari-hari dengan gizi yang cukup, juga harus dilakukan stimulasi atau latihan yang akan merangsang otak dapat berkembang lebih baik lagi.

Ada beberapa macam permainan yang bisa dilakukan untuk mengasah otak anak untuk kesehatan otak agar menjadi anak yang cerdas dan pandai.  Diantaranya adalah 5 permainan seru berikut ini :

1. Meja Permainan Musik

Permainan musik berbentuk meja ini juga dikenal sebagai Musical Activity Table dapat digunakan anak-anak memainkan lagu. Beberapa jenis alat prmainan ini jua dilengkapi dengan rangkaian huruf, angka, berbagai macam warna dan sebagainya, yang akan membuat anak-anak betah memainkannya. Dengan memainkan alat ini anak akan berkembang kemampuan visual dan motoriknya.

2. Permainan Balok

Di pasaran terdapat aneka macam permainan balok, ada yang berbahan plastik, busa, kertas, ataupun dari kayu. Dengan balok-balok ini anak-anak dapat menyusun berbagai macam struktur dan memperluas imajinasinya, sehingga ketrampilan motoriknya terstimulasi dengan baik.

Lebih baik berikan anak permainan balok dari pada harus menggunakan game online pada hp, bahaya game online bagi otak anak akan mengaggu proses perkembangan otak jika terlalu sering, bahkan radiasi hp yang terpancar pada anak itu akan berbahaya pula jika terus menerus di berikan pada anak.

untuk mendidik anak memang bukan hal yang mudah, tetapi bagi seorang orang tua harus tau bagaimana cara mendidik anak yang baik terutama dalam memberikan permainan anak.

3. Penyortir Bentuk atau Shape Sorter

Alat permainan berupa benda dengan bentuk-bentuk tertentu, biasanya terdiri dari bentuk kotak, segitiga, bujur sangkar, lingkaran, belah ketupat dan sebagainya, serta pasangannya berupa keranjang dengan tutup yang dibentuk beberapa lubang sesuai dengan bentuk-bentuk permainan yang akan dipasangkan.

Permainan ini sangat disukai oleh anak-anak, karena cara memainkannya pun relatif mudah. Anak-anak hanya harus mengambil benda dengan bentuk yang sesuai dan memasukkannya pada lubang tepat. Biasanya terbuat dari bahan plastik atau kayu dengan warna-warna yang menarik bagi anak-anak. Si kecil akan asyik bermain sembari mengasah otaknya dalam mengenali aneka ragam bentuk benda.

5. Magnet Bentuk Huruf atau Angka

Mainan magnet berbentuk huruf atau angka ini biasanya juga bisa berfungi sebagai tempelan kulkas. Disain warna yang menarik akan membuat si kecil menjadi lebih semangat untuk mulai belajar mengenal dan mengingat aneka huruf ataupun angka. Sebaiknya Ibu turut terlibat dalam permaian ini, karena dengan interaksi Ibu secara langsung juga merupakan hal yang penting dalam proses stimulasi otak anak.

6. Permainan Susun Bangun atau Building Toys

Biasanya mainan ini terbuat dari plastik dengan aneka bentuk yang bisa dipasang-pasangkan dan dengan warna- warna yang menarik. Aneka bentuk ini bisa disusun membentuk bangunan rumah ataupun bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan imajinasi anak.

Selain akan membuat imajinasi anak berkembang, permainan ini juga meningkatkan ketrampilan atau motorik anak secara menyenangkan, apalagi apabila sang Ibu atau Ayah dapat terlibat langsung bermain bersama si kecil.

Itulah bebarapa permainan yang sebaiknya kamu berikan ada anak mu, karena permainan tersebut memang sangat efektif dan dapat meningkatkan kecerdasan pada anak mu. Ingat jangan terlalu banyak memberikan permainan yang ada di hp pada anak, karena hal tersebut dapat menyebabkan bahaya radiasi hp yang dapat merusak kesehatan mata mu.

You may also like