Bolehkah Anak Laki-laki Memakai Rok Seperti Anak Megan Fox? Bagaimana Menjelaskannya?

110

Megan Fox nampaknya berbeda dari orangtua pada umumnya, karena dirinya tak ingin terlalu mengatur apa yang harus anak-anaknya kenakan. Hal ini terbukti dari bagaimana ia membiarkan Noah, anak laki-lakinya yang paling tua mengenakan dress dan juga mengenakan outfit berwarna merah muda. Ia dan suami, Austin Green sepakat memberi kebebasan dalam berpakaian pada anak-anaknya.

Hal tersebut ia ungkapkan pada Kamis (19/9) dalam acara bertajuk The Talk. Pola asuh seperti ini dianggapnya sebagai cara membangun rasa percaya diri ketiga anaknya. Noah yang usianya baru 6 tahun pun diketahui begitu menyukai mode dan anak ini sering pergi ke sekolah dengan mengenakan apa saja yang ia suka dan ingin kenakan.

Teman-teman Noah memang terkadang memberi tanggapan negatif namun hal ini tak menjatuhkan rasa percaya dirinya untuk mengekspresikan diri. Menurut Megan dilansir dari People, Noah ia sekolahan di sekolah hippy dan liberal walau memang di sana anggapan anak laki-laki tak seharusnya memakai pakaian berwarna merah muda atau mengenakan gaun, namun Noah biasanya berpakaian sendiri dan terkadang mengenakan gaun.

Saat menanyakan kepada anaknya seperti apa tanggapan teman-temannya ketika ia pergi ke sekolah mengenakan gaun, Noah menjawab bahwa semua anak laki-laki menertawakannya, namun ia suka dress dan ia tak peduli pada respon teman-temannya. Bahkan sebagai tanda rasa percaya diri yang terbangun pada anaknya ditunjukkan pula dari bagaimana Noah juga kadang memberi masukan pakaian sang ibu yang memang menurut Megan kadang tak sesuai.

Masalahnya, bolehkah anak laki-laki memakai rok? Bagaimana menjelaskan kepada anak ketika ia bertanya kenapa anak laki-laki tak boleh pakai rok? Saat usianya sudah mencapai 8-9 tahun, para orangtua boleh berikan penjelasan seperti berikut menurut Chitra Annisya (seorang psikolog anak dari Tiga Generasi), dilansir dari HaiBunda :

  • Struktur tubuh anak laki-laki itu berbeda dari tubuh perempuan, maka anak laki-laki pasti tak merasa nyaman saat mengenakan rok.
  • Ketika mengenakan rok, cara duduknya pun harus hati-hati padahal anak laki-laki itu lebih aktif daripada para anak perempuan. Jadi kalau anak laki-laki pakai rok jadi kurang bisa aktif bergerak.
  • Kenapa anak perempuan boleh pakai celana, jelaskan kepada anak kalau anak perempuan pun bisa kesulitan dalam bergerak ketika memakai rok, khususnya saat berlari atau olahraga. Itulah kenapa anak perempuan boleh mengenakan celana.
  • Kenapa anak laki-laki tak seharusnya mengenakan warna merah muda dalam berpakaian, orangtua dapat menjelaskan bahwa siapapun boleh mengenakan warna merah muda walau umumnya anak perempuanlah yang lebih suka karena warna ini termasuk warna lembut. Sementara itu kan anak laki-laki itu lebih macho atau lebih seperti jagoan jadi lebih suka warna yang strong, yaitu warna yang tidak lembut dan selain warna merah muda.

Bagaimana kalau anak usianya masih di bawah 8 tahun dan sudah kerap bertanya kenapa anak laki-laki tak boleh juga pakai warna merah muda? Mengatakan kepadanya bahwa warna merah muda umumnya dipilih dan dikenakan anak perempuan saja sudah cukup kok sebagai penjelasan baginya, apalagi kalau usianya masih usia pra sekolah. Hanya saja, ini kembali lagi pada kultur dan pandangan tiap keluarga/orangtua yang berbeda-beda ya.

Sempat pula ada perdebatan di Instagram Megan Fox mengenai unggahan foto sang putra yang tengah memakai gaun, bahkan saat Noah keluar rumah dengan gaun pun ada saja orang-orang yang melayangkan komentarnya. Namun menurut Green sang suami, ia tak peduli karena apa yang ingin anaknya pakai maka itulah yang akan dikenakannya entah itu gaun, kacamata, sandal atau apapun, itu hidupnya.