Intip 9 Keuntungan Operasi Plastik Bagi Kesehatan Yang Belum Banyak Orang Tahu!

362

Bedah plastik atau tindakan medis operasi plastik kerap dianggap sebagai suatu prosedur yang tabu di tengah masyarakat kita. Tujuan utama menjalani operasi plastik pun rata-rata adalah meningkatkan penampilan fisik, tapi tahukah Anda bahwa keuntungan operasi plastik tak hanya sekadar membuat penampilan jadi jauh lebih cantik dan tampan?

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain memperbaiki penampilan fisik, pada dasarnya operasi plastik adalah suatu tindakan medis yang menawarkan serangkaian manfaat kesehatan lain, seperti meningkatkan kesehatan mental. Kenapa demikian? Ini karena prosedur operasi plastik mampu mengurangi tingkat kecemasan pasien khususnya saat pasca menempuh prosedur medis ini karena adanya peningkatan rasa percaya diri setelahnya.

Penampilan fisik yang sudah diperbaiki dan ditingkatkan melalui operasi plastik dengan hasil yang memuaskan sesuai harapan jelas adalah suatu faktor yang menambah rasa percaya diri. Hal ini lebih-lebih dirasakan oleh para pasien operasi plastik yang menjalani prosedur ini karena memiliki pengalaman dibully oleh sebab penampilan yang kurang mendukung.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Mungkin operasi kelopak mata adalah salah satu dari jenis-jenis operasi bedah plastik yang Anda paling tahu, khususnya jika mengikuti kabar serba-serbi Korea. Memperbesar mata dengan membuat lipatan kelopak mata memang sungguh populer dan nyatanya, tak hanya membuat seseorang bertambah cantik atau tampan, pada beberapa kasus pasien akan mengalami peningkatan ketajaman penglihatan.

  1. Mengatasi Mata Kering

Blefaroplasti adalah istilah untuk prosedur mengoperasi bagian kelopak mata, khususnya kalau memiliki kelopak mata yang turun. Bukan hanya sekadar mempercantik atau memperbaiki agar enak dipandang, operasi plastik ini pun kerap dianggap sebagai solusi bagi yang sebelumnya pernah mengalami masalah kekeringan pada mata.

  1. Memperbaiki dan Memperlancar Saluran Pernapasan

Tahukah Anda prosedur rhinoplasty? Ya, operasi hidung bukan hanya sekadar memancungkan, melainkan juga bisa ditempuh oleh para penderita deviasi septum. Banyak masalah pernapasan yang dapat ditimbulkan oleh kondisi ini, seperti sulit bernapas dan mendengkur. Dengan memperbaiki hidung, saluran pernapasan juga jadi ikut lebih baik sehingga aliran oksigen bisa lebih lancar.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Percaya atau tidak, operasi plastik dalam bentuk sedot lemak atau liposuction rupanya tak hanya menghilangkan lemak menumpuk dalam tubuh dan menurunkan berat badan, tapi juga berguna sebagai penurun risiko terkena penyakit diabetes. Ini karena pengurangan lemak dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Proses menghilangkan lemak melalui liposuction yang juga termasuk operasi plastik ternyata juga sangat berguna dalam hal menurunkan risiko kondisi jenis-jenis penyakit jantung. Dan selain itu, kabar baiknya adalah risiko kadar kolesterol dan tekanan darah bisa ikut turun karena prosedur satu ini sehingga akhirnya berdampak pada lebih kecilnya potensi serangan jantung atau penyakit jantung koroner.

  1. Mengurangi Nyeri Beberapa Bagian Tubuh Wanita

Pada prosedur operasi plastik yang berhubungan dengan operasi payudara, seperti mengecilkannya, para wanita ternyata justru akan merasakan keuntungan yang cukup besar. Selain membuat tubuh lebih proporsional dan membantu postur tubuh lebih bagus, rasa nyeri yang sebelumnya timbul pada bagian punggung, pinggang, bahu dan leher dapat menurun.

  1. Membantu Wanita Berolahraga Secara Lebih Baik

Masih melalui proses operasi yang sama, yakni prosedur operasi payudara, ternyata mengecilkan payudara bisa meningkatkan toleransi seorang wanita untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Jika sebelumnya ada keterbatasan yang dialami oleh seorang wanita dalam melakukan beberapa jenis olahraga, setelah operasi justru bisa melakukannya dengan baik.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Setelah menjalani prosedur liposuction atau sedot lemak, ada banyak pasien yang merasakan manfaatnya, yakni penurunan berat badan jika sebelumnya mereka mengalami obesitas. Dari hasil memuaskan yang diperoleh dari penempuhan operasi ini, biasanya mereka akan termotivasi untuk mulai menjaga berat badan melalui tips-tips diet sehat.

Begitulah uraian tentang beberapa keuntungan operasi plastik bagi kesehatan tubuh yang rupanya tak selalu negatif seperti menurut pandangan kebanyakan orang. Meski begitu, apapun bentuk tindakan operasi plastik yang akan dijalani, pastikan untuk mengetahui apa saja efek operasi plastik yang kemungkinan bisa terjadi serta mewaspadai berbagai bahaya operasi plastik yang mengancam jiwa.