Home Penyakit dan KelainanUsus Buntu Bolehkah Makan Mie Setelah Operasi Usus Buntu? Simak Penjelasan Lengkapnya !

Bolehkah Makan Mie Setelah Operasi Usus Buntu? Simak Penjelasan Lengkapnya !

by Erlita

Apendisitis atau usus buntu mampu menjadi pemicu rasa nyeri dan bengkak pada bagian usus buntu dan bahkan juga bisa berpotensi berisi nanah. Untuk menanganinya, yang paling umum adalah tindakan operasi untuk mengangkat usus buntu tersebut. Berbagai pantangan pun perlu diikuti oleh pasien pasca operasi.

Biasanya, selama 3 bulan penuh pasien pasca operasi usus buntu diminta untuk tak mengonsumsi makanan yang bisa memicu saluran pencernaan teriritasi. Contoh makanan seperti kafein, makanan bersantan, makanan rasa asam, dan makanan pedas perlu dihindari. Namun, bolehkah makan mie setelah operasi usus buntu? Atau justru tak boleh lagi makan mie?

Boleh tidak sih makan mie kalau sudah operasi usus buntu?

Pada dasarnya, setelah operasi pasien perlu memilih makanan-makanan yang tepat dan bernutrisi untuk memulihkan kesehatan. Beberapa pantangan yang sebelumnya sudah disebutkan, seperti makanan bersantan, makanan yang pedas-pedas, makanan yang rasanya asam dan juga kafein hanya perlu dihindari selama kurang lebih 3 bulan pasca operasi.

Selama 2-3 bulan setelah menempuh operasi usus buntu, jauh lebih dianjurkan bagi pasien untuk bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya jaringan pasca operasi bisa lebih cepat pulih dengan sempurna. Makanan seperti ikan, telur, ayam, daging, tempe dan tahu adalah yang paling dianjurkan agar masa pemulihan berjalan baik.

Mie tidak ada dalam pantangan, jadi apakah boleh mengonsumsinya? Pasien pasca operasi usus buntu boleh-boleh saja mengonsumsi mie instan, tapi sesekali saja dan tak boleh terlalu sering karena mie instan sendiri juga memang kurang bagus untuk kesehatan. Anda perlu memahami bahaya-bahaya makan mie instan dan juga efek samping mie instan untuk tubuh.

Walau tak ada larangan terkait makan mie, perlu diketahui bahwa mie mampu meningkatkan risiko perut terasa penuh dan kembung yang bisa memicu meningkatnya rasa sakit bekas operasi. Jadi, butuh kesadaran diri sendiri untuk menghindari dulu atau membatasi makan mie demi menunggu tubuh pulih secara sempurna.

Tips Pola Makan Bagi Pasien Pasca Operasi Usus Buntu

Sesudah operasi, pasien tak boleh sembarangan mengonsumsi apapun makanan dan minuman yang disukai walau sebenarnya juga tidak ada larangan pasti. Sebelum balik lagi ke pola makan yang dulu, tentunya Anda perlu menunggu tubuh untuk pulih benar, jadi beberapa tips pola makan ini bisa diperhatikan.

  • Mengasup Cairan – Istilah untuk hal ini adalah diet cair di mana tepat setelah operasi, Anda masih perlu mengonsumsi makanan dan minuman super cair. Ya, sup dan juga jus apel adalah yang paling baik untuk diasup sambil menunggu kondisi pulih, yakni di mana Anda tak lagi muntah dan mual karena efek anestesi.
  • Makan Makanan Lunak – Setelah dari asupan makanan dan minuman cair, perlahan Anda bisa beralih pada makanan yang bertekstur lunak, yakni tak terlalu cair tapi juga belum masuk ke yang padat. Kentang rebus yang dihaluskan dan juga bubur adalah jenis makanan lunak yang dimaksud dan hal ini bisa membuat proses pemulihan pasca operasi lebih cepat.
  • Makan Makanan Berserat – Sesudah dari makanan lunak, perlahan Anda bisa kembali makan makanan yang mengandung serat tinggi di mana hal ini dilakukan saat Anda sudah beraktivitas seperti biasa lagi dan sudah dinyatakan pulih benar. Sesudah operasi usus buntu, Anda memerlukan makanan yang kaya serat supaya tak mengalami sembelit, jadi rutinlah konsumsi sayur, buah, nasi merah, gandum serta kacang-kacangan.
  • Minum Air Putih – Tak lupa, setelah operasi usus buntu, Anda juga diminta untuk lebih banyak minum air putih. Tak sekadar mencegah dehidrasi, minum air putih 8 gelas atau setara 2 liter seharinya bisa membantu supaya BAB lancar dan Anda juga terhindar dari gangguan pencernaan.
  • Makan Porsi Kecil – Saluran pencernaan harus dihindarkan dari ‘stres’ dengan cara Anda makan hanya dengan porsi kecil. Bila pasca operasi usus buntu Anda terlalu semangat dan makan terlalu banyak, ada kemungkinan efek seperti mual dan muntah bisa terjadi.

Selain menjaga pola makan dengan baik, Anda juga harus beristirahat secara cukup layaknya pasien setelah menjalani operasi pada umumnya. Kelolalah stres dengan baik melalui cara-cara menghilangkan stres yang aman sambil menjaga supaya luka jahitan bekas operasi tetap baik dan tak infeksi sampai waktunya pelepasan jahitan.

Begitulah pola makan yang dianjurkan bagi para pasien pasca operasi usus buntu. Jadi bolehkah makan mie setelah operasi usus buntu? Tak ada larangan untuk itu, namun hindari dulu sebisa mungkin supaya tak menyebabkan kembung dan iritasi pada jaringan bekas operasi. Jika ingin tetap memakannya, hindari konsumsi berlebihan apalagi terlalu sering dan tunggu sampai tubuh Anda 100% pulih.

You may also like