Begini 11 Cara Agar Lancar Buang Air Besar Tiap Hari Efektif Wajib Dicoba !

428

Jenis gangguan pencernaan yang paling umum adalah sembelit atau yang kita juga kenal dengan istilah konstipasi di mana kondisi ini adalah ketika kita sulit untuk buang air besar setiap hari. Saat masalah pencernaan ini terjadi, otomatis perut terasa penuh pun menjadi gejalanya. Oleh karena itu, beberapa cara agar lancar buang air besar tiap hari ini kiranya menolong Anda.

  1. Mengonsumsi Air Hangat

Baik itu air putih, kopi ataupun teh, Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi hangat sebab diyakini bahwa sistem pencernaan dapat distimulasi oleh minuman-minuman hangat. Jika saluran pencernaan Anda biasanya kurang lancar sehingga BAB baru beberapa hari sekali, maka dengan minum minuman hangat kinerja peristaltik bisa meningkat.

Gerakan di otot-otot sistem pencernaan pun akhirnya menjadi jauh lebih lancar dan gerakan itulah yang disebut dengan istilah kinerja peristaltik. Air putih hangat lebih direkomendasikan karena mengonsumsi air putih pun memang terbukti mampu melancarkan saluran pencernaan sehingga proses BAB lebih teratur.

  1. Minum Kopi

Selain air putih hangat, kopi pun bisa Anda minum dalam keadaan hangat daripada es kopi demi BAB bisa lancar setiap hari. Ini karena di dalam kopi ada kandungan stimulan usus yang kita kenal dengan istilah teofilin dan xanthine. Gerakan usus bisa lancar kembali sehingga pergerakan feses juga lebih mudah.

Bahkan kandungan kafein pada kopi tak hanya berguna untuk memberikan tenaga bagi yang sedang lelah dan lemas, tapi juga membantu pelepasan hormon motilin. Hormon ini mampu memicu kontraksi usus yang berdampak positif bagi kelancaran saluran pencernaan sehingga proses BAB bisa jauh lebih rutin.

  1. Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan-makanan yang mengandung serat tinggi penting untuk diasup setiap hari agar BAB juga bisa lancar sehari-hari. Serat adalah nutrisi penting yang tak sebaiknya dilewatkan supaya pergerakan usus besar bisa dirangsang dan hal ini pun akan mencegah konstipasi. Beberapa makanan serat tinggi yang bisa Anda konsumsi setiap hari antara lain adalah:

  • Bayam
  • Blackberry
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Stroberi
  • Brokoli
  • Pisang
  • Raspberry
  • Wortel
  • Apel
  • Blueberry
  1. Makan Yogurt

Yogurt bukanlah termasuk makanan berserat, tapi penting untuk Anda tahu bahwa yogurt adalah sumber probiotik yang baik. Anda pun memerlukan asupan makanan berprobiotik supaya feses yang sulit keluar karena keras bisa menjadi lebih lunak sehingga BAB bisa lebih lancar setiap harinya.

  1. Posisi Jongkok di Toilet

Untuk bisa lancar BAB tiap hari, Anda pun perlu mencoba mengubah posisi BAB ketika berada di toilet. Bagi Anda yang terbiasa dengan posisi duduk di toilet di mana posisi tubuh condong ke arah depan, memang bagi beberapa orang baik-baik saja, namun bagi para penderita sembelit gantilah posisi menjadi jongkok supaya feses turunnya lebih mudah dan cepat.

  1. Bangun Pagi

Memiliki kebiasaan bangun pagi adalah salah satu cara efektif untuk memperlancar BAB setiap hari. Proses keluarnya feses bisa jadi lebih mudah dan alami ketika di pagi hari sebab usus baru aktif kontraksi saat pagi-pagi sekali. Bahkan BAB bisa saja menjadi terhambat karena kita bangun kesiangan.

  1. Olahraga Rutin

Kurang olahraga atau kurang aktivitas fisik bisa jadi adalah salah satu alasan dibalik ketidaklancaran BAB Anda. Tak bisa BAB setiap hari? Coba tengok kembali dan hitung berapa kali Anda bergerak atau berolahraga. Jika Anda belum punya kebiasaan olahraga yang rutin, segeralah biasakan.

Olahraga tak perlu harus yang terlalu sulit, sebab jogging atau setidaknya jalan santai setiap hari setengah jam mampu menjadi cara melancarkan peredaran darah. Jika aliran darah saja sudah lancar, termasuk aliran darah menuju organ pencernaan, maka Anda tak perlu khawatir lagi sebab sembelit akan teratasi.

  1. Pijat Perineum

Untuk frekuensi BAB yang lebih baik setiap harinya, Anda bisa juga mencoba untuk langkah pijat perineum. Daerah antara anus dan alat kelamin disebut dengan perineum dan pijatan di area tersebut rupanya diketahui mampu mengurangi rasa tak nyaman sewaktu buang air besar sekaligus memperlancar proses alami ini.

  1. Mengelola Stres

Sembelit juga dapat terjadi karena masalah psikis; ada memang orang-orang yang stres lalu lebih lancar BAB-nya tapi ada pula beberapa kasus di mana stres malah menghambat BAB. Jika Anda salah satu yang mengalami susah BAB karena stres, carilah cara mengatasi stres yang aman dan baik bagi diri Anda sendiri.

  1. Mengonsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya diyakini sebagai obat pencahar alami ampuh selain buah pepaya. Walau khasiat lidah buaya untuk kulitlah yang paling dikenal kebanyakan orang, nyatanya mengonsumsi gel lidah buaya pun mampu menjadikan saluran pencernaan yang macet menjadi lancar kembali berkat kandungan zat anthraquinone di dalamnya yang bersifat laksatif.

  1. Mengurangi Makanan Pemicu Lambatnya Pergerakan Usus

Menurut hasil lansiran dari laman situs Kompas Sains, makanan-makanan yang mampu memberikan efek panas pada perut sekaligus makanan-makanan pedas sebaiknya Anda batasi. Bukan menghindarinya sama sekali, melainkan cukup kurangi saja karena pergerakan usus bisa jadi lebih lambat karenanya.

Itulah sejumlah cara agar lancar buang air besar tiap hari yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Tetap miliki gaya hidup yang sehat supaya sistem pencernaan juga terjaga kesehatannya. Bila efek BAB tidak setiap hari cukup membuat Anda khawatir, konsultasikan dengan dokter segera.