Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 18 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang Berbahaya Wajib Dikenali

18 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang Berbahaya Wajib Dikenali

by Erlita

Apakah Anda adalah salah satu dari banyak orang yang mengeluhkan rasa sakit di pinggang sebelah kiri terutama bagian belakang? Ada berbagai macam penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang yang dapat terjadi pada Anda. Oleh sebab itu, penting untuk menyimak dan mengenali setiap faktor penyebabnya di bawah ini supaya mampu menangani dengan tepat.

  1. Skiatika

Skiatika adalah suatu kondisi di mana saraf mengalami tekanan dan saraf ini adalah yang menjadi penghubung antara saraf tungkai dan saraf tulang belakang. Tanda paling umum dan utama dari skiatika ini adalah sakit di pinggang kiri bagian belakang ataupun sebelah kanan yang dapat menjalar hingga kaki. Selain itu, Anda juga berpotensi mengalami kesemutan hebat.

  1. Ketegangan Otot

Gerakan berlebihan oleh tubuh terkadang justru berimbas pada munculnya ketegangan otot. Ketegangan otot dapat juga terjadi dan menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri terutama area belakang menjadi nyeri. Rasa nyeri yang hebat dapat dikarenakan otot atau urat yang robek di sana sehingga penderita perlu menjalani fisioterapi atau bahkan beristirahat cukup lama supaya pulih seperti semula.

  1. Diverkulitis

Jika pinggang sebelah kiri bagian belakang serta perut bagian kiri terasa sakit, maka diverkulitis adalah kemungkinan besar penyebabnya. Diverkulitis sendiri adalah timbulnya infeksi atau radang di bagian divertikula atau sejumlah kantong yang ada pada saluran pencernaan. Tak hanya sakit pinggang belakang bagian kiri dan nyeri perut, diare, mual, sembelit hingga bahkan demam bisa terjadi pada penderitanya.

  1. Gangguan pada Sistem Reproduksi

Ketika bagian pinggang belakang sebelah kiri terasa nyeri dan sakit berlebihan, maka ada kemungkinan bahwa gangguan sistem reproduksilah yang menyebabkannya. Pada wanita, kemungkinan-kemungkinan penyebabnya antara lain adalah:

  • Kehamilan ektopik.
  • Kista ovarium.
  • Infeksi ovarium.
  • Endometriosis
  • Rahim mengalami pertumbuhan jaringan fibroid.

Sementara pada pria, sakit di pinggang belakang sisi kiri juga bisa terjadi sebagai akibat dari gangguan sistem reproduksi dalam bentuk seperti:

  • Tumor testis.
  • Infeksi testis.

Kedua kondisi tersebut diketahui mampu menimbulkan rasa nyeri yang dapat menjalar hingga sisi perut kiri dan punggung dari testis sebelah kiri.

  1. Gangguan Sistem Kemih

Jika pinggang sebelah kiri belakang terasa sakit terus-menerus dan bisa terasa sampai pada perut bagian bawah, maka bisa jadi ini adalah sebuah tanda gangguan pada sistem kemih. Berikut adalah beberapa kemungkinan gangguan sistem kemih untuk Anda waspadai:

  • Infeksi saluran kencing.
  • Batu ginjal.
  • Pielonefritis (ini adalah suatu jenis infeksi saluran kemih di mana ginjal ikut terlibat).
  1. Gangguan Usus Besar

Walau masalah pada usus besar lebih tinggi risikonya membuat perut sakit, sebenarnya pinggang kiri belakang bisa saja terkena dampaknya ketika usus besar terganggu fungsinya. Beberapa kondisi terkait masalah usus besar yang bisa berpengaruh buruk bagi pinggang kiri belakang Anda adalah:

  • Sembelit
  • Tumor usus besar.
  • Kanker usus besar.
  1. Stenosis Spinal

Saraf tulang belakang dapat mengalami tekanan akibat tulang belakang yang menyempit dan inilah kondisi yang kita bisa sebut dengan stenosis spinal. Ketika gejala seperti sakit pinggang belakang sisi kiri terasa di waktu Anda berjalan atau berdiri, ditambah pula dengan tubuh terasa lemas, beberapa bagian tubuh kram dan kebas, waspadai akan stenosis spinal ini.

  1. Cedera

Sakit pada pinggang belakang sebelah kiri juga dapat disebabakn oleh rusaknya tulang dan otot di pinggang sisi kiri Anda. Jika Anda pernah mengalami cedera pada bagian tersebut, seperti misalnya rusaknya otot area pinggang kiri maupun patah tulang panggul, rasa nyeri di pinggang sisi kiri belakang dapat terasa begitu hebat.

Segeralah memeriksakan diri ke dokter tanpa menunda-nunda lagi saat Anda mulai sulit BAB dan buang air kecil, mengalami mati rasa pada pinggang sampai ke tungkai dan kaki, sulit berjalan, dan mengalami penurunan kekuatan serta massa otot pada kedua tungkai. Dengan menemui dokter, Anda akan menemukan apa penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang secara tepat dan tentunya kondisi tersebut pun bisa ditangani dengan tepat juga.

You may also like