12 Gerakan Yoga untuk Sakit Kepala Dijamin Efektif

Sakit kepala merupakan jenis gangguan kesehatan yang sangatlah umum dan setiap orang dapat mengalaminya kapanpun, baik itu ketika memang sedang sakit seperti flu dan batuk maupun ketika sedang stres. Selain minum obat sakit kepala dan juga tidur serta beristirahat cukup, Yoga dapat menjadi solusi yang baik dan aman. Berikut adalah gerakan-gerakan Yoga untuk sakit kepala yang dapat Anda coba.

  1. Pranayama/Pernapasan Dalam/Deep Breathing

Pranayama atau Pernapasan Dalam atau Deep BreathingGerakan Yoga yang paling utama dalam mengatasi sakit kepala adalah dengan mencoba latihan pernapasan supaya lebih tenang. Jika rasa tegang datang, maka lakukan gerakan Pranayama ini dan mulailah melatih pernapasan supaya mampu melepaskan ketegangan pada bagian bahu sehingga mampu membawa oksigen lebih banyak ke otak.

Caranya adalah dengan duduk bersila sambil kemudian mengangkat bahu setinggi yang Anda bisa sampai ke telinga sewaktu menarik napas panjang. Sementara ketika hendak mengembuskan napas, bahu dapat diturunkan secara perlahan. Untuk gerakan ini bisa diulangi 3-5 kali dan lebih pun boleh dalam kondisi berdiri atau duduk bersila.

Dalam sekali melakukan, Anda bisa melakukan kurang lebih 1 menit di mana pelepasan ketegangan akan lebih terasa. Otot yang tadinya kencang dan membuat rasa tak nyaman serta memicu rasa pusing pun akan mengendur karena oksigen sudah terkirim dengan baik ke otak. Dengan demikian, leher dan kepala akan menjadi jauh lebih baik dan nyaman.

  1. Garudasana/Modified Eagle Pose

Garudasana atau Modified Eagle PosePernah mencoba melakukan pose yang disebut dengan eagle arms? Saat tekanan sakit kepala melanda, lakukan pose atau gerakan Yoga satu ini segera. Modifikasi dari gerakan/pose elang ini dapat dilakukan dalam posisi berdiri maupun saat duduk bersila, tergantung dari keinginan kita.

Manfaatnya sangat baik karena mampu membuat ketegangan tubuh menjadi berkurang, terutama tubuh bagian atas tanpa adanya kesulitan dalam menciptakan pose ini. Bahkan bukan hanya menjadi penghilang sakit kepala, pose Yoga ini pun efektif bila ingin digunakan sebagai pelepas ketegangan pada bagian pundak di mana akan distabilkan kembali secara menyeluruh oleh gerakan ini.

  1. Paschimottanasana/Seated Forward Bend

Paschimottanasana atau Seated Forward BendGerakan atau pose menekukkan tubuh ke arah depan sambil kedua kaki dirapatkan dalam kondisi lurus adalah salah satu solusi yang ditawarkan dari latihan Yoga untuk penderita sakit kepala. Pose ini dapat diandalkan karena mampu menghilangkan pikiran-pikiran yang membuat tubuh terasa tegang dan tak tenang.

Duduklah di lantai, lalu dengan kaki rapat dan lurus ke depan Anda bisa meluruskan juga lengan untuk meraih serta memegang bagian kaki. Dengan bentuk gerakan ini, akan ada banyak tekanan dari jantung dan bagian jantung pun akan bekerja secara lebih keras untuk supaya darah dapat terpompa dengan baik dan oksigen terkirim ke otak serta tubuh bagian atas.

  1. Balasana/Child’s Pose

Balasana atau Child’s PoseDalam latihan Yoga, sewaktu tubuh memerlukan istirahat maka pose inilah yang paling dianjurkan. Tak hanya berguna ketika berlatih Yoga di suatu kelas, di luar kelas alias di rumah pun pose atau gerakan ini mudah dipraktikkan. Gerakan ini termasuk gerakan dasar Yoga yang baik untuk mengatasi rasa cemas, sakit kepala dan stres.

Pada gerakan ini, bahu kita jatuhkan atau rendahkan untuk mampu melepaskan segala ketegangan di bagian tubuh atas. Napas kita dapat diarahkan ke arah punggung sehingga punggunglah yang akan mengembang karena oksigen terdorong ke tulang belakang, bagian pundak dan juga leher bagian belakang.


  1. Apasana/Knees-to-Chest Pose

Apasana atau Knees-to-Chest PoseGerakan Yoga selanjutnya yang bisa menjadi solusi aman bagi Anda yang sering sakit kepala adalah Apasana. Fokus gerakan adalah dengan membawa lutut yang ditekuk naik hingga mendekati atau menyentuh bagian dada. Tangan pun keduanya dapat diposisikan memegangi bagian tulang kering kurang lebih 2 inci di bawah lutut.

Gerakan ini perlu dilakukan secara tenang dan rileks; saat sudah dalam posisi yang benar, tahan posisi tersebut selama 30-60 detik lamanya lalu lepaskan. Gerakan Yoga satu ini boleh diulangi, namun pengulangan dilakukan sesuai kebutuhan saja. Cara ini juga sangat ampuh dalam melancarkan peredaran darah serta membantu meningkatkan fleksibilitas punggung.

  1. Janushirasana/Head to Knee Pose

Janushirasana atau Head to Knee PoseDalam melepaskan segala ketegangan yang menjadi pemicu sakit kepala, head to knee pose adalah sebuah pose atau gerakan variasi menekuk tubuh yang mampu melancarkan aliran darah dan mengurangi ketegangan. Caranya adalah dengan menekuk kaki kiri dengan sudut 90 derajat sambil juga memegang kaki kanan.

Kedua lengan bisa diangkat lalu lengkungkan di atas kaki yang lurus untuk meraih jari-jari kaki. Setelah dapat menjangkaunya, pastikan untuk Anda menahannya selama 60 detik sebelum kemudian dilanjutkan dengan melakukannya bergantian dengan kaki yang lain. Dalam kondisi yang diam dan tenang, Anda bernapas dan aliran energinya akan sangat terasa hingga ke bagian leher, wajah dan kepala.

  1. Supta Baddha Konasana

Supta Baddha KonasanaPada gerakan Yoga ini, inti pose adalah dengan berbaring telentang sambil memosisikan kedua lengan di kedua sisi tubuh. Pastikan supaya telapak tangan menghadap ke arah atas dan lutut kemudian ditekuk sambil menempatkan telapak kaki sehingga lutut ada pada kedua sisi.

Jangan lupa untuk menahannya 5-10 menit seraya mengambil napas dalam-dalam. Pastikan pula tubuh dalam kondisi yang tenang dan rileks selama dalam keadaan berbaring. Lebih dianjurkan juga untuk memraktikkan pose ini sehari 1 kali secara rutin hingga sakit kepala tak lagi mudah datang.

  1. Ardha Matsyendrasana/Seated Spinal Twist

Ardha Matsyendrasana atau Seated Spinal TwistGerakan satu ini merupakan salah satu gerakan dinamis yang mampu memberikan energi lebih ke bagian tulang belakang. Tak hanya itu, gerakan seperti ini juga mampu menjadi solusi bagi yang menderita gangguan pencernaan; pose ini tepat untuk merangsang dan memperbaiki sistem pencernaan.

Kaki bagian bawah dapat diluruskan atau ditekuk sementara lutut bagian atas dapat disilangkan sambil ditekuk. Rentangkan lengan yang berlawanan ke arah luar kaki dan putar bagian belakang secara perlahan. Pengulangan dapat dilakukan untuk sisi satunya di mana gerakan ini akan membantu melepaskan segala stres dan ketegangan penyebab kepala sering pusing.

  1. Viparita Karani/Legs Up the Wall Pose

Viparita Karani atau Legs Up the Wall PoseKaki yang diangkat dan diluruskan di dinding adalah salah satu pose atau gerakan Yoga yang juga dapat diandalkan dalam meredakan sakit kepala. Postur ini merupakan postur inversi restoratif yang sangat baik dalam melawan segala macam stres dan kegelisahan.

Gerakan satu ini efektif dalam menenangkan pikiran dan membuat rasa lelah yang menjadi pemicu rasa sakit kepala hilang. Kaki cukup dinaikkan dan inti dari gerakan ini adalah membalikkan gravitasi di mana mampu mencegah sekaligus juga menjadi pengurang dampak dari keluhan sakit kepala yang dialami.

Saat sedang berada di tempat tidur, Anda bisa mencoba latihan pose satu ini. Sewaktu sedang senggang, Anda dapat melatih gerakan Yoga ini agar sakit kepala cepat hilang.

  1. Marjaryasana/Cat Pose

Marjaryasana atau Cat PosePose kucing dapat menjadi hal yang bisa Anda coba sebagai solusi sakit kepala yang mengganggu. Gerakan ini cukup ampuh dalam menghilangkan rasa tegang khususnya pada bagian leher, bahu dan tulang belakang. Bahkan sirkulasi darah pada tubuh bagian atas akan lebih lancar dengan pose ini.

Pastikan tangan dan lutut berada di permukaan lantai dengan tubuh berposisi seperti meja. Lakukan gerakan ini sambil juga menarik napas dalam-dalam dan kemudian mengembuskannya. Cara ini dapat menjadi hal yang sangat ampuh dalam merilekskan bagian punggung atau tulang belakang.

Pose Yoga satu ini juga dapat dimanfaatkan ketika Anda sedang sakit pinggang dan tak tahu lagi harus bagaimana. Melakukan olahraga atau latihan fisik satu ini secara rutin, terutama setiap pagi diketahui mampu mengurangi rasa tegang tak hanya di tubuh bagian atas namun juga tengah dan bawah.


  1. Uttana Shishosana

Uttana ShishosanaPada gerakan Yoga ini, Anda dapat melakukannya dengan cara memosisikan tubuh bersujud sebagai awalnya dan pastikan untuk juga meluruskan wajah ke arah depan. Tahan kemudian selama 5-10 menit seraya mengambil napas secara dalam-dalam.

Cara ini perlu untuk diulangi sehari 2-3 kali bila ingin mendapatkan hasil maksimal, namun pengulangan dapat dilakukan bila memungkinkan saja. Tak perlu memaksakan diri ketika ingin berlatih Yoga demi menghilangkan sakit kepala karena saat pengulangan dilakukan berlebihan pun juga kurang baik.

  1. Savasana/Corpse Pose

Savasana atau Corpse PoseGerakan Yoga lainnya yang dianjurkan untuk menyembuhkan sakit kepala adalah Savasana di mana pose satu ini bertujuan untuk menenangkan pikiran yang mungkin sedang kalut. Pada umumnya, gerakan/pose ini menjadi yang terakhir pada rata-rata latihan Yoga dan mampu melemaskan tubuh secara efektif. Inilah yang sangat menolong dalam membuat sakit kepala tegang terasa berkurang.

Melakukan gerakan berbaring sambil menutup mata pada bagian terakhir latihan ini akan menjadikan diri kita jauh lebih terasa nyaman, rileks dan tak terbeban oleh apapun. Melalui pernapasan yang baik, pose satu ini akan memberikan kesempatan pada kita untuk berfokus dalam menghilangkan segala bentuk ketegangan pada tubuh, termasuk yang menjadi penyebab sakit kepala akut.

Demikianlah gerakan Yoga untuk sakit kepala akut yang kiranya bermanfaat bagi Anda. Anda dapat mencobanya di rumah, namun bila tak yakin maka sebaiknya Anda melakukannya dengan cara belajar dari instruktur Yoga langsung.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Sakit Kepala