Home Penyakit dan KelainanSakit Gigi 17 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Pijatan Wajib Anda Coba

17 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Pijatan Wajib Anda Coba

by Erlita

Sakit gigi, hal yang sepertinya sepele tetapi sangat menyiksa.  Karena sakit gigi ini orang tidak dapat beraktivitas, tidak dapat tidur, tidak dapat makan. Bahkan kepala ikut sakit, begitu juga seluruh badan. Namun, dapat dikatakan banyak orang pernah mengalaminya tanpa mengenal usia, balita sampai dewasa, dan lanjut usia. Beberapa penyebab sakit gigi, antara lain :

  • Gigi berlubang, sehingga setiap makanan yang tersangkut di dalamnya akan mengenai syaraf gigi dan sakit.
  • Infeksi bakteri, biasanya ditandai dengan gusi bernanah.
  • Tambal gigi berlubang rusak, ini sama dengan gigi berlubang.
  • Terjadi benturan pada pipi, yang otomatis mengenai gigi.
  • Penyusutan gusi.
  • Tumbuh gigi baru, tidak hanya terjadi pada bayi dan balita. Orang dewasa yang mengalami tumbuh gigi bungsu geraham terakhir juga biasanya merasa sakit.
  • Gigi busuk.
  • Daging tumbuh di gusi dan gusi pecah.

Mengingat akibat sakit gigi yang dirasakan, penderita umumnya menjadi lebih sensitif. Beberapa di antaranya mudah marah. Oleh karena itu, bila Anda atau orang terdekat sedang mengalami sakit gigi, cobalah cara meredakan sakit gigi dengan pijatan. Terapi ini banyak berhasil dilakukan, khususnya diterapkan di negara Tiongkok yang mengenal tehnik refleksi dan akupuntur. Beberapa titik yang diperhatikan dalam cara meredakan sakit gigi dengan pijatan, antara lain :

1. Pijatan Ibu Jari Kaki

Memijat ibu jari kedua kaki di bagian tengahnya dan agak sedikit ke bawah. Memijat pada teknik ini adalah dengan tekanan pada ibu jari tangan dan telunjuk. Bagian tengah akan meredakan sakit gigi, bagian tengah dan bagian bawah akan meredakan sakit gigi bagian bawah.

2. Pijatan Tengah Kepala

Memijat bagian tengah kepala, diyakini akan meredakan sakit gigi. Bagian ini diyakini berhubungan langsung dengan semua bagian syaraf gigi sehingga sangat layak dicoba.

3. Pijatan Di Atas Telinga

Pijatan di atas telinga kanan dan kiri (bukan kening) adalah salah satu pijatan yang bisa dipraktekkan karena juga efektif akan meredakan sakit gigi. Pijatan sebaiknya dilakukan sekitar 1 cm di atas telinga.

4. Pijatan Ujung Rahang Atas

Pijatan di ujung pangkal rahang atas kanan dan kiri akan meredakan sakit gigi yang terjadi pada gigi geraham atas. Namun, dalam melakukannya harus secara perlahan-lahan saja agar tidak membuat sakit.

5. Pijatan Ujung Rahang Bawah

Pijatan ujung rahang bawah, mulai dari belakang telinga hingga ke bawah dan sedikit ke arah depan.  Hal ini dilakukan untuk mengurangi sakit gigi geraham rahang bawah kanan dan kiri.

6. Pijatan Tengah Rahang Bawah

Pijatan tengah rahang bawah adalah pijatan yang langsung mengenai bagian gigi yang sakit.  Ini dikhususkan pada sakit gigi bagian tengah gigi geraham bawah kanan, dan kiri.

7. Pijatan di Bawah Tulang Pipi

Jika penderita merasa sakit gigi bagian atas, ada baiknya juga pemijatan dilakukan pada bagian bawah tulang pipi. Pijatan pada bagian ini akan meredakan sakit gigi atas.

8. Pijatan Bahu dan Pangkal Leher

Orang yang menderita sakit gigi kronis, dalam waktu lebih 3 hari, akan merasakan sakit kepala mengiringinya. Untuk meredakan sakit gigi semacam ini, maka dapat dilakukan pemijatan bahu dan pangkal leher. Pijatan dilakukan dari pangkal leher ke arah bahu berulang-ulang.

9. Pijatan Antar Ibu Jari dan jari Telunjuk Tangan

Syaraf antara ibu jari dan jari telunjuk tangan berhubungan dengan gigi. Maka pijatan pada bagian ini akan meredakan sakit gigi. Pijatan dilakukan dengan menekan bagian tersebut dengan ibu jari dan telunjuk tangan sebelahnya secara bergantian.

10. Pijatan Pada Belakang Ibu Jari kaki

Pijatan pada ibu jari kaki mengarah ke banyak bagian tertentu pada tubuh, termasuk syaraf gigi. Oleh karena itu, pijatan pada ibu jari kaki belakang akan mengurangi sakit gigi. Pijatan di ititik ini juga akan mengurangi pusing yang diderita.

11. Pijatan Pada Pelipis

Jika sakit gigi terjadi pada gigi bagian atas, maka akan lebih cepat dirasakan sakit kepala dan daerah sekitar mata.  Pijatan pada pelipis dengan lembut akan membantu mengurangi sakit kepala dan migrain.

12. Pijatan Tulang Rongga Mata

Pijatan pada tulang roingga mata atau bagian bawah tulang mata ini sama dengan pijatan pelipis. Membantu meredakan sakit kapala akibat sakit gigi bagian geraham atas. Pijatan harus dilakukan hati-hati dan lembut karena letaknya dekat mata.

13. Pijatan pada Tulang Pipi yang Menonjol

Setiap orang punya bagian tulang pipi yang menonjol di bawah mata. Pijatan pada bagian tulang ini akan mengurangi sakit gigi disertai sakit kepala juga.

14. Pijatan Antara Kelingking dan Jari Manis

Jarang sekali orang melakukan pijatan di daerah ini. Ternyata pijatan dengan tekanan kuat  pada daerah ini akan mengurangi sakit gigi, sakit kepala setelah makan, sakit mata, sakit telinga, dan tenggorokan terasa mengganjal dan sesak napas.

15. Pijatan Di Tengah Tulang Pergelangan Tangan

Balikkan tangan, di mana telapak menghadap ke atas. Lakutan pemijatan pada bagian tengah pergelangan tangan.  Tepatnya di bagian antara tulang hasta dan tulang pengumpil.  Pijatan pada bagian ini akan membuat sakit gigi berkurang bahkan menghilang.

16. Pijatan Antar jari

Tidak hanya sakit gigi, pijatan yang dilakukan antar jari atau tepatnya di setiap tengah jari satu dengan yang lain, akan mengurangi nyeri pada wajah, sakit tenggorokan, mulut masam, dan nyeri lambung. Penyakit yang sebenarnya satu sama lain saling berhubungan dapat diatasi dengan jenis pijatan ini.

17. Pijatan Pada Siku Tangan

Pijatan pada siku tangan jarang dilakukan.  Memijat dengan tekanan seluruh jari pada bagian ini akan meredakan semua sakit gigi dengan berbagai sebab. Agar lebih pas ketika memijat, maka pijatan dilakukan sambil tangan di tekuk ke dalam.

Demikian beberapa titik pijatan pada cara meredakan sakit gigi dengan pijatan. Pijatan tersebut harus dilakukan dengan memperhatikan:

  • Ada tempat tertentu yang harus dipijat atau ditekan keras, seperti jari kaki dan tangan. Ada pula yang harus dilakukan dengan lembut, seperti di daerah tulang rongga mata.
  • Pijatan dapat dilakukan pada beberapa titik secara bergantian, sesuai dengan sakit gigi yang diderita. Setiap pijatan berlangusng selama 1 menit kemudian berganti titik.
  • Pada penyakit gigi yang telah kronis, pijatan sebaiknya dilakukan sehari tiga kali agar mendapatkan hasil optimal.
  • Pijatan dapat dilakukan dengan kombinasi obat herbal dan obat lain, jika dirasakan sakit gigi sangat mengganggu. Karena sebagian sifat pijatan hanya mengurangi.
  • Jika sakit masih berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan penyebab sakit dan memberikan pengobatan lebih tepat.

Sekian cara meredakan sakit gigi dengan pijatan. Supaya terus terjaga kesehatannya, jangan lupa memeriksakan gigi 6 bulan sekali sebab mencegah selalu lebih baik daripada harus mengobati.

You may also like