20 Makanan untuk Gusi Berdarah agar Cepat Sembuh

Pendarahan yang terjadi pada gusi adalah tanda dimana terjadi masalah atau penyakit pada area gusi. Perawatan gigi dan juga mengkonsumsi berbagai makanan sehat adalah langkah terbaik untuk menjaga pendarahan pada gusi supaya tidak terjadi.

Penumpukan plak pada gigi yang tidak dihilangkan tersebut akan semakin keras dan akhirnya berubah menjadi karang gigi sehingga mengakibatkan pendarahan pada gigi. Untuk mengatasinya ada beberapa makanan untuk gusi berdarah yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari hari seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Daging Tanpa Lemak

Dalam beberapa jenis daging seperti daging sapi, daging kambing dan juga tiram memiliki kandungan seng, vitamin B6 dan mineral tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi dan juga meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit gusi seperti gusi berdarah.

  1. Susu

Susu tidak hanya menjadi makanan penguat tulang dan gigi namun juga baik untuk memelihara kesehatan gusi. Bakteri yang menyebabkan radang gusi sehingga menimbulkan pendarahan bisa diatasi dengan kandungan kalsium tinggi yang terdapat dalam susu. Selain itu, kandungan dalam susu akan melawan bakteri mulut yang juga menjadi penyebab dari gusi berdarah.

  1. Sayuran Mentah

Berbagai sayuran yang dikonsumsi dalam keadaan mentah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengunyah sayur dalam keadaan mentah bisa memperbaiki sirkulasi darah pada gusi sehingga risiko gusi berdarah bisa dihindari.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan asam dalam mulut sehingga jika terjadi luka pada area gusi bisa disembuhkan lebih cepat. Tambahkan beberapa potong mentimun dalam asupan harian anda sebagai cara sehat untuk mengatasi gusi berdarah.

  1. Cranberry

Cranberry juga menjadi buah yang baik untuk menghentikan pendarahan pada area gusi. Dalam buah cranberry memiliki sifat anti bakteri yang bisa membersihkan bakteri berlebih di area gusi sehingga mengkonsumsi buah atau jus cranberry segar setiap pagi sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gusi.

  1. Aprikot

Sebagai akibat kekurangan vitamin A akan meningkatkan risiko gusi berdarah lebih tinggi. Dalam aprikot memiliki kandungan beta karoten tinggi yang akan membantu tubuh untuk menghasilkan vitamin A lebih banyak. Menambahkan aprikot dalam asupan sehari hari menjadi langkah baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sehingga terhindar dari penyakit gusi berdarah.

  1. Teh Hijau

Kandungan senyawa kompleks dalam teh hijau yakni katekin sangat baik untuk melawan berbagai radang sekaligus mengendalikan bakteri di area gusi karena sifat anti mikroba dalam katekin tersebut. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari tidak hanya baik untuk gusi berdarah namun juga menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh.


  1. Stroberi dan Kiwi

Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan gusi secara menyeluruh. Kandungan vitamin C dalam kedua buah ini akan meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk menjaga kesehatan gusi sehingga terhindar dari gusi berdarah.

  1. Kacang dan Biji Bijian

Beberapa jenis kacang dan biji bijian menjadi sumber protein nabati yang sangat tinggi. Kandungan mikronutrien didalamnya seperti magnesium, fosfor, seng, potassium dan juga kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi serta gigi anda sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat sehari hari.

  1. Bawang Mentah

Mengkonsumsi bawang dalam keadaan mentah sangat baik untuk menghilangkan bakteri penyebab gusi berdarah. Senyawa anti mikroba yang mengandung belerang dalam bawang mentah akan membunuh berbagai bakteri penyebab masalah pada gigi dan tentunya gusi berdarah.

  1. Jamur Shitake

Dalam jamur shitake mengandung lentinan yakni gula alami yang bisa mencegah radang gusi. Salah satu masalah gusi yakni gingivitis akan menyebabkan gusi merah bengkak dan juga pendarahan yang disebabkan karena bakteri biofilm. Sifat anti bakteri dalam lentinan ini secara khusus akan membunuh bakteri biofilm tersebut namun tetap memelihara bakteri sehat lain yang tidak menimbulkan masalah untuk tubuh.

  1. Seledri

Mengunyah daun seledri akan meningkatkan produksi air liur sehingga bakteri penyebab gusi berdarah bisa dimusnahkan. Seledri menjadi sayuran abrasif alami yang sangat baik untuk memijat gusi sekaligus mencegah gusi berdarah dan membersihkan area gigi anda.

  1. Coklat Hitam

Dalam coklat hitam yang terasa pahit ii mengandung theobromine yakni alkoloid yang akan menjaga kekuatan gigi dan juga kesehatan gusi sehingga gusi berdarah bisa dicegah dengan cara yang menyenangkan.

  1. Pisang

Dalam buah pisang mengandung magnesium, potassium dan juga mangan tinggi serta berbagai vitamin yang bisa menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh seperti membentuk email gigi, melawan kerusakan gigi dan juga mencegah gusi berdarah.

  1. Keju

Keju menjadi makanan baik dan juga nikmat untuk mengatasi gusi berdarah, meningkatkan kesehatan gigi dan juga menjaga enamel gigi karena kandungan protein dan kalsium tinggi didalamnya. Akan tetapi, pilihlah keju alami dan bukan keju olahan seperti krim keju, selai keju dan berbagai olahan keju lainnya.

  1. Jahe

Jahe sudah dikonsumsi sejak lama untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk menjaga kesehatan gusi dan menetralisir asam yang menyebabkan terbentuknya bakteri. Kandungan sifat anti inflamasi dalam jahe akan melindungi area mulut dari berbagai penyakit lainnya termasuk gigi, lidah, bibir dan juga gusi, tapi juga tetap waspadai efek samping jahe.

  1. Sayuran Hijau

Dalam sayuran hijau mengandung banyak nutrisi tinggi seperti kalsium, asam folat, vitamin E dan berbagai vitamin lainnya. Kekurangan asam folat akan menyebabkan seseorang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit gusi seperti gusi berdarah dan juga lebih rentan terhadap bakteri penyebab gingivitis dan periodontitis. Vitamin E dalam sayuran hijau juga penting untuk melawan berbagai penyakit dan antioksidannya akan melindungi tubuh dari kerusakan. Beberapa sayuran berwarna gelap seperti kangkung dan bayam sangat baik dikonsumsi untuk mencegah sakit gusi berdarah.

  1. Kismis

Meskipun manis, namun dalam kismis tidak mengandung sukrosa atau gula yang menyebabkan bakteri lebih mudah menempel pada permukaan gigi sehingga menghasilkan plak yang bisa membuat area gusi berdarah. Kismis menjadi sumber fitokimia yang bisa membunuh bakteri penyebab plak dan berbagai bakteri lain yang menjadi sumber penyakit gusi.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gusi. Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang bagus untuk menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh. Kandungan anti bakterinya akan membunuh berbagai bakteri penyebab dari gusi berdarah. Namun konsumsi secara wajar saja karena terdapat efek samping bawang putih bila dimakan berlebihan.

  1. Madu

Madu merupakan asupan nikmat dan manis alami yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah gusi berdarah karena sifat anti bakteri yang ada dalam madu. Sedangkan kandungan vitamin dan mineralnya akan menjaga kesehatan gusi secara menyeluruh.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan tentang makanan untuk gusi berdarah terbaik yang bisa anda konsumsi setiap hari. Beberapa makanan alami ini tidak hanya mencegah gusi berdarah namun juga menjaga kesehatan gusi secara menyeluruh.

, , ,