Enggan Puasa Saat Sakit Maag, Ini 6 Tips Puasa Khusus Penderita Maag

398

Sudah empat hari umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa tentunya akan memberikan perubahan yang sangat besar, terutama kebiasaan dan pola waktu makan. Saat puasa kita hanya bisa makan dan minum saat sudah masuk waktu berbuka dan sahur. Karena inilah banyak orang yang sedang sakit maag, memilih untuk tidak menjalankan puasa.

Meskipun dalam Islam juga mengijinkan bagi yang sakit untuk tidak puasa, tapi sayang kalau momen puasa dilewatkan begitu saja. Karena sebenarnya bagi yang sakit maag, tetap bisa menjalankan puasa dengan nyaman. Inilah beberapa tips puasa khusus penderita maag.

  1. Belajar Puasa Ringan

Jauh-jauh sebelum masuk bulan Ramadhan maka orang yang sakit maag bisa mencoba untuk berlatih puasa. Waktu untuk puasa tidak seperti puasa penuh saat ibadah, tapi mencoba untuk mengatur waktu makan. Misalnya mulai dari makan dan minum selama empat jam sekali atau durasi yang lain. Tips ini penting untuk membiasakan pencernaan jadi lebih nyaman dan sebagai cara menghilangkan perut kembung karena maag.

  1. Jumlah Makanan Saat Buka dan Sahur

Kemudian saat sudah masuk waktu berbuka dan sahur maka jangan langsung mengonsumsi banyak makanan dalam satu waktu. Cara ini memang sangat berlebihan dan bisa membuat perut tidak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan sakit perut dan mual setelah makan. Mulailah dengan makanan yang ringan dan tawar agar perut nyaman. Jangan langsung makan banyak sekaligus ya…

  1. Atur Waktu Minum

Saat sudah masuk waktu berbuka dan sahur maka Anda juga harus mencoba mengatur waktu minum. Ini sangat penting untuk mencegah maag kambuh karena cairan bisa membuat lambung lebih nyaman. Cairan juga akan mencegah dehidrasi sehingga saat puasa tubuh tetap sehat. Sebaiknya minum satu gelas air putih saat berbuka. Kemudian jarak minum diatur sesuai kebutuhan. Hindari minuman terlalu manis, mengandung soda dan kafein.

  1. Berhenti Puasa Saat Kurang Sehat

Adakalanya orang yang sedang sakit maag memang mudah sakit dan kurang sehat. Saat itu terjadi maka sebaiknya tidak memaksa untuk berpuasa. Lebih baik untuk mengatur kembali waktu makan karena jika dipaksa puasa maka maag bisa sangat buruk. Lambung bisa mengalami luka sehingga memicu tukak lambung.

  1. Penuhi Protein

Kebutuhan protein saat puasa untuk tubuh memang harus dipenuhi dengan cukup. Hal ini karena ketika puasa maka tubuh menggunakan cadangan gula dan glikogen. Untuk mencegah maag kambuh dan tidak nyaman maka perut harus bisa merasa kenyang lebih lama. Karena itu saat makan untuk berbuka dan sahur maka lebih baik mencukupi kebutuhan protein. Misalnya seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan sumber protein nabati lain.

  1. Pertimbangkan Suplemen

Bagi penderita maag memang mudah sakit dan tubuh mudah lemah. Karena itu bisa mencoba untuk tetap mengonsumsi suplemen makanan atau suplemen kesehatan. Nah untuk jenis suplemen yang diminum bisa dipertimbangkan dengan resep dokter sehingga tidak memberi efek untuk kondisi lambung Anda.

Nah, begitulah cara berpuasa untuk penderita sakit maag. Setelah memahami cara-cara ini tentunya sekarang bisa berpuasa dengan nyaman tanpa sakit.