Home Penyakit dan KelainanKulit dan Kelamin 12 Penyebab Kutil di Wajah Wajib Diwaspadai

12 Penyebab Kutil di Wajah Wajib Diwaspadai

by Erlita

Kutil adalah pertumbuhan kulit abnormal yang terjadi karena human papilloma virus. Beberapa jenis kutil yang sering terjadi khususnya di area wajah diantaranya adalah kutil filiformis dengan bentuk memanjang seperti benang dan juga kutil datar sampai kutil kelamin. Kutil di wajah ini meski tidak menimbulkan masalah medis, namun bisa menurunkan rasa percaya diri dan menghambat kegiatan sehari hari. Kutil yang merupakan penyakit kulit ini sangat menular dan bisa menyebar dengan mudah saat bersentuhan langsung dengan tubuh penderita. Selain disebabkan karena virus, ada beberapa faktor penyebab kutil di wajah lainnya seperti berikut ini.

  1. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan buruk seperti sering menyentuh wajah dan memencet jerawat ternyata bisa menyebabkan tumbuhnya kutil di area wajah. Luka terbuka karena aktivitas tersebut akan memudahkan virus mengenai kulit dan akhirnya timbul kutil khususnya jika kebersihan tangan tidak dijaga dengan baik.

  1. Berbagi Peralatan Untuk Wajah

Menggunakan berbagai peralatan yang digunakan pada wajah secara bersama-sama seperti:

  • Pinjam-meminjam alat cukur
  • Pinjam-meminjam kosmetik
  • Pinjam-meminjam handuk

Faktor-faktor ini bisa menyebabkan kutil tumbuh di area wajah anda. Hal ini terjadi karena berbagai alat tersebut mungkin saja sudah terinfeksi dengan virus penyebab kutil dari orang lain dan saat digunakan maka bisa menyebabkan virus berpindah dan tumbuh dengan subur pada wajah anda.

  1. Menggunakan Kolam Renang Umum

Penggunaan kolam renang umum juga menyebabkan virus HPV menyebar dengan cepat seperti pada genangan air di ubin kolam renang dan juga air dalam kolam renang tersebut. Menghindari penggunaan kolam renang umum menjadi langkah terbaik untuk menghindari kutil di area wajah, namun jika masih ingin menggunakan fasilitas tersebut, maka segera bersihkan tubuh khususnya area wajah dengan sabun antiseptik sehingga virus bisa segera mati dan tidak berkembang biak pada wajah anda.

  1. Infeksi

Virus yang menjadi penyebab kutil ini juga bisa menular dengan sangat cepat jika ada luka terbuka yang terinfeksi pada bagian wajah seperti karena jerawat, aktivitas menggaruk, mencukur dan berbagai hal lain yang menyebabkan luka terbuka pada kulit. Luka terbuka tersebut akan memudahkan virus HPV untuk menyerang dan akhirnya timbul kutil di sekitar wajah dan mata.

  1. Kontak Langsung Dengan Penderita

Virus HPV penyebab kondiloma akuminata sangat menular dan bisa terjadi karena kontak langsung dengan tubuh penderita kutil. Inilah yang menyebabkan anak anak lebih rentan terhadap kutil karena berbagai aktivitas di sekolah dan juga karena sistem kekebalan tubuh anak yang masih terbilang sangat rendah.

  1. Stres Berlebihan

Stres yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi penyebab dari kutil pada wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya yang timbul karena respons psikologis. Stres menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun drastis sehingga timbul berbagai infeksi penyakit seperti salah satunya kutil yang terjadi pada wajah, leher dan area lainnya.

  1. Nutrisi Buruk

Seperti yang kita ketahui, nutrisi buruk akan mempermudah berbagai virus menyerang tubuh manusia termasuk human papilloma virus atau HPV penyebab kutil dan penyebab skin tag pada wajah. Imun tubuh yang menurun akan mempersulit tubuh untuk melawan serangan virus tersebut. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi kafein, lemak olahan, gula olahan dan berbagai makanan tidak baik lainnya yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya melepaskan lebih banyak bahan kimia penyebab peradangan seperti histamin.

  1. Penurunan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam mencegah infeksi virus seperti flu biasa dan juga virus HPV penyebab kutil dan penyebab mata ikan. Jika sistem kekebalan tubuh cukup kuat, maka kemungkinan terkena kutil dan beberapa jenis penyakit kulit bisa diminimalisir sebab tubuh bisa mengatasi infeksi sebelum bermanifestasi pada permukaan kulit. Namun saat sistem kekebalan tubuh menurun khususnya pada anak anak dan remaja, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan yang disebabkan karena virus seperti salah satunya kutil.

  1. Memakai Pakaian Bergantian

Pemakaian pakaian secara bergantian tanpa dicuci dan juga beberapa barang lain seperti handuk atau kain yang sudah bersentuhan dengan penderita kutil juga bisa menyebabkan anda terkena kutil yang menyerang area kulit terinfeksi seperti luka bekas jerawat, mencabut alis, goresan dan luka lainnya.

  1. Human Papilloma Virus

Human Papilloma Virus atau HPV menjadi penyebab utama seseorang bisa terkena kutil di wajah dan bagian tubuh lainnya seperti telapak kaki, telapak tangan, leher bahkan di area genital seperti vagina dan penis. Human Papilloma Virus ini terdiri dari lebih 100 jenis, akan tetapi hanya beberapa Human Papilloma Virus saja yang bisa menyebabkan kutil seperti salah satunya jenis filiform dan beberapa jenis virus lainnya.

Sebenarnya, penyebab kutil di wajah dan beberapa tubuh lainnya terjadi karena human papilloma virus yang menjadi penyebab utama munculnya kutil. Seseorang akan semakin rentan terkena virus ini jika sistem kekebalan tubuh yang dimiliki sangat rendah ditambah dengan luka terbuka yang dimiliki, penggunaan barang secara bersama dan tidak menjaga kebersihan tubuh secara tepat. Sedangkan untuk cara menghilangkan kutil di wajah bisa dilakukan dengan perawatan alami atau tindakan medis seperti memakai cairan hidrogen.

You may also like