Penyebab Badan sering kesemutan Dan Cara Mengatasinya

2333

Kesemutan atau neuropati perifer adalah masalah umum yang paling sering dialami manusia namun penyebabnya berbeda beda  sehingga ada yang berlangsung hanya sementara ada juga yang jangka panjang.

Penyebab

Dilihat dari segi penyebabnya kesemutan dapat dibagi menjadi 2 golongan, Dimana kondisi tersebut dapat menentukan apakah kesemutan yang sedang dialami adalah kesemutan jangka pendek atau jangka panjang.

  1. Kesemutan jangka pendek

Badan sering kesemutan dapat  mudah disembuhkan jika termasuk dalam golongan kesemutan jangka pendek. Karena kesemutan jangka pendeka muncul karena faktor kelalaian, Kebiasaan  dan gaya hidup seseorang. Diantaranya:

  • Paparan zat racun –  Misalnya Timbal, Nikotin, Talium, Arsenik, Cat, Merkuri, Semen bangunan, Limbah industri, Zat kimia anti serangga dan lain lain.
  • Gaya hidup buruk – Kebiasaan merokok berlebihan sehingga tidak peduli dengan bahaya tar pada rokok bagi kesehatan saraf dan pembuluh darah.  Alkohol, Minum kopi berlebihan, Makan tidak terkontrol dan menyebabkan kegemukan, Pola makan tidak sehat, Jarang minum air putih, Malas berolahraga, Stres dan depresi.
  • Karena obat obatan – Obat kemoterapi, Obat pereda rasa nyeri, Obat untuk mengatasi sakit jantung, Obat anti kejang, Jenis obat obatan terlarang dan jenis Antibiotik.

2. Kesemutan jangka panjang

Jenis  kesemutan atau neuropati perifer yang  tidak mudah diatasi tanpa pemeriksaan fisik secara detail dan penggunaan obat medis dibawah pengawasan dokter yang terkait. Kesemutan jangka panjang adalah kesemutan yang muncul akibat penyakit  , Dimana kondisi medis tersebut sangat berhubungan dengan peredaran darah, saraf saraf dan pembuluh darah

  • Diabetes melitus , gangguan peredaran darah
  • Tumor otak, tumbuhnya sel kanker
  • Hipertensi , Stroke, Anemia kronis
  • Rematik, Gangguan darah, Asam urat akut
  • Infeksi tulang belakang, Gangguan ginjal
  • Kerusakan hati, Penyakit autoimun
  • Carpal tunnel syndrome dan saraf kejepit
  • Ketidakstabilan hormon, Penyakit neurologis
  • penyakit herpes, Kolesterol tinggi

Cara mengatasi

Cara mengatasi badan sering kesemutan dibagi menjadi 2 golongan dimana ke2 cara yang akan digunakan memiliki efek yang sama yaitu memperbaiki,  Mengembalikan dan mempertahankan sistem saraf sensorik agar tetap berada pada kondisi terbaiknya.

1. Tips cara mengatasi kesemutan jangka pendek

  • Mengkonsumsi suplemen vitamin  terutama vitamin B12  untuk kesehatan tubuh terutama saraf sensorik dan beberapa jenis mineral penting misalnya kalium tinggi seperti yang terdapat pada buah pisang, Kalsium Tinggi  seperti yang ada pada susu dan keju dan  Zat besi serta fungsi natrium bagi kesehatan tubuh.
  • Memperbaiki pola makan ke arah yang lebih baik yaitu yang berstandar 4 sehat 5 sempurna serta dikombinasikan dengan rutin melakukan olahraga ringan.
  • Mengurangi  kafein, Hindari merngkonsumsi alkohol,seacra berlebihan Menjauhi bahaya tar pada rokok, Hindari penyalahgunaan obat obatan terlarang, Hindari stres berlebihan dan istirahat cukup
  • Mandi air hangat, Melakukan pijat refleksi atau terapi pijat untuk seluruh tubuh, Melakukan yoga , Meditasi
  • Menjadikan batang kayu manis untuk obat alami  kesemutan yang terjadi pada bagian tangan bahkan mampu mengatasi badan sering kesemutan. Batang kayu manis bisa diseduh dalam segelas air hangat matang lalu dikonsumsi 2 kali sehari.

2. Penanganan kesemutan  jangka panjang

Kesemutan yang disebabkan karena penyakit lebih bijak jika tim kesehatan atau ahli medis rumah sakit yang menangani, Karena munculnya kesemutan merupakan indikasi bahwa sebenarnya seseorang sedang mengalami peningkatan resiko penyakit yang sebelumnya telah diderita.

Kesemutan atau neuropati perifer yang muncul terus menerus merupakan tanda jika didalam tubuh seseorang sedang mengalami proses penurunan kesehatan yang terjadi pada satu atau lebih dari organ tubuhnya. Kondisi ini membutuhkan penanganan serius dari dokter yang terkait dan bukan melalui metode pengobatan alternatif lagi.

langkah langkah pemeriksaan melalui tim medis :

  • Mengambil sampel darah untuk kepentingan penegakan (Diagnosa) pemeriksaan yang akurat agar dokter dapat mengetahui pasien memiliki masalah diabetes , Hipertensi dan stroke atau tidak.
  • Menditeksi kualitas fungsi dari kondisi imunitas tubuh, Menganalisa defisiensi vitamin, Pembuluh darah, Memeriksa fungsi dan kinerja lever, Memeriksa fungsi empedu dan ginjal  dan kelainan metabolisme.
  •  jka memang ada.
  • Pemeriksaan dan menganalisa beberapa hari dilaboratorium tentang kondisi cairan serebrospinal dan serabut saraf
  • Penggunaan elektromiogram (EMG), untuk melihat secara akurat kinerja dan aktivitas listrik di sepanjang otot dibeberapa bagin tubuh yang dicurigai mengalami gangguan pada sistem saraf sensoriknya.
  • Melakukan pengecekan kecepatan konduksi saraf yang mengalami kesemutan dan kebas
  • Penggunaan CT scan untuk meihat daan menganalisa fungsi pembuluh darah
  • Penggunaan MRI dan biopsi saraf saraf sensorik, Skin biopsi check untuk memantau dan menganalisa keadaan terkini dari  serabut serabut saraf sensorik dan dinding pembuluh darah.

Untuk mengatasi badan sering kesemutan yang telah berlangsung selama lebih dari 1 hingga 2 bulan disebabkan karena kondisi medis (penyakit), Maka dokter akan mengambil tindakan terakhir guna mewujudkan proses penyembuhan yang relatif lebih cepat. Tindakan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Tindakan operasi – operasi untuk memperbaiki  kondisi urat saraf  yang menyebabkan masalah kesemutan menjadi semakin meluas dan membentuk sebuah kerusakan jaringan lain yang ada didekatnya.

2. Penggunaan Gabapentin- Gabapentin merupakan  salah satu obat yang diformulasikan untuk masalah kejang dan kesemutan karena kondisi medis, Obat ini terbukti dapat mengatasi badan sering kesemutan menjadi berangsur pulih kembali..

3. Suntikan kortikosteroid – Suntikan yang berisi obat jenis Kortikosteroid dapat dimasukkan melalui pembuluh darah yang menderita kesemutan terus menerus. Obat ini mampu menenangkan inflamasi dan infeksi dibeberapa jaringan dan sekaligus menghilangkan rasa sakitnya.

4.Penggunaan Antidepresan trisiklik –  Pada penderita penyakit stroke, Diabetes melitus  dan hipertensi maka dapat .menggunakan obat jenis ini sesuai aturan dokter dapat meredakan rasa nyeri pada inflamasi