13 Akibat Sering Kesemutan Yang Harus Diwaspadai

2030

Semua manusia pasti pernah merasakan kesemutan tetapi bisa hilang dengan sendirinya setelah kondisi atau posisi tubuh dalam keadaan santai. Namun kesemutan dapat menimbulkan kerugian jika berlangsung terlalu lama karena dapat merusak pembuluh darah.

Penyebab dan Akibat

1. Posisi tubuh stagnan

Posisi yang terlalu lama tidak mendapat perubahan misalnya duduk, Jongkok atau melipatkan kaki menyilang dalam durasi yang terlalu lama adalah penyebab munculnya kesemutan dan rasa kebas yang berujung nyeri seperti ditusuk tusuk. Kondisi muncul karena aliran darah yang terhambat. Akibat sering kesemutan ini bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk berjalan beberapa saat.

2. Tumor otak

Tumbuhnya tumor  yang tumbuh pada bagian kepala terutama jaringan otak maka  dapat menekan saraf dan menghalangi pembuluh darah untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Akibat sering kesemutan karena tumor otak adalah  menyebabkan kesemutan pada bagian kepala dan bisa menimbulkan gejala gangguan lain misalnya sakit kepala, Mual dan muntah  serta gangguan penglihatan.

3. Flu terus menerus

Seseorang yang menderitabahaya flu terus menerus dapat mengalami gangguan aliran darah dan kelainan saraf sareaf tubuh. Akibat sering kesemutan karena flu berat ternyata dapat dijadikan acuan sebagai induikasi bahawa sumsum tulang belakang sedang mengalami inflamasi atau peradangan akibat serangan virus.

4. Gangguan tulang

Gangguan tulang merupakan salah satu penyebab munculnya kesemutan dan rasa kebas yang terjadi akibat saraf terjepit yang bermuara diarea engsel persendian. Akibat sering kesemutan yang ditimbulkan adalah  rasa sakit saat sendi digerakkan.

5. Penyakit spasmofilia

Jika kadar ion kalsium sangat rendah didalam darah maka akibat sering kesemutan yang akan muncul adalah rasa kebas dan diakhiri dengan rasa nyeri seperti tertusuk dengan ribuan jarum. . Jika ion kalsium sedikit dalam darah maka yang akan  terjadi selanjutnya adalah menurunnya tekanan karbondioksida dalam organ paru.

6. Kelainan autoimun

Sindrom guillan barre adalah penyakit yang masih berkaitan dengan kelainan autoimun pada manusia. Sindrom guillan barre penyebab kesemutan dan kebas akibat serangan virus yang menghalangi sekaligus menekan sistem saraf tepi. Gejala awal yang ditimbulkan berupa sesak nafas, kesemutan dan kebas dengan durasi yang cukup lama. Sindrom ini paling banyak menyerang pada orang orang yang memiliki riwayat autoimun.

7. Diabetes melitus

Diabetes melitus merupakan penyakit yang dapat membuat kerusakan pada pembuluh darah, Menyempitkan aliran darah dan meningkatkan potensi serangan stroke mendadak sehingga darah mengalir pada ujung saraf menjadi sangat minim .Kondisi inilah yang menyebabkan diabetes sebagai biang keladi munculnya kesemutan.

8. Gangguan jantung

Seseorang ayang memiliki penyakit jantung maka akan mudah mengalami kesemutan pada beberapa bagian tubuh, Hal ini terjadi karena berkaitan dengan tekanan pada jantung yang terlalu tinggi  atau akibat komplikasi yang melibatkan saraf saraf sekitar organ jantung.

9. Stroke ringan dan berat

Bahaya Stroke salah satunya adalah sama sama  dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak  dan memicu munculnya kerusakan pada saraf saraf stempat atau yang terdekat dengan jaringan kepala.

10.Sakit tulang belakang

Infeksi tulang belakang merupakan penyebab sakit tulang belakang paling berbahaya yang muncul akibat serangan virus yang telah terjadi dalam jangka panjang. Infeksi tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mengontrol buang air kecil sedangkan bagian tubuh bagian pusar kebawah mengalami kesulitan untuk digerakkan.

11.Kelelahan

Tubuh yang mengalami kelelahan yang luar biasa dapat menyebabkan ketegangan dan penyempitan pada pembuluh darah yang menyebabkan kesemutan dan rasa kebas. Akibat sering kesemutan karena tubuh yang lelah adalah munculnya peningkatan asam urat bagi penderita asam urat dan mempercepat munculnya penyakit rematik bagi penderita rematik.

12.Asam urat tinggi

Fungsi asam urat pada tubuh salah satunya adalah melancarkan pembuluh darah agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Asam urat yang mengalami peningkatan dapat menekan saraf saraf dibeberapa bagian tubuh tetapi yang paling sering terjadi adalah pada bagian kaki. Akibat sering kesemutan karena asam urat yang berlebihan adalah dapat menghambat aliran darah dan memperjelas rasa sakit akibat asam urat karena zat purin terus terdorong dan mengumpul .

13. Gangguan charcot marie tooth

Charcot marie tooth merupakan penyakit keturunan  yang melibatkan bagian tubuh tertentu mengalami serangan kesemutan yang bisa timbul tenggelam atau datang mendadak. Akibat sering kesemutan yang ditimbulkan dari Penyakit ini berkaitan dengan penyumbatan pembuluh darah dan tekanan pada saraf saraf akibat kelainan yang dibawa sejak lahir.

Fakta tentang kesemutan

  • Masalah kesemutan dapat segera dihilangkan dengan cara meregangkan otot dengan gerakan gerakan ringan agar aliran darah kembali ringan dan memperbaiki pembuluh darah yang menyempit
  • Jika kesemutan disebabkan karena faktor adanya penyakit dapat diatasi dengan memperbaiki pola hidup yang lebih sehat dan mentaati aturan pengobatan yang dianjurkan dokter yang terkait.
  • Kesemutan dapat menyerang segala usia dan bukan dinyatakan sebagai penyakit tetapi hanya sebagai dampak buruk akibat aliran darah , Saraf saraf dan pembuluh darah mengalami tekanan dan sumbatan akibat prilaku manusia yang memungkinkan kesemutan itu harus terjadi.
  • Kesemutan bisa dijadikan indikasi yang akurat bahwa seseorang sedang memiliki penyakit tertentu yang biasanya berhubungan dengan pembuluh darah dan kelainan saraf.
  • Kaki yang dibiasakan untuk berjalan atau bergerak lebih jarang terserang kesemutan dan kebas, Karena orang yang suka berjalan terbukti mempunyai aliran darah yahg selalu lancar dan pembuluh darah serta saraf saraf tubuh gdalam kondisdi yang prima.
  • Kesemutan bisa bersifat hanya sebentar tetapi pada sebagian orang masalah kesemurtan dan kebas dapat menyerang dengan durasi yang panjang dan menyebabkan kesulitan untuk berjalan.