Home Penyakit dan KelainanKeputihan Jenis Jenis Keputihan dan Penyebabnya Pada Wanita

Jenis Jenis Keputihan dan Penyebabnya Pada Wanita

by Nila

Penyakit keputihan pada umumnya rentan menyerang wanita yang sedang hamil. Kondisi ini disebabkan karena hormonal mengalami perubahan. Dimana salah satu efek terhadap perubahan hormonal ini adalah produksi cairan di dalam tubuh meningkat. Penyebabnya adalah kewanitaan dari wanita hamil sedang mengalami proses tingkat keasaman yang menurun. Sebagai akibat adanya perubahan pada daerah pencernaan.

Nah kondisi di atas adalah pemicu meningkatnya wanita hamil sering mengalami keputihan. Yang umum adalah keputihan karena infeksi jamur. Cara mengobati keputihan pun harus diawali dari jenis keputihan tersebut dan apa penyebabnya. Melalui artikel ini, kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan lebih lanjut tentang penyakit ini disertai jenis, penyebab dan cara untuk mencegahnya.

Jenis – Jenis Keputihan

Secara Fisiologis dan Patologis, penyakit keputihan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Jenis Keputihan Fisiologis

Kerap menyerang ketika anda sedang masa – masa subur, sebelum atau sesudah menstruasi. Pada kondisi ini terdapat lendir yang berlebihan, namun kondisi masih dianggap normal, dimana lendir ini dapat menyebabkan rasa gatal – gatal namun tidak mengeluarkan aroma bau tak sedap. Keputihan jenis ini yang menyerang kelompok wanita hamil tidak berpengaruh buruk secara langsung terhadap calon janin mereka karena calon janin dilindungi oleh selaput ketuban.

Keputihan jenis ini dalam ilmu medis dikenal dengan istilah keputihan normal yang mempunyai ciri – ciri sebagai berikut : jumlah cairan yang keluar sedikit, tidak menimbulkan rasa gatal dan tidak bau, cairan yang keluar encer berwarna krem / bening.

2. Jenis Keputihan Patologis

Keputihan jenis ini terjadi karena adanya infeksi akut yang menyebabkan resiko bayi akan lahir premature jika menyerang kelompok wanita hamil, dimana jika lahir maka bayi akan terserang infeksi. Infeksi virus yang mengganggu bayi akan beresiko bayi terganggu pada area pencernaan dan pernafasan sehingga dapat menyebabkan bayi meninggal jika para orangtua kurang perduli dengan kondisi kebersihan area kewanitaan mereka. Sedangkan bayi yang terserang infeksi bakteri akan menyebabkan bayi lahir cacat yaitu kebutaan. Dalam dunia medis keputihan jenis ini dikenal dengan istilah keputihan abnormal. Termasuk ke dalam jenis penyakit ganas yang berefek buruk dan mengganggu kesehatan wanita pada umumnya terkait dengan area kewanitaan.

Ciri – ciri dari keputihan jenis Patologis adalah sebagai berikut : cairan yang keluar sangat kental dan menimbulkan rasa gatal – gatal, jumlah cairan yang keluar cukup banyak dan pada pakaian dalam wanita akan menyisakan tanda bercak – bercak berwarna putih seperti susu atau jika parah akan berwarna kuning / hijau serta mengeluarkan bau tak sedap.

Penyebab Wanita Mendapatkan Keputihan

Faktor utama adalah kebersihan pada area kewanitaan kurang terjaga dengan baik. Kondisi buruk ini memicu munculnya kelembaban pada area kewanitaan dan jika dibiarkan akan mengalami peningkatan disebabkan karena infeksi bakteri Patogen yang sangat mudah sekali menyebar ke oragan lain dari tubuh seorang wanita.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan tentang penyebab wanita kerap mengalami keputihan, tersebut di bawah ini :

1. Penyebab karena virus.

Keputihan yang muncul karena virus disebabkan anda kebetulan mengidap penyakit kelamin yang cukup parah, contohnya adalah HIV / AIDS, Conyloma atau Herpes. Tandanya adalah cairan yang keluar berbau menyengat tak sedap dan pada umumnya rentan menyerang ibu – ibu hamil yang mendapatkan penyakit ini karena adanya hubungan seksual sehingga tertular oleh virus Herpes. Gejala lainnya adalah terdapat luka melepuh di area lubang kewanitaan, menimbulkan rasa gatal dan panas dan jika dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan mereka terserang kanker mulut rahim yang cukup berbahaya karena pada awalnya mereka terserang keputihan.

2. Penyebab karena stres.

Seperti diketahui bahwa otak adalah pengontrol tubuh dalam melakukan fungsinya setiap hari. Nah ketika reseptor otak sedang dalam kondisi buruk alias mengalami stres maka akan menyebabkan keseimbangan hormon menjadi berubah drastis sehingga muncullah penyakit yang bernama keputihan.

3. Penyebab karena pengaruh obat – obatan.

Pengaplikkasian obat – obatan antibiotik untuk jangka waktu panjang akan menyebabkan di dalam tubuh wanita mengalami sistem imunitas dimana justru melalui obat – obatan inilah seorang wanita rentan terserang penyakit keputihan. Sedangkan pengaplikasian pil KB menyebabkan munculnya gangguan keseimbangan hormonal.

4. Keputihan karena pengaruh jamur, parasit, bakteri dan virus.

Jamur yang tumbuh subur di area kewanitaan wanita adalah Jamur Monilia atau populer dengan nama Jamur Candidas. Keputihan yang disebabkan karena jamur ini memiliki tanda keluarnya cairan dari kewanitaan berwarna putih susu, kental, sangat berbau tak sedap, dan menimbulkan rasa gatal – gatal di sekitar area kewanitaan. Selanjutnya kondisi akan semakin parah jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya usaha untuk mencegah, kewanitaan akan meradang dan berwarna kemerahan. Pada wanita yang memiliki penyakit kencing manis akan mudah mengalami daya tahan tubuh yang rendah apalagi disertai dengan menggunakan pil KB maka sangat rentan terserang penyakit keputihan.

5. Penyebab karena bakteri Gardnella.

Ciri dari keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini adalah keputihan berwarna keabuan, agak encer, berbuih dan mengeluarkan bau tak sedap. Jika dibiarkan begitu saja maka akan memunculkan rasa gatal yang cukup mengganggu.

6. Penyebab karena adanya parasit Trichomonas Vaginalis

Penyebab keputihan yang cukup sering adalah karena parasit. Parasit ini tumbuh subur dan sangat mudah menular melalui hubungan seks, pada bibir kloset yang kotor, atau perlengkapan mandi. Keputihan karena penyebab ini memiliki ciri cairan yang keluar sangat kental, berwarna kuning / hijau, berbau tak sedap, berbuih dan menyebabkan munculnya rasa gatal – gatal dan area kewanitaan akan terasa sakit jika ditekan.

Kiat Jitu Guna Mencegah Keputihan

  • Hindari mengikuti kegiatan yang menyebabkan anda mudah merasa bosan dan lelah, lalu mengeluarkan keringat yang berlebihan. Usai melakukan kegiatan ini segeralah mandi dan jangan lupa untuk membersihkan area kewanitaan anda dengan cara yang benar.
  • Rileks sejenak ketika anda terserang stres, karena stres bisa memacu keputihan menjadi semakin parah, segera ambil waktu libur atau cuti dan jalan – jalan ke tempat – tempat wisata dimana anda bisa rileks sejenak.
  • Kenakan pakaian luar seperti celana panjang yang mempunyai pori – pori halus, hindari memakai celana luar yang terlalu ketat karena sirkulasi darah di area kewanitaan menjadi terganggu.
  • Hindari terlalu lama menggunakan Panty Liner, kenakan ketika dirasa anda membutuhkan saja.
  • Pembalut wanita wajib diganti sesering anda bisa mengganti ketika sedang masa menstruasi.
  • Kenakan pakaian dalam berbahan dari kaos / katun yang dapat menyerap keringat dan dalam kondisi kering. Jika sedang bepergian jangan lupa berjaga – jaga dengan membawa pakaian dalam lainnya untuk sewaktu – waktu diganti.
  • Ketika mandi jangan lupa untuk mencuci kewanitaan dengan bersih untuk selanjutnya dikeringkan sebelum anda mengenakan pakaian.
  • Organ intim wajib dibersihkan dengan rutin setiap hari. Dapat menggunakan pembersih yang aman yaitu tidak mengganggu keseimbangan pH kewanitaan anda, mengandung bahan dari susu, karena bahan ini berfungsi menjaga pH tetap stabil sekaligus menekan jumlah kembangbiak bakteri jahat seperti halnya memanfaatkan sabun antiseptik tetapi hindari jangka panjang karena justru menimbulkan rasa gatal – gatal.
  • Hindari terlalu sering mengaplikasikan bedak / bubuk lainnya sejenis bedak dengan tujuan untuk mengurangi kelembaban area kewanitaan atau membuat aroma harum, bedak terdiri dari butir – butir yang sangat halus sehingga mudah terselip ke dalam area kewanitaan dan agak sulit untuk dibersihkan, jika menumpuk berlebihan justru akan menyebabkan jamur jahat tumbuh subur di area tersebut.

Kiat Jitu Dari dr. Boyke Dian Nugraha

Penyakit keputihan jika anda biarkan begitu saja maka akan sangat berbahaya, selain memperhatikan tips dari kami tersebut di atas, ada solusi jitu dari pakar seksolog Indonesia, dr. Boyke Dian Nugraha yang merekomendasikan produk tisu kesehatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan anda. Mengandung formula bebas alkohol, bahan – bahan dari extrak alami, pH balance adalah pendukung tisu jenis ini menjadi media pembasuh kewanitaan yang aman dan nyaman sepanjang hari. Khasiat yang lainnya antara lain : mencegah anda terserang sakit Kanker Serviks, mendegah tumbuhnya jamur yang mengeluarkan bau tak sedap di area kewanitaan, mengatasi masalah keputihan stadium awal, melenyapkan rasa gatal – gatal dan menjaga kesehatan kulit di area kewanitaan.

You may also like