24 Cara Agar Cepat Tidur Malam dan Bangun Pagi Terefektif Wajib Dicoba

1133

Apakah Anda termasuk dari orang-orang yang susah tidur di malam harinya dan terasa sulit bangun di pagi hari? Inilah beberapa cara agar cepat tidur malam dan bangun pagi yang bisa Anda coba lakukan supaya aktivitas tidak terganggu dan tubuh pun terasa lebih bugar.

  1. Membersihkan Tempat Tidur

Supaya Anda bisa lebih cepat tidur nyenyak di malam hari, bersihkanlah tempat tidur setiap hari. Cepat tidur dapat didukung dengan keadaan bersih dan nyaman dari tempat tidur Anda. Setiap pagi, Anda bisa mengibaskan sprei Anda, berikut juga selimut, guling dan bantal lalu menjemurnya. Karena cepat tidur malam, maka juga akan mudah bangun pagi.

  1. Menghindari Main Gadget ½ – 1 Jam Sebelum Tidur

Perlu diketahui bahwa main gadget adalah salah satu alasan mengapa banyak orang kemudian mengalami insomnia dan sulit tidur nyenyak pada malam hari. Produksi hormon melatonin dapat terhambat karenanya, sehingga esok pagi pun menjadikan Anda sulit bangun. Jadi sebagai solusi, Anda perlu menghindari gadget paling tidak setengah sampai sejam sebelum tidur.

  1. Menggunakan Kasur Nyaman

Selain tempat tidur yang bersih, Anda perlu memakai kasur yang nyaman supaya tidur bisa lebih nyenyak. Jika memang kasur sudah tak lagi nyaman, Anda bisa menggantinya demi kualitas tidur lebih baik. Ketika kualitas tidur baik, otomatis bangun pagi juga lebih mudah dan cepat.

  1. Menghindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Selain makanan berat mampu menyebabkan obesitas, konsumsi makanan berat tepat sebelum tidur hanya akan membuat Anda sulit tidur, setidaknya hal ini terjadi pada beberapa kasus. Apabila hendak mengonsumsi makanan berat, beri selisih 2 jam sebelum Anda kemudian lanjut untuk tidur supaya bisa tidur nyenyak dan esok pagi bangun lebih gampang.

  1. Mematikan/Meredupkan Lampu Sebelum Tidur

Beberapa orang memang lebih betah tidur dengan lampu menyala terang, namun jika hal ini salah satu penyebab mengapa Anda sulit tidur, segera ubah kebiasaan ini. Meredupkan atau mematikan lampu sebelum tidur mampu membuat Anda jauh lebih rileks dan cepat tidur sehingga keesokannya bisa bangun pagi lebih mudah.

  1. Minum Teh Herbal

Supaya tidur malam lebih cepat dan bangun pagi lebih mudah, minumlah teh herbal atau bahkan teh hangat biasa secangkir saja di sore hari sekitar jam 4-5. Hal ini cukup berpengaruh pada pikiran yang lebih tenang saat akan tidur malamnya.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat di sore hari atau beberapa waktu saja sebelum tidur bisa menjadikan tubuh, khususnya otot-otot jauh lebih baik dan tenang. Dengan begitu, otomatis tidur malam bisa jauh lebih nyaman dan rileks dan esok pagi Anda bisa bangun pagi lebih segar.

  1. Mengenakan Penutup Mata Saat Tidur

Jika ingin tidur malam lebih cepat nyenyak, cobalah mengenakan penutup mata, khususnya apabila sudah mematikan lampu kamar tapi tetap ada cahaya luar yang memasuki ruangan. Dengan cepat tidur di malam hari, pagi pun Anda bisa bangun dengan mudah dan segar.

  1. Menghindari Tidur Siang

Apabila ingin malamnya tidur lebih cepat dan nyenyak, beberapa orang perlu menghindari aktivitas tidur siang. Ketika siang Anda terbiasa tidur, maka otomatis malamnya akan tidur lebih malam dari waktu tidur idealnya sehingga keesokannya akan lebih mudah bangun kesiangan.

  1. Banyak Beraktivitas di Siang Hari

Aktivitas yang dipadatkan di siang hari adalah salah satu cara supaya tubuh bisa merasa lebih cepat lelah sehingga malamnya Anda bisa tidur lebih cepat. Tanpa tidur siang dan aktivitas yang banyak, tubuh yang lelah akan membawa Anda tidur lebih nyaman dan esok pagi tak akan terlambat bangun.

  1. Melatih Pernapasan

Terapi atau melakukan latihan pernapasan adalah langkah lain yang bisa coba Anda lakukan setiap sebelum tidur agar dapat menghindari insomnia. Caranya adalah dengan mengambil napas dalam-dalam menggunakan hidung, lalu selama 10 detik tahanlah dengan baik, lanjutkan dengan mengeluarkannya dari mulut.

  1. Memfokuskan Diri Untuk Tidur

Kalaupun Anda merasa belum mengantuk sama sekali, Anda perlu mencoba tetap memejamkan mata, lalu pikiran Anda fokuskan untuk segera cepat tidur. Segala permasalahan yang mungkin Anda tengah pikirkan bisa Anda abaikan supaya tak mengganggu waktu tidur Anda.

  1. Berolahraga Rutin

Olahraga apapun yang Anda senangi bisa menjadi pendukung kesehatan tubuh sekaligus mencegah insomnia. Olahraga bisa menjadikan suasana hati lebih baik, namun waspadai akan bahaya olahraga yang berlebihan. Intensitas dan frekuensi olahraga bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan fisik sekaligus tingkat kebugaran.

  1. Menambah Asupan Kalsium

Kalsium adalah jenis mineral yang baik dalam membuat sistem saraf tubuh lebih rileks. Itulah mengapa penting untuk menambah asupan kalsium dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi, termasuk juga susu hangat di malam hari sebelum tidur.

  1. Menekan Telapak Kaki

Sebelum tidur, agar bisa tidur lebih cepat, cobalah menerapi telapak kaki Anda. Tekanlah bagian tersebut 5 menit lamanya. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap malam untuk bisa cepat tidur dan keesokan pagi Anda akan bangun lebih cepat dan tidak terlambat.

Cara Lainnya Agar Cepat Tidur Malam dan Bangun Pagi

Selain dari beberapa cara ampuh yang sudah disebutkan, masih ada beberapa langkah lainnya yang perlu Anda coba supaya cepat tidur malam dan bangun pagi lebih gampang, yakni:

  • Menggunakan aromaterapi di kamar.
  • Posisi tidur ke arah samping atau miring.
  • Tidak minum kafein sebelum tidur.
  • Menghindari topik pembicaraan berat sebelum tidur.
  • Memasang alarm.
  • Memastikan tak ada nyamuk di dalam kamar.
  • Memakai selimut saat kedinginan.
  • Menghidupkan kipas angin atau AC saat kepanasan.
  • Berusaha tidur lebih awal.

Bagaimana dengan cara-cara agar cepat tidur malam dan bangun pagi di atas? Cukup mudah untuk Anda lakukan setiap hari bukan? Selamat mencoba beberapa tips tersebut dan kiranya Anda bisa lebih cepat tidur di malam hari serta tak kesulitan untuk bangun keesokan paginya.