3 Obat Demam Tulang Yang Paling Ampuh

Demam tulang adalah suatu penyakit yang ditandai dengan demam tinggi serta nyeri pada hampir semua persendian tulang. Demam tulang ini biasanya disebut dengan flu tulang serta chikungunya. Demam tulang atau flu tulang hanyalah suatu istilah sedangkan nama penyakit yang sesungguhnya adalah chikungunya.

Chikungunya atau demam tulang merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua nyamuk tersebut merupakan nyamuk yang biasanya ada di sekitar lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya.

Jika anda terkena demam tulang, anda tentu harus segera memberikan obat demam tulang agar gejala yang timbul bisa segera diatasi. Demam tulang ini biasanya baru terasa 2 sampai 7 hari setelah nyamuk menggigit kita. Virus tersebut berinkubasi terlebih dahulu baru kemudian menimbulkan efek pada tubuh.

Berikut ini adalah beberapa gejala chikungunya atau demam tulang.

  • Demam tinggi secara mendadak
  • Semua persendian terasa kaku dan susah digerakkan, bahkan terkadang hingga tidak bisa berdiri
  • Flu dan Sakit kepala
  • Tubuh terasa menggigil
  • Muncul ruam merah di seluruh tubuh
  • Mual dan muntah
  • Tubuh menjadi kaku pada setiap bangun tidur di pagi hari

Gejala demam tulang ini sangat mirip dengan demam berdarah. Hal ini dikarenakan keduanya memang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Namun ada perbedaan khusus yakni pada demam berdarah tubuh akan terasa lemas, sedangkan pada demam tulang efek yang paling terasa adalah persendian yang kaku dan susah digerakkan.

Pengobatan yang dilakukan pada pasien dengan demam tulang atau chikungunya sebenarnya tidak ada. Hal ini dikarenakan virus adalah salah satu spesies yang sangat susah sekali untuk dimatikan. Semua pengobatan ditujukan untuk mengatasi gejala penyakit demam tulang tersebut dan meningkatkan imunitas tubuh.

Berikut ini adalah 3 obat demam tulang yang bisa kita kombinasikan antara pengobatan secara alami dengan pengobatan kimia.

  1. Pengobatan Menggunakan Temulawak dan Kunyit

Temulawak dan kunyit merupakan dua bahan herbal yang secara ilmiah telah dipercaya untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh (immunomodulator), meningkatkan nafsu makan, menurunkan mual, mengobati demam serta bisa juga mengatasi nyeri dan sakit kepala.

Temulawak dan kunyit memiliki kandungan senyawa kurkuminoid yang merupakan senyawa antioksidan, antibakteri, antipiretik, anti-inflamasi, dan analgesik. Kedua bahan herbal tersebut bahkan saat ini sudah menjadi resep utama dalam setiap pengobatan penyakit di klinik pengobatan yang menggunakan jamu tersaintifikasi.

Cara penggunaan temulawak dan kunyit dalam pengobatan demam tulang adalah dengan merebus parutan kunyit dan temulawak ditambah dengan gula merah secukupnya. Cara merebusnya lebih baik menggunakan kuali yang terbuat dari tanah. Setelah direbus kemudian disaring dan air ramuan tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari 1 gelas.

  1. Pengobatan Kimia dengan Obat

Apabila kita memeriksakan diri ke dokter dan kita didiagnosa terkena demam tulang atau chikungunya, dokter tentu akan memberikan obat untuk mengatasi gejalanya. Obat yang biasa diberikan dokter adalah obat yang berfungsi sebagai analgesic dan antipiretik. Di antaranya adalah parasetamol, ibuprofen, naproxen. Selain itu dokter kadang juga memberikan kortikosteroid topikal untuk mengurangi nyeri di persendian.

  1. Perbanyak Minum Air Putih dan Istirahat

Salah satu penunjang utama dalam pengobatan penyakit yang disebabkan oleh virus seperti cacar, herpes, atau demam berdarah adalah dengan memperbanyak minum air putih serta istirahat. Penyakit yang disebabkan oleh virus tentu akan menurunkan imunitas kita. Untuk itu kita harus mencegah agar tidak dehidrasi sehingga metabolisme dalam tubuh tetap berlangsung secara normal.

Istirahat cukup akan sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih lagi pada saat demam tulang, semua persendian akan susah digerakkan. Tentu kita hanya akan berbaring saja hingga tubuh kita benar benar fit dan bisa beraktivitas kembali.

Demikian obat demam tulang dan beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan demam tulang. Jika anda memiliki gejala yang sama yakni demam dan persendian terasa kaku, lebih baik anda memeriksakan diri ke dokter agar segera dilakukan penanganan. Terima kasih.