Tips Praktis Mengolah Kacang Agar Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

587

Kacang – kacangan sangat mudah untuk diolah menjadi beragam makanan kemasan, camilan ringan, atau sebagai makanan tambahan. Juga diketahui bahwa kacang bermanfaat kesehatan untuk pasien penderita diabetes. Tetapi sebagai pasien penderita diabetes, anda harus ingat bahwa tidak semua jenis kacang bagus dikonsumsi secara berlebihan.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa dengan menambahkan kacang ke dalam makanan yang anda konsumsi setiap hari maka kemungkinan besar akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk pasien penderita diabetes tipe 2. Di bawah ini adalah khasiat kacang seperti dijelaskan di atas yaitu untuk penderita pasien diabetes agar merasa lebih bugar dan bersemangat, sebagai berikut :

1/ Menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Makanan berupa kacang diketahui banyak mengandung zat lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengikat efek – efek positif terhadap kandungan kolesterol darah. Anda wajib dalam sehari menambahkan kacang – kacangan ke dalam menu makanan yang anda konsumsi untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor utama pemicu munculnya penyakit jantung. Kacang banyak mengandung ‘fitokimia’ adalah zat pendukung kesehatan tubuh manusia secara garis besar yang mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit – penyakit kronis.

2/Mengendalikan berat badan

Kacang – kacangan diketahui banyak mengandung kalori dalam jumlah cukup tinggi sehingga perut menjadi lebih kenyang dan tak mudah lapar. Dengan mengonsumsi kacang maka dapat membantu si pasien yang sedang melakukan diet untuk memperoleh berat badan ideal serta mengecek apakah berat badan anda sudah ideal saat ini, pengetesan dilakukan dengan menggunakan kalkulator indeks massa tubuh / IMT.

3/Membantu untuk mengendalikan kandungan gula darah dalam tubu

Kacang – kacangan diketahui banyak mengandung indeks glikemik rendah yaitu sebesar 13. Nah kondisi inilah yang menyebabkan kacang – kacangan menjadi lamban untuk diubah menjadi zat glukosa sehingga gula darah berlebihan dapat dikendalikan. Kacang – kacangan banyak mengandung zat magnesium yang berfungsi sebagai media untuk mengurangi kadar insulin naik pada tubuh anda. Ada sekitar 28 jenis kacang dikenal mengandung 12 % zat magnesium sesuai dengan kebutuhan tubuh terhadap asupan magnesium per hari yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

4/Kacang olahan sendiri bermanfaat bagi pasien diabetes

Hindari mengonsumsi produk kacang – kacangan yang dijual di pasaran karena sudah dalam kondisi kering dan tidak mengandung lemak / minyak, tentu saja produk ini kurang bermanfaat bagi anda yang kebetulan menderita penyakit diabetes. Kacang dalam kemasan di mall – mall kadang – kadang mengandung gula dan garam dalam jumlah cukup tinggi. Maka dari itu hindari secara berlebihan mengonsumsi camilan berupa kacang – kacangan yang dikemas menarik pada pasaran bagi si penderita pasien diabetes.

Disarankan untuk membeli kacang mentah saja lalu mengolahnya menjadi beragam kudapan ringan di rumah sehingga bisa mengontrol porsi tambahan perasa, kadar gula dan garam dalam pengolahannya sesuai dengan keperluan anda. Sekali waktu konsultasi ke dokter untuk tujuan mengetahui porsi tepat yang sesuai dengan selera anda dan tidak melanggar syarat kesehatan untuk makanan yang anda konsumsi setiap hari. Nah jika kacang yang anda olah di rumah ternyata menimbulkan alergi seperti gatal – gatal di sekitar mulut anda, ruam – ruam atau gejala yang lain maka anda wajib menghubungi dokter.

Berikut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa camilan ringan terbuat dari kacang yang dapat anda olah di rumah diambil dari berbagai sumber berita guna menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes :

1/Membuat sendiri cookies dari kacang

Kacang – kacangan dapat diolah menjadi kue kering cookies dengan menambah bahan – bahan lainnya seperti tepung, telur ayam, ekstrak vanili, diberi tambahan pelezat yang lainnya.

2/Membuat sendiri selai kacang

Campurkan kacang yang sudah dikuliti dengan secukupnya garam, dan madu lalu giling secara bersamaan hingga membentuk pasta. Lalu simpan pada wadah kedap udara dan tertutup rapat dalam kulkas. Nah jadilah selai yang bermanfaat sebagai pengganti selai kacang kemasan yang saat ini banyak dijual di pasaran. Bila dikonsumsi, bisa dicampurkan dengan roti atau diolah menjadi pelezat beragam kue.

3/Kacang panggang

Cara termudah untuk menjadikan kacang sebagai olahan camilan di rumah adalah memanggangnya yang dikenal dengan nama kacang panggang. Panggang kacang dengan sebelumnya ditaburi garam secukupnya saja sebagai perasa tambahan / pelesat, selanjutnya tempatkan dalam toples sehingga anda dapat mengonsumsinya kapan saja anda mau. Meskipun diolah di rumah bukan berarti anda boleh mengonsumsi secara berlebihan, makanlah seperlunya saja. Hindari mengolah kacang dengan cara digoreng karena akan menjadi produk olahan yang mengandung banyak lemak jenuh dari minyak goreng karena lemak jenuh kurang baik bagi kesehatan penderita pasien diabetes.

4/Brownis selai kacang

Giling kacang atau gunakan selai kacang tersebut di atas lalu dicampur dengan tepung gandum, telur, mentega dan kacang almond. Selanjutnya adalah tempatkan adonan di dalam loyang kue yang sebelumnya dioles mentega / margarin dan masukkan ke dalam oven. Setelah matang dan berwarna kecoklatan berarti sudah matang dan dapat disajikan. Meskipun sudah dibuat dari rumah, kue ini banyak mengandung kalori jadi perhatikan porsi makan jangan berlebihan.