Ternyata Pola Sarapan Pagi Bagi Penderita Diabetes yang Salah Ini, Sering Dilakukan !

608

Bagi anda penderita diabetes haruslah berhati -hati dalam menerapkan pola sarapan pagi agar jangan sampai salah karena dapat memperburuk Penyakit Diabetes yang anda derita. Simak penjelasan dari kami berikut di bawah ini .

Bagimanakah pola makan sehat seharusnya dilakukan justru sebaliknya melakukan pola yang salah dalam sarapan pagi bagi Penderita Diabetes ?

Pengaturan pola makan sehat wajib diperhatikan bagi anda yang menderita Penyakit Diabetes. Kerapkali mereka melakukan kesalahan yaitu melupakan waktu sarapan pagi yang kurang memperhatikan perhatian serius dari anda sehingga terkesan asal-asalan saja melakukan sarapan pagi alias yang penting kenyang sehingga kerap menjadi boomerang. Kondisi ini juga sering terjadi pada mereka yang sehat sering kali melupakan waktu tepat dan menu sehat untuk sarapan pagi bahkan kadang-kadang terlewatkan karena beragam alasan, padahal sarapan dengan mengaplikasikan menu dan pola teratur serta sehat akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama buat Penderita Diabetes.

Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan 3 kesalahan / keteledoran terhadap pola makan dan sarapan pagi yang kerap dilakukan oleh para Penderita Diabetes sebagai berikut di bawah ini :

1/Jangan Melewatkan Sarapan Pagi

Kasalahan fatal yang kerap anda abaikan adalah melewatkan sarapan pagi. Karena ingin menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap normal, justru mereka memilih untuk tidak sarapan pagi, dan kebiasaan buruk ini hingga saat ini masih banyak dilakukan oleh warga termasuk para penderita Penyakit Diabetes yang berpikir melewatkan sarapan pagi akan menyebabkan tubuh menjadi agak bugar, nah hal ini sama sekali tidak benar.

Riset menjelaskan yang dimuat dalam jurnal ‘Diabetes Care’ telah membuktikan bahwa penderita yang suka mengabaikan sarapan pagi justru akan mengalami peningkatan kadar gula hingga 37 persen usai makan siang apabila dibandingkan dengan mereka yang suka melakukan sarapan pagi. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan yang mampu bertahan hingga malam menjelang yaitu menjadi 27 persen lebih parah. Kondisi ini telah membuktikan bahwa sarapan pagi yang benar ternyata sangat penting untuk dilakukan oleh Penderita Diabetes. Maka dari itu usahakan bisa bangun pagi untuk membuat menu sarapan pagi yang bercita rasa enak dan memiliki multi fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh juga yaitu suasana hati menjadi lebih ‘mood’ sehingga pikiran terpengaruh menjadi segar dan jernih karena tidak terburu – buru dalam melakukan kegiatan / aktivitas baru di hari yang baru.

2/Melakukan Sarapan Yang Sedikit Lalu Banyak Makan Malam

Di Indonesia masyarakat seringkali berpendapat bahwa sarapan pagi identik dengan makan ringan dengan porsi seadanya saja dibandingkan dengan makan malam sama dengan menu makan siang. Ini adalah kebiasaan buruk terutama untuk para Penderita Diabetes.

Riset menjelaskan yang didukung oleh penelitian yang lainnya dalan jurnal ‘Diabetologia’ menemukan bahwa Penderita Diabetes melakukan sarapan pagi dengan porsi lebih besar / kurang daripada porsi makan siang atau makan malam sehingga berpengaruh buruk terhadap kadar gula darah dalam tubuh menjadi 20 % lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menjalani kondisi sebaliknya. Sangat penting bagi Penderita Diabetes untuk lebih banyak memperhatikan porsi makanan tiap jam makan akan dimulai, dimana berbagai riset menekankan untuk penting melakukan sarapan pagi dengan mengaplikasikan porsi dan menu yang tepat dan benar sehingga akan berpengaruh bagus terhadap penderita Penyakit Diabetes.

3/Melakukan Menu Sarapan Tinggi Gula

Pada umumnya sarapan pagi berfungsi untuk memberikan pasokan energi guna anda memulai sebuah hari yang baru penuh dengan semangat, namun bukan berarti anda boleh sepuas hati melakukan sarapan pagi dengan menu yang banyak mengandung gula di waktu pagi hari. Hal ini kerap dijadikan sebagai jalan pintas dalam menyiapkan menu sarapan pagi dengan pilihan seperti aneka roti, kue atau jajanan tradisional yang serba manis, disertai kopi dan susu sehingga sarapan pagi anda menjadi berkesan praktis.

Seharusnya yang menjadi menu sarapan pagi yang benar adalah mampu memberikan anda cadangan energi selama beberapa jam hingga tiba waktu untuk anda mulai makan siang, atau sebaliknya melakukan acara ngemil diantara waktu sarapan pagi dan makan siang. Sedangkan untuk menu sarapan pagi yang lebih banyak menyediakan makanan / minuman serba manis akan membuat kadar gula darah dalam tubuh anda bisa tiba – tiba melonjak tinggi sesaat usai sarapan meskipun nantinya akan merosot kembali sehingga anda mudah mengalami kondisi badan lemas dan mudah lapar kembali.

Maka dari itu lakukanlah sarapan pagi dengan mengaplikasikan menu sehat dan tepat dikonsumsi oleh para Penderita Diabetes. Yang benar adalah menu sarapan dengan buah segar dan yoghurt rendah lemak, atau kombinasi protein sehat seperti dadar telur diambil putihnya saja, dengan roti gandum. Menu sederhana ini mengandung kadar gula baik untuk darah selain cukup Serat sehingga anda akan dibantu merasa kenyang lebih lama.

Nah setelah membaca ulasan dari kami tersebut di atas, sekarang anda sudah mengetahui kesalahan dalam pola makan yang kerap sekali tanpa sengaja dilakukan oleh Penderita Diabetes. Mulai sekarang anda harus lebih perhatian bahwa sarapan pagi penting dilakukan dengan memperhatikan 3 pola sarapan pagi yang salah tersebut di atas.

Semoga bermanfaat !