Home Penyakit dan KelainanDiabetes Penyebab Diabetes Paling Besar di Perkotaan, Sangat Mengerikan!

Penyebab Diabetes Paling Besar di Perkotaan, Sangat Mengerikan!

by Tri Astuti

Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang memiliki jumlah penderita diabetes cukup tinggi. Penyebaran penderita diabetes ternyata sudah sangat meluas dan ini menyebabkan semua orang khawatir. Dari data yang didapatkan bahkan penderita diabetes terbesar menyebar di area perkotaan. Kemudian untuk di pedesaan dan perkampungan, angkanya jauh lebih rendah.

Penyakit ini memang menyebabkan proses produksi insulin menurun atau ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan insulin. Dampaknya kadar gula darah meningkat dengan cepat. Berikut ini kami berikan bukti apa saja penyebab diabetes paling besar di perkotaan.

  1. Pekerjaan Kantoran

Jika kita melihat aktifitas penduduk di perkotaan maka sebagian besar penduduk menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Banyak penduduk yang bekerja di perkantoran sehingga mereka harus duduk menghadap komputer. Kebiasaan ini yang menyebabkan tubuh kurang aktif sementara tuntutan pekerjaan yang sangat berat. Jika diambil datanya maka banyak warga perkotaan yang menghabiskan waktu sampai 10 jam untuk bekerja dan perjalanan menuju kantor.

Sementara itu ada beberapa bahaya duduk terlalu lama yang bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes. Kurang gerakan fisik dan malas bergerak inilah yang membuat tubuh memiliki risiko tinggi terkena diabetes.

  1. Makanan Kurang Sehat

Salah satu kebiasaan penyebab diabetes adalah konsumsi makanan yang kurang sehat, tidak mengandung nutrisi seimbang dan mengandung gula serta lemak yang cukup tinggi. Misalnya kebiasaan penduduk perkotaan yang sibuk dan cenderung tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, maka konsumsi makanan junk food memang lebih sering dilakukan. Kebiasaan ini juga ditambah dengan gaya hidup seperti berkumpul dengan teman, rekan kerja dan keluarga di restoran cepat saji.

  1. Fasilitas yang Mendukung Tubuh Minimal Gerak

Jika kita melihat lagi maka berapa banyak warga perkotaan yang masih sering berjalan kaki atau bersepeda untuk pergi ke suatu tempat. Hal ini berbanding terbalik dengan penduduk di pedesaan yang cenderung lebih senang bersepeda. Dukungan malas bergerak untuk warga perkotaan juga didapatkan dari fasilitas seperti transportasi online. Dengan hanya memesan dari layar pintar, maka transportasi sudah hadir di depan mata. Tanpa disadari kebiasaan inilah yang memicu diabetes.

Cara Mencegah Diabetes untuk Warga Perkotaan

  1. Pemeriksaan rutin. Jika sudah menderita beberapa gejala seperti mudah lapar, mudah haus, buang air kecil terus dan kurang sehat maka segera periksa ke kadar gula ke dokter. Langkah ini penting untuk menjaga dan mencegah secara dini termasuk seperti menghindari makanan yang dilarang untuk penderita diabetes.
  2. Hindari obesitas. Jika berat badan sudah tidak ideal maka segera lakukan cara untuk menurunkan berat badan dengan langkah yang sehat. Buat tubuh lebih aktif dan konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.
  3. Buat tubuh lebih aktif. Sebaiknya mulai menggerakkan tubuh secara aktif misalnya jalan kaki 30 menit per hari, bersepeda, berenang dan melakukan pekerjaan rumah.
  4. Perhatikan gaya hidup. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau batasi dari kebiasaan sebelumnya, konsumsi makanan yang sehat, mulai olahraga, mulai mobile ketika bekerja dan hindari konsumsi minuman beralkohol.

Ternyata banyak sekali penyebab diabetes paling besar di perkotaan. Tanpa disadari kebiasaan yang dianggap maju atau mengikuti perkembangan zaman ternyata justru tidak menyehatkan. Jadi mulai sekarang lakukan pencegahan diabetes sejak dini.

You may also like